Tempat Wisata

Air Terjun Batu Putu Lampung – Atraksi, Aktivitas, Lokasi & Harga Tiket

harga tiket: Rp10.000; Bahan pengikat: pemeriksaan situs
Alamat: Sukadana Ham, Kec. Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung, Lampung.

Memang Bandar Lampung lebih dikenal dengan destinasi baharinya daripada pemandian air tawar. Namun, bukan berarti kota eksotis ini sama sekali tidak memiliki wisata alam berbasis air. Merupakan air terjun Batu Putu dimana keberadaan semburan air tawar dan dikelilingi oleh suasana yang asri.

Di destinasi alam ini, Anda akan menemukan banyak hal yang tidak mungkin ditemukan jika Anda bertahan dari rekreasi kota. Pemandangannya indah dihiasi dengan berbagai jenis pohon yang rimbun. Mulai dari kolam yang terbentuk secara alami, ilalang di sekitar tebing hingga suara air yang jatuh dari ketinggian tertentu.

Namun uniknya, Bandar Lampung ternyata memiliki air terjun. Artinya, pilihan wisata Anda saat berkunjung ke sini cukup luas dan luas. Jadi jika Anda memiliki rencana untuk liburan akhir pekan atau tanggal merah, Anda harus mempertimbangkan tempat ini sebagai tujuan Anda.

Daya tarik air terjun Batu Putu

Objek Wisata Air Terjun Batu PutuKredit foto: Instagram Naufal Afif

1. Tebing

Tebing berjejer di air tawar yang terbentuk secara alami di Batu Putu. Bisa kamu jadikan pilihan untuk foto-foto daripada capek cari sana-sini. Bebatuan ini ada di hampir setiap sisi air terjun kecuali bagian depan yang merupakan jalur aliran air sungai.

Air Terjun Batu Putu memiliki tebing-tebing yang terlihat eksotis meski bagian bawahnya ditumbuhi lumut. Terdapat tanaman gantung di antara tebing yang membuat suasana semakin asri. Perpaduan antara air terjun dan permukaan bebatuan tak henti-hentinya memukau mata.

Sayangnya tebing ini tidak bisa didaki karena kondisinya sangat licin dan tidak ada tangga atau alat untuk mendakinya. Maka segeralah urungkan niat anda jika ingin berdiri di atas air terjun, karena itu harapan yang hampir mustahil. Apalagi jika mempertimbangkan aspek keamanan, sebaiknya lihat saja.

tangga ke-2

Lokasinya yang sedikit di puncak bukit mengharuskan Anda menaiki satu anak tangga untuk mandi di kolam air terjun. Hal yang menarik dari tangga ini adalah ukurannya yang relatif tinggi, sehingga juga terlihat bagus dari bawah. Jika Anda suka hiking, Anda pasti akan merasa tertantang di sini.

Namun demikian, kehati-hatian disarankan karena kondisinya agak terbengkalai. Usahakan untuk menggunakan alas kaki yang tepat agar Anda bisa mendaki dengan posisi aman. Anda bisa berjalan perlahan sambil melihat pemandangan sekitar. Walaupun kelihatannya biasa saja, akan sangat berbeda jika Anda melakukannya secara langsung.

3. Kolam alami

Atraksi di Air Terjun Batu PutuSumber Gambar: Google Maps Mantu Idaman

Air Terjun Batu Putu juga dilengkapi dengan kolam alami. Kedalamannya bervariasi, namun cukup aman untuk aktivitas. Banyak pengunjung yang memilih untuk berenang, berendam atau sekedar bermain air. Kegiatan ini sepertinya cukup menyenangkan.

Sayangnya, air di kolam tersebut tidak begitu jernih, mungkin karena kondisi lingkungan yang terkesan menyatu dengan rerumputan dan bebatuan. Meski begitu, bukan berarti keruh seperti air yang tidak diolah. Hanya saja Anda tidak dapat menemukan dasarnya dari daratan.

4. aliran sungai

Seluncuran air dari atas tebing, jatuh ke dalam kolam, menjadikannya sumber hiburan bagi pengunjung. Aliran muncul di sisi lain kolam, membuatnya semakin estetis. Di antara aliran-aliran itu terbentang batu-batu sungai dengan ukuran berbeda. Terkadang juga dilewati oleh ikan-ikan kecil atau hewan air tawar lainnya.

Dari sini kualitas air terlihat lebih bersih dan jernih. Arusnya tidak begitu kencang sehingga masih aman untuk dimainkan anak kecil. Jadi, bagi Anda yang datang bersama rombongan keluarga, jangan terlalu khawatir karena menawarkan keseruan yang sama.

Alamat dan rute menuju lokasi

Rute menuju Air Terjun Batu PutuSumber gambar: Google Maps Gemini Indra

Menggunakan Bandar Lampung sebagai patokan, tidak butuh waktu lama untuk mencapai Air Terjun Batu Putu. Dibutuhkan setidaknya 30 menit dari pusat kota jika Anda mengambil rute yang benar dan tidak kembali. Oleh karena itu, disarankan untuk datang bersama teman yang sudah pernah ke sini, daripada mengandalkan peta online.

Ambil rute melalui Jalan P Emir M Noer menuju Jalan Raden Imba Kusuma. Anda tidak perlu khawatir tersesat karena pengelola memberikan arahan yang cukup baik. Intinya, selalu perhatikan tanda yang menyatakan identitas destinasi air tersebut. Tidak lama kemudian, Anda akan menemukan pesantren Madarijul Ulum.

