Tempat Wisata

Air Terjun Blawan, air terjun eksotis dengan pesona alam yang mempesona di Bondowoso

Apakah Anda ingin berenang di kolam dengan air hangat dan pemandangan yang indah? Air Terjun Blawan di Bondowoso merupakan tujuan wisata yang sangat direkomendasikan.

harga tiket: 5.000 Rp Jam operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Rengarejo, Kalianyar, Kec. Ijen, Cab.Bondowoso, Jawa Timur; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Indonesia memiliki beragam keindahan alam yang banyak diinginkan orang sebagai tempat berlibur. Salah satu keindahan alam yang sangat mengesankan sebagai objek wisata adalah air terjun. Kabupaten Bondowoso sendiri memiliki wisata alam yang sangat menarik yaitu Air Terjun Blawan.

Inilah salah satu pesona terbaik dan air terjun terindah yang tidak boleh dilewatkan saat berlibur di Kabupaten Bondowoso. Cocok sebagai tempat piknik dengan udara segar. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk merelaksasikan jiwa dan raga serta menghilangkan kebosanan dari aktivitas sehari-hari.

Keunikan dari air terjun yang indah ini adalah memiliki saluran keluar air yang besar. Penduduk setempat sering menyebutnya sebagai air terjun yang hilang ditelan bumi. Meski tergolong destinasi wisata baru, namun banyak wisatawan yang sudah berdatangan ke air terjun menawan ini dan ramai diperbincangkan di media sosial.

Hotel Murah di Bondowoso

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Blawan

Daya Tarik Air Terjun BlawanFoto oleh Aditiya Zamrud Anggar Kasih / Google Maps

Banyak orang Indonesia yang penasaran dengan keunikan air terjun di kawasan kawah Ijen ini. Pasalnya, akhir-akhir ini banyak diperbincangkan di media sosial.

Beberapa turis bahkan mengaku telah mengunjunginya lebih dari satu kali. Berikut beberapa daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Blawan:

✦ Air panas

Karena berada di kawasan kawah Ijen, tidak heran jika terdapat air panas dari gunung ini di wisata alam ini. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Kehadiran air panas menciptakan kolam alami berisi air hangat, memancarkan aroma belerang yang khas.

Jadi wisatawan bisa bermain air atau berendam di air hangat yang ada di kolam tersebut. Tak perlu dikatakan bahwa orang menikmati mandi di kolam hangat. Dipercaya bahwa berendam di air hangat tidak hanya membuat istirahat tetapi juga menghilangkan rasa lelah.

✦ Pemandangan indah

Ini telah dinyatakan sebagai tujuan wisata alam karena pemandangannya yang menakjubkan. Airnya berwarna biru kehijauan dan kombinasi perbukitan hijau adalah kombinasi yang pas. Karenanya, pemandangan di air terjun hangat ini terlihat sangat indah.

Selain itu, Anda akan melihat banyak tempat menawan di sepanjang jalan. Wisatawan akan menikmati pemandangan perbukitan, gunung, dan hutan yang indah selama perjalanan mereka ke tempat-tempat wisata. Setelah sampai di tempat wisata, pemandangan hutan pegunungan yang masih hijau menjadi background air terjun.

Cek Tiket Masuk Pantai Tanjung Papuma Jember

✦ Berada di Celah Lembah

Daya tarik air terjun Blawan selanjutnya adalah berada di celah lembah. Tur yang entah bagaimana unik karena terasa seperti tur tersembunyi. Setelah perjalanan dan tiba di kawasan wisata, wisatawan harus menuruni tangga terlebih dahulu. Air terjun ini dikelilingi pepohonan rindang dan lembah-lembah kecil.

✦ Air terjun itu seperti ditelan bumi

Seperti yang sudah dijelaskan, pemandangan air terjun yang menakjubkan ini seperti ditelan bumi atau tidak memiliki dasar. Hal ini dikarenakan guyuran airnya yang berhamburan membentur bebatuan di dasar air terjun. Dimana ada lubang atau rongga di dalam tanah untuk masuknya air.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun BlawanFoto: Google Maps/鄭安呈

Alamat Air Terjun Blawan Bondowoso berada di Dusun Rengagerjo, Desa Kalianyar, Sempol, Bondowoso, Jawa Timur. Untuk menuju objek wisata alam ini, Anda bisa menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Jika wisatawan datang dengan kendaraan umum, Anda bisa menggunakan ojek dari pusat kota menuju Blawan.

