Tak Berkategori

Air Terjun Badak Tasikmalaya – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Curug Badak dengan Mata Air Curugnya yang menakjubkan merupakan air terjun indah dan alami yang bisa Anda nikmati di Tasikmalaya.

Harga tiket: Rp8.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamukti, Kec. Cisayong, Kab.Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Badak merupakan destinasi air terjun di kawasan hutan pinus milik Perhutani di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Luas air terjun ini sekitar 5 hektar dan terbagi menjadi 3 petak. Suasana alamnya sangat sejuk dan teduh. Pohon-pohon pinus yang rindang menutupi area air terjun.

Saat musim liburan atau akhir pekan, wisatawan nampaknya lebih sering mengunjungi air terjun ini. Wisatawan tidak hanya ingin merasakan langsung segarnya pemandangan alam yang hijau, namun juga menikmati suasana yang berbeda. Di perkotaan identik dengan keramaian. Berbeda dengan suasana air terjun yang mulai dibuka pada Mei 2021.

Pengunjung dapat merasakan suasana tenang, udara segar dan pemandangan alam di Curug Badak. Cocok sebagai tujuan liburan keluarga.

Atraksi yang ditawarkan Air Terjun Budak

Daya tarik Air Terjun BudakKredit foto: Google Maps Huey

1. Filosofi Nama Air Terjun Badak

Nama air terjun setinggi 40 meter ini berasal dari keberadaan bebatuan di lokasi air terjun. Saat arus air sedang deras, Anda bisa melihat batu berbentuk oval yang menyembul dari aliran air terjun. Sekilas bentuknya menyerupai cula badak. Oleh karena itu, penduduk setempat menyebut air terjun ini Curug Badak.

2. Sumber Curug

Air terjun eksotik ini mengandung belerang. Berdasarkan perkiraan masyarakat setempat, kandungan belerang tersebut berasal dari mata air Talaga Bodas.

Oleh karena itu, penduduk lokal dan wisatawan percaya bahwa kandungan belerang di air terjun ini dapat menyembuhkan segala jenis penyakit kulit. Tak heran jika Anda akan menjumpai pemandangan wisatawan yang sedang mandi di kolam pemandian Air Terjun Badak.

3. Suasana hutan masih asri

Curug identik dengan tempat yang berada di tengah hutan dengan ketinggian yang cukup tinggi. Seperti air terjun badak ini.

Pepohonan pinus yang rindang dan segarnya suasana air terjun membuat wisatawan serasa berada di kawasan hutan terpencil. Anda bisa menghirup udara segar yang tidak terkontaminasi asap. Baik polusi kendaraan maupun emisi industri dan asap rokok.

Apalagi bila wisatawan datang pada pagi hari saat udara masih sangat segar, embun yang menggantung di pepohonan dan dinginnya suara Curug Badak yang sedingin es. Hal ini menciptakan perasaan yang sangat alami.

4. Banyak spot foto keren

Kreativitas masyarakat setempat menyulap hutan pinus menjadi spot selfie yang kini banyak diminati wisatawan. Anda akan menemukan deretan tempat tidur gantung warna-warni yang membentang dari satu pohon pinus ke pohon pinus berikutnya. Fasilitas ini tidak hanya bisa digunakan sebagai spot berfoto, tapi juga untuk beristirahat.

Wisatawan bisa menyewa hammock dengan harga terjangkau. Digunakan sebagai tempat beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar air terjun. Anda bisa berbaring di hoomock atau ayunan.

Selain itu wisatawan juga bisa menikmati tempat menarik lainnya seperti terowongan bunga dan tempat seperti dermaga di ketinggian. Menariknya, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun saat menikmati tempat ini. Manajemen menawarkan harga yang wajar.

5. Jalur menuju air terjun cukup menantang

Selama berkendara menuju Curug Badak, wisatawan disuguhi rimbunnya pepohonan hijau di kiri-kanan jalan. Namun akses menuju air terjun ini cukup menantang. Bebatuan yang curam, licin, dan lereng yang cukup curam memerlukan kehati-hatian yang lebih tinggi.

6. Kafe luar ruangan

Jika biasanya Anda menemukan kafe dengan bangunan unik, lain halnya dengan kafe di lokasi air terjun ini. Anda bisa memesan berbagai menu dan menikmatinya tanpa atap di bawah pohon pinus. Kursi dan meja berjejer rapi di bawah pohon pinus yang rindang.

Anda tidak perlu khawatir menginjak hewan reptil seperti ulat, cacing, atau ular. Manajemen telah membersihkan area kafe tanpa ada rumput liar. Sehingga pengunjung bisa menikmatinya dengan nyaman.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun BadakKredit gambar: Google Maps bersama dengan forumproerti

Curug Badak terletak di kawasan Gunung Telaga Bodas di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Atau lebih tepatnya di Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong. Jarak dari Tasikmalaya sekitar 21 kilometer. Dapat dicapai dengan mobil dalam waktu sekitar satu jam.

Ambil arak dari pusat kota Tasikmalaya ke Jalan Perintis Mandiri. Kemudian ikuti arah Jalan SL. Tobing ke Jalan Ir. H. Juanda dan Jalan Letnan Harun menuju Sukamajukidul. Ambil arah kiri lurus menuju Jalan Sukaratu lalu belok kanan menuju Jalan Cisanga. Jalan lurus terus hingga menemukan belokan ke kiri menuju desa Leuwibodas.