Tidak jauh dari situ terdapat gapura yang menandakan bahwa air terjun sudah dekat. Akselerasi dengan sepeda motor Anda. Setelah melewati gerbang menuju air terjun Batu Putu, lanjutkan perjalanan dan ikuti jalan hingga sampai di titik tujuan. Kira-kira 10 menit dari gerbang ke tujuan.

Posisinya berada di Jalan Wan Abdul Rahman sehingga dari awal kendaraan Anda akan menuju ke arah kecamatan Teluk Betung Barat desa Batu Putu Lampung. Nikmati waktu berkendara sambil melihat keadaan kota Bandar Lampung dari perkotaan hingga pedesaan.

Biaya masuk air terjun

Biaya masuk ke Air Terjun Batu PutuSumber Gambar: Google Maps Mantu Idaman

Biaya Air Terjun Batu Putu dikenakan tarif standar untuk satu kali kunjungan. Dari segi harga tidak ada yang istimewa dan Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk tiket masuk, lalu Rp 10.000 lagi jika membawa sepeda motor sendiri atau Rp 20.000 untuk mobil.

Jam buka dari pukul 08.00 WIB hingga larut malam yaitu pukul 17.30 WIB. Anda dapat mengunjungi setiap hari dari Senin hingga Minggu karena tidak ada hari libur untuk tujuan yang indah ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Batu Putu

Air Terjun Batu Putu Aktivitas seruKredit foto: PESTA BOLANG Instagram

1. Mendaki

Seperti yang sudah disebutkan, air terjun Batu Putu letaknya sedikit di atas bukit. Jadi kalau mau kesini harus mulai mendaki dulu. Hanya saja sebagian orang memilih jalur yang ditujukan untuk trekking, sehingga kawasan ini cukup menantang.

Disarankan untuk menggunakan sandal gunung saat merencanakan pendakian. Hindari sepatu yang bagian bawahnya licin karena berbahaya. Maka alangkah baiknya jika barang bawaan Anda tidak terlalu banyak dan disusun dalam ransel atau wadah yang tetap memberikan kebebasan bergerak bagi penggunanya.

Selain itu, Anda harus memberi diri Anda istirahat yang cukup jika ingin melakukan kunjungan khusus. Badan lelah dan mata ngantuk kerap menimbulkan masalah bagi para traveller.

2. Piknik

Pengelola Air Terjun Batu Putu menyediakan area berkemah atau piknik terpisah. Anda dapat menggunakan ini untuk lebih menikmati keseruan perjalanan. Untuk masalah persediaan, sangat disarankan untuk menyiapkannya di rumah agar lebih hemat dan rasa terjamin.

Namun, jika Anda merasa malas atau enggan, jangan khawatir karena terdapat warung makan milik warga setempat. Meskipun demikian, menu biasanya terbatas dan sebagian besar disiapkan segera, e.g. B. pasta melepuh. Jika Anda tidak keberatan dengan tawaran ini, Anda dapat menghapus persiapan persediaan dari rumah dari program liburan.

3. Hujan

Kehadiran kolam alami sayang jika dilewatkan begitu saja. Jadi ada baiknya anda membawa baju ganti sebelum berangkat dari sini agar anda bisa menikmati waktu permainan sepuasnya. Adapun kamar mandi do-it-yourself, itu juga dilakukan oleh pengelola dan Anda hanya perlu memanfaatkannya sebaik mungkin.

Di sisi lain, ada baiknya juga membawa pakaian renang atau kacamata air saja agar bisa melihat keindahan di dasar kolam. Kondisi air yang tidak jelas bisa jadi kurang menarik dari darat, tapi situasinya bisa berbeda saat menyelam dengan kacamata, bukan?

Namun jauh sebelum itu alangkah baiknya jika Anda bisa berenang dengan baik terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengeksplorasi kolam tersebut. Pasalnya, kedalaman air di sini cukup dalam, jadi berhati-hatilah.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun Batu PutuKredit foto: Google Maps Ogja Ajitio

Sayangnya, Anda tidak bisa berharap banyak dari atraksi dengan harga penuh. Anda tidak akan kesulitan memenuhi kebutuhan dasar Anda ketika datang ke Air Terjun Batu Putu, tetapi hanya itu saja. Namun, tempat ini cukup layak untuk dijadikan sarana rekreasi tanpa mengeluarkan banyak rupiah.

Di bagian depan tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas untuk mobil atau motor. Saat memasuki area pemandian, deretan toilet menyambut Anda, lalu musala untuk beribadah. Di sisi lain, jika ingin mencari makanan, jajanan atau sekedar minuman, ada juga warung-warung sederhana.

Tidak ada fasilitas tambahan yang membuatnya sedikit berbeda, kecuali dari segi estetika. Jadi saat berkunjung ke sini, sebaiknya jaga ekspektasi tetap rendah dan tetap nikmati masa lalu sebanyak mungkin. Toh, terlepas dari perlengkapan standarnya, objek air ini tetap menarik.

Air Terjun Batu Putu unik di tengah semua wisata laut di Bandar Lampung. Karena lokasinya yang sentral, sangat ideal sebagai pilihan liburan bersama keluarga atau pasangan di waktu luang Anda. Apakah Anda mencari referensi rekreasi? Berdirilah di sini segera!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button