Tempat Wisata

Air Terjun Badorai Agam – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Air Terjun Badorai, keindahan alam yang eksotik dan mempesona di Agam, menampilkan pesona air terjun bertingkat tiga yang memukau.

Harga Tiket Air Terjun Badorai : Bebas, Jam beroperasi: 08.00-14.00 WIB, Alamat: Sungai Pua, Kecamatan. Sungai Pua, Cab. Agam, Sumatera Barat; Map: Periksa lokasinya

Kabupaten Agam memang menjadi salah satu tempat di Provinsi Sumatera Barat yang selalu berhasil menampilkan keindahan alamnya.

Ada banyak tempat wisata alam di sana yang bisa Anda kunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Badorai. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata di Kota Agam yang sangat populer dan diminati.

Selanjutnya di tempat ini Anda bisa merasakan keagungan dan keindahan Gunung Singgalang yang merupakan salah satu panorama alam terindah di kabupaten tersebut. Objek wisata ini terletak di kaki Gunung Merapi sehingga kondisi di tempat ini masih sangat alami.

Saat hari libur tiba, banyak pengunjung yang menjadikan Air Terjun Badorai sebagai tujuan wisata. Oleh karena itu, jika Anda kebetulan sedang berada di Kabupaten Agam, jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut.

Anda dan keluarga sebaiknya meluangkan waktu untuk datang ke tempat ini karena liburan Anda akan terasa lebih seru disana.

Atraksi yang ditawarkan Air Terjun Badorai

Air Terjun Badorai AgamFoto: Google Maps/Bayu Sa

Air terjun bertingkat tiga

Banyak sekali daya tarik dan keindahan yang menjadikan Air Terjun Badorai sebagai salah satu tempat wisata terpopuler dan diminati. Meski belum sepopuler air terjun lainnya dan tidak seramai tempat wisata di Kabupaten Agam lainnya, namun tempat ini memiliki keindahan tersendiri.

Salah satu daya tariknya adalah air terjun ini memiliki tiga tingkat. Ketinggian air terjun pada tingkat pertama dan kedua mencapai 20 meter dan arusnya relatif kecil. Pada tingkat ketiga, air terjunnya sendiri mencapai ketinggian 50 meter dan memiliki arus yang cukup deras.

Tiga tingkat air terjun ini tercipta melalui proses alam yang acak. Level 1 sendiri disebabkan oleh patahan pada dinding, sedangkan level 2 dan 3 disebabkan oleh erosi lapisan tanah oleh air sungai. Keindahan inilah yang membuat pengunjung tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Jalur pelacakan

Pastinya anda tahu kalau Air Terjun Badorai sangat cocok bagi anda yang hobi tracking. Tracking memang menjadi kegiatan yang perlu dan wajib dilakukan jika ingin berada di lokasi air terjun.

Nantinya, kegiatan pengejaran dimulai melalui kawasan desa tempat pengunjung memarkir kendaraannya.

Durasi tindak lanjutnya tidak terlalu lama dan hanya sekitar 20 hingga 30 menit. Dan tentunya itu sangat bergantung pada stamina pengunjung itu sendiri.

Bisa dikatakan tracking dari Medan untuk menuju kawasan air terjun Badorai relatif mudah. Selain itu, selama berkunjung ke tempat ini, Anda akan melewati beberapa taman milik penduduk setempat.

Anda juga akan melewati beberapa jalan yang cukup bagus. Namun, ada juga beberapa tanjakan terjal jika ingin mencapai resor wisata tersebut.

Berbagai spot foto

Latar belakang air terjun yang begitu deras dengan keindahan air terjun bertingkat tiga sayang untuk dilewatkan. Banyak orang yang mengabadikan momen-momen mereka berada di sana.

Air terjunnya sendiri mencapai ketinggian 50 meter dan pastinya akan menjadi kenangan terbaik jika Anda mengabadikannya dengan kamera. Tak ayal, tempat ini menarik banyak perhatian pengunjung, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun BadoraiFoto: Google Maps/Ucok Kaleng

Air Terjun Badorai terletak di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Nagari Sungai Pua, Sumatera Barat, Kabupaten Agam. Jika anda datang dari Kota Bukittinggi, anda bisa mencapai tempat wisata ini hanya dalam waktu 30 menit saja karena jarak dari Kota Bukittinggi hanya sekitar 10 km.

Rute menuju tempat wisata ini cukup bagus. Namun untuk mengakses kawasan air terjun, kendaraan Anda harus diparkir di tempat parkir dekat pemukiman warga. Setelah itu, Anda harus berjalan kaki sekitar 15 menit untuk sampai ke air terjun.

Biaya masuk wisata alam

Menikmati liburan bersama keluarga di Air Terjun Badorai memang menjadi ide terbaik.