Ikuti arah jalan tersebut hingga menemukan pintu masuk Curug Badak yang berada di sisi kanan jalan. Jika masih bingung dengan petunjuk arahnya, Anda bisa membuka Google Maps untuk mengetahui lokasi air terjun ini.

Biaya masuk wisata alam

Tiket masuk Curug Badak dibanderol wisatawan hanya Rp 8.000 per orang. Namun pada akhir pekan atau hari libur tidak banyak perbedaannya yakni Rp 10.000 per orang. Wisatawan bisa mengunjungi air terjun tersebut mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Aktivitas yang menyenangkan

Berbagai aktivitas seru di Curug BudakKredit foto: Instagram Fikri Suri Parhani

Rasakan sensasi kesegaran Air Terjun Badak

Karena derasnya arus air dari ketinggian, wisatawan tidak diperbolehkan berenang di bawah luapan air terjun. Namun jika Anda masih penasaran dengan kesegaran air alami tersebut, Anda bisa berenang di area kolam yang letaknya tidak begitu dekat dengan air terjun.

Selain itu, Anda juga bisa duduk di atas bebatuan sambil mencelupkan kaki atau sekadar mencuci muka. Dinginnya rasa air Curug Badak membuat Anda enggan untuk berhenti.

Berjalan menyusuri pepohonan pinus

Kawasan air terjun cantik ini ditumbuhi banyak pohon pinus. Wisatawan bisa berjalan-jalan di sekitar pepohonan sambil menikmati spot-spot yang instagramable. Selain itu, Anda juga bisa menghirup udara segar di bawah pepohonan hijau yang membuat suasana semakin asri.

Di tempat ini anda bisa merasakan suasana yang tenang, sejuk dan damai. Pikiran yang tadinya lelah karena pekerjaan sehari-hari kini telah disegarkan dengan pemandangan pemandangan hijau yang menenangkan.

Bersantailah di Hommock

Tangan-tangan kreatif masyarakat setempat berhasil dengan cepat menyulap hutan pinus menjadi tempat berfoto. Salah satunya adalah hammock dengan berbagai warna yang bisa dijadikan tempat bersantai wisatawan.

Berayun sambil menikmati pesona keindahan sekitar, mengamati aktivitas pengunjung yang lewat, dan mengambil foto dari atas. Rangkaian kegiatan ini tentunya akan membuat suasana liburan di Curug Badak semakin menyenangkan.

Foto di tempat paling populer

Salah satu tempat yang tak pernah dilewatkan wisatawan adalah berfoto di bawah air terjun atau duduk-duduk di atas bebatuan dengan latar belakang air terjun yang mengalir jernih.

Sudut ini membuat hasil foto terlihat semakin eksotis. Pengunjung bahkan bisa merasakan sensasi cipratan air dari atas tebing. Perasaan bertahan hidup di dinginnya air terjun ini menjadi tantangan yang seru untuk diatasi.

Berburu kuliner di kafe dan warung

Usai beraktivitas di dinginnya perairan Curug Badak atau berjalan-jalan menyusuri hutan pinus, Anda bisa beristirahat di deretan warung yang tertata rapi. Sekilas, bangunan kandang ini terlihat unik dan terawat.

Stand sederhana yang terbuat dari anyaman bambu berdiri berjajar secara berkala. Seolah-olah mereka sedang berdiri berjajar rapi. Menambah pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Ada kafe di bawah pohon. Anda bisa memesan berbagai minuman dan makanan lezat untuk membuat nongkrong semakin seru. Nikmati suasana outdoor yang jauh dari polusi sambil bercanda bersama keluarga atau kerabat.

Soal harga, wisatawan tidak perlu khawatir dimanfaatkan oleh pedagang. Anda dapat memesan berbagai menu dengan harga standar. Dealer telah menetapkan harga dengan harga terjangkau. Karena mereka juga ingin dagangannya laku terjual ke wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Air Terjun BadakSumber gambar: Google Maps M Komarudin

  • area parkir – Wisatawan yang mengendarai kendaraan baik roda dua maupun mobil dapat memarkir kendaraannya di tempat parkir yang luas. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membayar tiket parkir dengan harga wajar.
  • Toilet – Terdapat fasilitas umum berupa toilet di lokasi Curug Badak. Pengunjung bisa memanfaatkannya untuk ke toilet dan berganti pakaian setelah basah saat beraktivitas di air terjun.
  • Ruang sholat – Wisatawan muslim dapat menggunakan musala yang ada di sekitar kawasan wisata untuk beribadah.
  • kedai kopi – Jika merasa lapar atau membutuhkan minuman hangat, Anda bisa langsung menuju kafe yang berada di sekitar air terjun. Nuansa outdoor saat menikmati berbagai menu membuat suasana liburan semakin seru.

Demikian ulasan singkat keindahan Curug Badak yang terletak di tengah hutan pinus Tasikmalaya. Jika Anda sedang berada di Tasikmalaya, luangkan waktu untuk mampir ke wisata air terjun yang mempesona ini. Dalam sekali wisata Anda bisa menikmati dua panorama sekaligus yaitu Air Terjun Badak dan pesona Air Terjun Batu Hanoman.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button