Berita Wisata

Air laut di pantai pasir kuning Tempilang berubah warna dan diduga tercemar, kata sekretaris desa Airlintang

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Sebuah video yang beredar di media sosial Instagram, Pantai Pasir Kuning, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berubah warna.

Video berdurasi 1 menit 57 detik itu memperlihatkan air laut Pantai Pasir Kuning yang berwarna hijau tua diduga tercemar.

Belum diketahui secara pasti mengapa air laut berubah warna.

Sekretaris Desa Airlintang, Kecamatan Tempilang, Vilia membenarkan air laut di Pantai Pasir Kuning sudah berubah menjadi hijau tua.

Menurutnya, kejadian itu terjadi beberapa pekan lalu.

Belum diketahui pasti penyebabnya.

Namun, pihaknya telah memberitahukan kejadian tersebut kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat untuk dilakukan verifikasi.

“Kami juga tidak tahu kenapa air laut ini tercemar. Kemarin ada penyuluh perikanan di kecamatan untuk mengecek ini. Hasil verifikasi mereka sudah keluar,” kata Villia dikonfirmasi Bangkapos.com, melalui telepon. , Senin (12/5/2022).

Menurutnya, kejadian ini sudah beberapa kali terjadi di Pantai Pasir Kuning.

Sementara itu, air laut di kawasan itu sudah kembali normal.

“Sekarang sudah normal kembali. Air lautnya kadang tercemar, kadang tidak. Itu terjadi beberapa kali, kira-kira dua kali. Kejadiannya di video sekitar dua tahun lalu. Minggu. Ketika Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menginformasikan kepada kami, ” dia berkata.

Menindaklanjuti hal tersebut, pihaknya meminta Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Barat melakukan pengecekan.

Pasalnya, desa tidak bisa menyalahkan pencemaran oleh apapun.

“Kami tidak bisa menyalahkan siapa pun. Kami memanggil DKP melalui saran perikanan untuk memeriksa air laut yang tercemar,” katanya. (Bangkapos.com/Yuranda)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button