Selain keindahan yang ditawarkan tempat ini, daya tarik lainnya adalah Anda tidak dipungut biaya masuk sama sekali. Tempat wisata ini termasuk wisata murah yang direkomendasikan untuk Anda.

Biaya parkir di tempat ini cukup terjangkau. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 saja untuk setiap kendaraan yang Anda bawa.

Pada jam operasional, air terjun ini dibuka pada pukul 08.00 dan ditutup sesaat sebelum pukul 14.00 WIB. Anda bebas datang ke venue kapan saja. Karena tempat ini buka setiap hari, bahkan pada hari libur sekalipun.

Namun pastikan jika Anda benar-benar merencanakan wisata air terjun ini, Anda memilih waktu yang tepat, misalnya hari cerah dan tidak berawan. Hal ini dilakukan agar liburan Anda di tempat ini tidak terganggu oleh hujan.

Selain itu, jalanan di tempat ini juga sering licin jika dikunjungi saat musim hujan, sehingga sebaiknya memilih waktu yang tepat.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas menyenangkan di Air Terjun BadoraiFoto: Google Maps/Alhadid Gucci

1. Berenang dan mandi

Mandi dan berenang di air terjun bertingkat tiga menjadi kegiatan yang menarik. Perlu anda ketahui bahwa di Air Terjun Badorai terdapat sebuah kolam alami yang berfungsi sebagai tempat aliran air. Kedalaman panggul mencapai pinggul orang dewasa.

Di sini Anda bisa berenang, mandi atau sekedar mandi. Kegiatan ini tentu akan sangat menyenangkan, apalagi jika dilakukan di hari yang panas. Dasar kolam merupakan kawasan berbatu sehingga wisatawan perlu berhati-hati saat mandi di sana.

Meski pemandangannya begitu indah, namun tempatnya masih cukup sepi dan tidak terlalu ramai pengunjung. Oleh karena itu, Anda lebih leluasa berada di lokasi untuk menikmati pesona air terjun dan juga bermain sepuasnya di area kolam air terjun.

2. Bersantai di Air Terjun Badorai

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Air Terjun Badorai merupakan salah satu tempat wisata yang cukup sepi, itulah sebabnya tempat ini sangat sepi.

Selain karena belum ada pengunjung di sini, tempat ini juga masih sangat alami sehingga udaranya akan terasa sejuk banget. Oleh karena itu, aktivitas yang bisa dilakukan selama menginap bersifat santai.

3. Mainkan di slide

Banyak terdapat bebatuan besar di tempat ini dan hal ini menjadi salah satu bentuk hiburan bagi wisatawan. Tak jarang wisatawan menggunakan bebatuan besar sebagai permukaan luncur.

Tentu ini menjadi sesuatu yang sangat menghibur ketika anda berada disana. Apalagi jika Anda membawa si kecil ke sini, mereka pasti akan betah dan bersenang-senang bermain seluncuran dengan batu besar ini.

4. Berburu Foto

Aktivitas ini wajib dilakukan saat Anda berada di Air Terjun Badorai. Pasalnya tempat ini mempunyai daya tarik tersendiri dan tentunya banyak sekali spot foto Instagrammable yang sayang untuk dilewatkan.

5. Bersepeda

Aktivitas terakhir yang sayang untuk dilewatkan adalah bersepeda. Bersepeda menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menuju air terjun tanpa harus berjalan kaki. Medan yang harus Anda lalui pun tidak terlalu sulit.

Pengunjung yang bepergian dengan sepeda sangat disarankan untuk menggunakan alas kaki berupa sandal gunung. Hal ini dilakukan untuk memudahkan Anda melintasi medan yang sebagian kaya akan air.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun BadoraiFoto: Google Maps/Arrahman Hajir

Air Terjun Badorai sebenarnya merupakan salah satu tempat wisata yang belum dikelola secara maksimal. Oleh karena itu, relatif sulit untuk menemukan fasilitas di kawasan air terjun.

Meski demikian, masih terdapat beberapa fasilitas umum yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Terdapat toilet yang dapat Anda gunakan selama menginap. Selain itu juga tersedia musala dan tempat parkir yang cukup aman dan luas.

Jika kebetulan Anda tidak membawa bekal makanan dari rumah, tak perlu khawatir karena di tempat ini terdapat warung yang menyajikan berbagai menu lezat. Pastikan juga bahwa Anda benar-benar memperhatikan kebersihan selama berada di objek wisata tersebut.

Mengunjungi Air Terjun Badorai saat liburan merupakan hal yang wajib Anda lakukan. Apalagi jika Anda datang ke tempat ini bersama keluarga, Anda bisa bersenang-senang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button