Tempat Wisata

Air Terjun Bangkok: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kabupaten Kuningan Jawa Barat menawarkan sejumlah tempat wisata air terjun yang sangat diminati wisatawan. Sepertinya menarik untuk mengunjungi berbagai air terjun cantik di sana dan mengagumi keindahannya.

Anda bisa mengunjungi wisata air terjun terbaik diantaranya Curug Bangkong Kabupaten Kuningan. Air Terjun Bangkong merupakan tempat wisata di Kuningan yang menawarkan keindahan panorama air terjun yang menakjubkan dengan keindahan alam yang mempesona.

Air terjun dengan tinggi 23 meter dan lebar 3 meter ini memiliki debit air yang sangat deras, meskipun pada bulan-bulan kemarau debit airnya masih sangat deras dan dapat mengalir ke sungai di sebelah air terjun tersebut.

Sebaliknya, saat musim hujan, cekungan air itu sendiri menjadi lebih besar hingga terbagi menjadi dua bagian. Hal inilah yang membuat pengunjung datang kembali untuk merasakan keindahan Air Terjun Kuningan yang satu ini.

Fasilitas di Air Terjun Bangkok

Meski belum disediakan sejumlah fasilitas, namun hal tersebut tidak menghalangi pengunjung untuk melihat keindahan alam Air Terjun Bangkok. Hanya ada satu toilet umum yang kondisinya tidak terawat. Namun jangan khawatir dengan keindahan air terjun di Kuningan, Jawa Barat ini.

Sejumlah fasilitas seperti listrik, tempat sampah, mushola dan warung masih terbengkalai dan belum terlihat di sana. Jika demikian, masih jauh dari lokasi air terjun, sedangkan tempat parkirnya sendiri sudah ada, namun masih menggunakan lahan milik warga sekitar yang digunakan sebagai tempat parkir wisata air terjun.

Sejarah Air Terjun Bangkok

Adapun sejarah dari Curug Bangkong sendiri dulunya pernah ada seorang pertapa bernama Wiria yang berasal dari daerah Ciamis. Dalam perjalanan menuju tempat pertapa itu, Wiria tanpa sengaja menemukan air terjun di balik perbukitan yang lebat. Pada titik ini, arwahnya mulai memanggil dan mulai mendekati air terjun.

Saat mendekati air terjun, dia yakin bahwa air terjun ini adalah tempat yang tepat untuk meditasinya. Di sela-sela meditasinya, Wiria menyempatkan diri untuk berbaur dengan masyarakat setempat. Ia banyak mengajar ilmu alam, khususnya pembuatan gula merah. Wiria adalah kepribadian yang sangat dihargai oleh warga.

Sekian lama sosok Wiria tiba-tiba menghilang dan warga kehilangan sosok yang mereka hormati. Beberapa warga sempat mencari Wiria di lokasi air terjun, namun sayangnya sosok yang mereka cari tidak ditemukan. Wiria menghilang karena dianggap menyempurnakan pertapaannya.

Warga setempat meyakini sosok Abah Wiria yang mereka namakan telah berubah menjadi kodok. Inilah mengapa air terjun ini dinamakan Curug Bangkong. Bangkong, yang berarti “katak” dalam bahasa sunda. Berdasarkan legenda Air Terjun Bang Kong, suara kodok di sekitar air terjun masih sering terdengar hingga saat ini.

Juga di balik cerita adalah Air Terjun Bangkong di Kabupaten Kuningan, yang dianggap sebagai tempat angker. Pada tahun 1970-an, seorang warga melihat cahaya terang datang dari dalam air terjun. Itu kemudian mengarah ke makam suci yang diyakini sebagai sisa-sisa Pangeran Arya Salingsingan. Cahaya kemudian menghilang di area kuburan.

Berburu foto di air terjun Bangkok

Bagi Anda yang suka hunting foto dan mencari tempat wisata alam terbuka dengan keindahan panorama yang mempesona, maka lokasi Air Terjun Bang Kong di Kabupaten Kuningan adalah pilihan yang tepat. Lokasi air terjun yang masih terlihat alami dan masih sepi pengunjung membuat kawasan ini cocok untuk Anda mengabadikan berbagai momen menarik.

Anda juga bisa mendesain berbagai sudut air terjun sebagai tempat yang cocok. Sudut menarik juga bisa ditemui di depan kubangan air terjun dengan latar belakang derasnya air terjun.

Harga tiket masuk air terjun bangkok

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam Buka Air Terjun Bangkok

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Lokasi Akses ke Air Terjun Bangkok

Air Terjun Bangkong terletak di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaheang, Kabupaten Kuningan. Hotel ini berjarak 9 km dari pusat Kuningan, 44 km dari pusat Kota Cirebon dan 63 km dari Kota Ciamis.

Akses ke lokasi hanya dimungkinkan dengan kendaraan pribadi. Anda bisa menuju ke kecamatan Nusaheang yang berjarak 9 km dari pusat Kuningan. Jalannya sudah diaspal, namun karena air terjunnya berada di pegunungan, jalan yang berkelok-kelok dan sedikit curam menuju air terjun pun menambah keseruan.

Di sepanjang jalan sudah terdapat rambu-rambu yang mengarah ke point of interest, sehingga pengunjung tidak perlu bingung lagi. Sesampainya di pintu masuk kawasan dan tempat parkir kendaraan, pengunjung harus melewati jalan setapak yang menuju ke Curug Bangkong. Jangan khawatir, tidak jauh dari tempat parkir.

Tips Liburan di Curug Bangkok

Bagi Anda yang ingin ke Air Terjun Bangkok Jabar, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Selain itu, Anda dapat membawa kebutuhan tambahan seperti makanan, minuman, baju ganti, dll. Jangan lupa membawa kamera untuk mengambil foto-foto seru di sana.

Persiapkan kondisi fit jika ingin mengunjungi air terjun, selain itu harus selalu berhati-hati selama perjalanan menuju air terjun untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Ini adalah catatan perjalanan Air terjun bangkok Kuningan, Jawa Barat, Indonesia. Apa yang kamu tunggu? Nikmati wisata Anda di kawasan Kuningan yang kaya akan beberapa tempat wisata terbaik. Jangan lupa mampir ke air terjun yang menyuguhkan keindahan yang mempesona ini.

Galeri Foto Air Terjun Bangkok

Air terjun bangkok
Potret pengunjung
Tempat foto terbaik
berburu foto
peralatan kabin

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button