Berkendara ke kawasan wisata dari pusat kota memakan waktu sekitar 2 jam atau 57 km. Sebenarnya akses jalan menuju air terjun yang menakjubkan ini sudah bagus tapi jalannya agak menantang karena naik turun. Sesampainya di tempat wisata, wisatawan masih harus melanjutkan perjalanan dengan menuruni tangga sekitar 5 menit.

Jika biasanya Anda melihat air terjun dari depan, Blawan cukup berbeda, yaitu hanya terlihat dari samping. Hal ini dikarenakan air terjun ini dibatasi oleh tebing tinggi di bagian depan dan kirinya.

Tiket Masuk Trans Studio Mini Jember

Biaya masuk wisata alam

Membunuh rasa bosan di Air Terjun Blawan tidak akan menguras kantong. Tarif masuk yang harus dibayar pengunjung hanya Rp 5.000 per orang. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi. Dimana tarif parkirnya hanya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan hanya Rp 5.000 untuk mobil.

Wisatawan dapat menikmati pesona alam air terjun di kawasan kawah Ijen mulai pukul 07:00 hingga 18:00 WIB. Tidak ada hari libur untuk objek wisata alam yang mempesona ini, sehingga wisatawan dapat mengunjunginya kapan saja. Termasuk tempat wisata Itu sangat berharga karena hanya dengan Rp 5.000 kamu sudah bisa menjelajahi keindahannya yang menakjubkan.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas Air Terjun BlawanFoto: Google Maps/Indra Susandi

Meski perjalanan menuju objek wisata alam yang menakjubkan ini cukup menantang, namun akan terbayar saat tiba. Tidak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah, tetapi juga kegiatan menarik dapat dilakukan. Berikut beberapa aktivitas menarik di Air Terjun Blawan Bondowoso:

1. Rendam dalam air hangat

Sebelumnya dikatakan bahwa air hangat alami Air Terjun Blawan menjadi daya tarik tersendiri. Jadi jelas banyak wisatawan yang datang untuk menikmati air hangat alami yang berasal dari gunung berapi di daerah tersebut. Kolam alami yang dibuat di sana bisa digunakan untuk mandi atau sekadar bermain air.

2. Berkemah di sekitar air terjun Blawan

Wisata Kawah Ijen ini menawarkan fasilitas berupa bumi perkemahan. Wisatawan sering merasa tidak puas jika hanya sebentar di sana. Oleh karena itu, wisatawan dapat menikmati suasana malam air terjun sambil berkemah. Kegiatan yang satu ini sangat menarik dan banyak wisatawan yang mencobanya.

3. Berburu foto

Lanskap yang indah dan unik memungkinkan Air Terjun Blawan menawarkan banyak kesempatan foto. Berburu foto menjadi kegiatan yang tak kalah menarik di sini. Banyak wisatawan telah mengabadikan keindahan alam dari wisata unik ini. Beragam spot foto di sini juga tergolong instagramable sehingga dijamin memuaskan.

4. Santai dan nikmati pemandangannya

Kegiatan menarik selanjutnya adalah bersantai dan menikmati pemandangan alam. Sangat sayang untuk melewatkan pemandangan alam ini. Selain itu, terdapat fasilitas paviliun yang sangat membantu dalam kegiatan bersantai.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas air terjun BlawanFoto: Google Maps/Bob Indra

Wisatawan dapat menggunakan berbagai fasilitas di kawasan wisata. Pihak pengelola setempat telah menyiapkan fasilitas yang cukup untuk mendukung kegiatan wisata selama kunjungan Anda. Keistimewaan air terjun dengan kolam alami ini antara lain:

  • tempat beribadah
  • tempat peristirahatan umum
  • paviliun
  • perkemahan
  • warung makan
  • area parkir
  • Akomodasi di daerah Kalisat

Air Terjun Blawan merupakan salah satu pesona keindahan alam Indonesia yang sungguh menakjubkan. Anda tidak perlu khawatir menghabiskan banyak uang karena tiket wisata sangat terjangkau. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati pemandangan, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button