Berita Wisata

Air Terjun Aek Martua, tujuan wisata teratas dengan tiga…

LANGIT7.ID, Jakarta – Air Terjun Aek Martua merupakan objek wisata alam yang terletak di Dusun Huta Padang, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau. Destinasi wisata ini juga merupakan salah satu objek wisata alam utama di kawasan ini.

Melansir rokanhulukab.go.id, nama Aek Martua diambil dari bahasa daerah suku Batak Mandailing yang berarti air keberuntungan. Dinamakan demikian karena penduduk yang tinggal di dekat air terjun tersebut mayoritas adalah suku Batak Mandailing.

Air Terjun Aek Martua dikenal memiliki keunikan dan ciri khasnya, yaitu air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan. Dimana setiap tingkat memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda mulai dari 15 hingga 40 meter.

Baca juga: Desa Wisata Berkemas Tawarkan Pengalaman Aktivitas Eduwisata Berbasis Alam

Dengan keunikan dan keistimewaannya, Air Terjun Aek Martua banyak dikunjungi wisatawan, bahkan banyak yang menyebut air terjun ini Air Terjun Seribu Langkah. Di tempat wisata ini Sahabat Langit7 bisa bermain air di lokasi air terjun pertama, dengan hamparan batu yang cukup luas.

Sedangkan di lokasi air terjun kedua, Sahabat Langit7 akan menemukan kolam sepanjang 250 meter dan bisa digunakan untuk berenang.

Air terjun ketiga tingginya sekitar 40 meter, Sahabat Langit7 harus memiliki keterampilan mendaki untuk mencapai air terjun tertinggi ini.

Tidak hanya pemandangan alamnya yang menakjubkan dan menyegarkan, di tempat wisata ini Anda juga bisa merasakan jernihnya air yang mengalir. Selain itu juga dilengkapi dengan pemandangan hutan yang mempesona yang membuat udara di sekitar air terjun menjadi sejuk dan menyejukkan.

Apalagi terdapat perpaduan bebatuan bebatuan dengan tekstur yang unik dan alami, sehingga tidak salah jika Air Terjun Aek Martua menjadi salah satu favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Derasnya aliran air terjun ini merupakan salah satu aliran sungai yang bersumber dari bukit Simalombu.

Baca Juga: Museum Kotagede Hadirkan Wisata Edukasi Sejarah dan Cagar Budaya Kotagede

Bukit Sumalombu merupakan bagian dari rangkaian Bukit Barisan yang membentang di sepanjang Pulau Sumatera. Selain menjadi destinasi wisata para wisatawan dari berbagai daerah dan negara, Air Terjun Aek Martua juga menjadi destinasi wisata favorit bagi sebagian warga sekitar yang tinggal di Kabupaten Rokan Hulu.

Hal itu bisa kita lihat saat musim liburan tiba, saat salah satu tempat wisata andalan di kawasan itu tampak begitu ramai dan banyak dikunjungi wisatawan. Destinasi wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

(lembut)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button