Tempat Wisata

Air Terjun Ciampea, air terjun mempesona dengan Pesoan Green Lagoon di Bogor

Air Terjun Ciampea, air terjun mempesona dengan Pesoan Green Lagoon di Bogor

Air Terjun Ciampea terletak tepat di kaki Gunung Salak. Wisatawan mana pun yang datang bisa berfoto, berenang, menyelam, dan berkemah di sini.

Harga tiket: Rp 22.000, Jam beroperasi: 07.00-17.30 WIB, Alamat: Tapos I, Kec. Tenjolaya, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Bogor tidak hanya dikenal sebagai “Kota Hujan” namun ternyata juga memiliki beragam destinasi wisata alam yang memukau dan menakjubkan. Salah satu destinasi wisata alam yang cukup fenomenal di kalangan wisatawan khususnya pecinta alam adalah Curug Ciampea. Orang Jawa Barat kadang menyebutnya dengan “Air Terjun Ciampea” yang lokasinya masih berada di kawasan hutan lindung.

Daya tarik air terjun ini tentu saja tercermin dari kelestarian alamnya, jernihnya mata air, dan suasananya yang menyejukkan. Banyak wisatawan yang datang dari Jakarta memilih berkemah atau camping di kawasan air terjun. Melewati medan yang agak terjal dan licin tentu dinilai menjadi tantangan yang menarik.

Meski jalan menuju air terjun terkenal licin dan jarak menuju tempat parkir cukup jauh, namun banyak pemandangan indah yang ditawarkan. Hal ini membuat aktivitas trekking menjadi lebih menyenangkan dan tidak terasa terlalu cepat tiba. Bagi wisatawan yang ingin menuju air terjun, tidak disarankan melakukan pendakian saat musim hujan.

Trip trekking air terjun cikawah bogor

Objek wisata yang ditawarkan Curug Ciampea

Daya tarik Curug CiampeaFoto: Google Maps/Usman Efendi

Air Terjun Ciampea memiliki beberapa daya tarik yang memikat wisatawan untuk mengunjunginya bahkan berkemah selama beberapa hari. Kebanyakan wisatawan merasa ketagihan dengan suasana dan pemandangan indah yang ditawarkan kawasan air terjun. Inilah atraksi yang ditawarkan Ciampea dan membuat pengunjung betah.

✦ Pemandangan alam yang menakjubkan

Jalan menuju Curug Ciampea memang bercirikan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan. Bisa jadi, wisata air terjun ini berlangsung tepat di kaki Gunung Salak. Disana Anda akan menjumpai pepohonan pinus yang tinggi dan menjulang tinggi sehingga pemandangan Anda akan dipenuhi dengan pemandangan hijau yang menyegarkan.

Suasana di sekitar air terjun yang masih terkesan alami menjadikannya tempat yang tepat untuk bersantai dan melepas penat setelah penat memikirkan pekerjaan. Perusahaan pariwisata juga menyediakan tempat-tempat yang ditargetkan untuk berkemah dan bermalam bersama orang-orang tercinta. Suasana yang tenang dan nyaman membuat pengunjung betah.

Cek hotel murah di bogor

✦ Memiliki tempat yang menarik”“Laguna Hijau”

Tidak pernah mendengar hal tersebut Laguna hijau? Istilah ini sebenarnya mengacu pada kumpulan air terjun mini dengan kolam kecil. Meski air terjunnya tidak terlalu besar, namun kedalamannya bisa dimanfaatkan untuk menyelam. Airnya yang benar-benar jernih dan menyegarkan akan menggoda siapa pun yang sudah tidak sabar untuk mandi.

Di kawasan Green Lagoon, pengunjung Curug Ciampea tidak hanya bisa berenang bersama keluarga atau teman saja. Areanya cukup luas dan sebagian digunakan untuk aktivitas seru lainnya seperti Loncat tebing. Komunitas pecinta alam tentu tidak boleh melewatkan aktivitas seru dan memacu adrenalin seperti ini.

✦ Lokasi air terjun yang menakjubkan

Air terjun ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan yang sangat indah namun juga pemandangan air terjun yang sangat Instagrammable. Air terjun ini tingginya sekitar 50 meter dan dikelilingi tanaman hijau segar. Suara gemericik air terjun terdengar sangat merdu seolah mengajak seluruh pengunjung untuk berenang bersama dan berfoto.

Air mata airnya sungguh jernih dan menyegarkan, sehingga siapa pun yang berkunjung pasti tergoda untuk berenang. Namun jika musim hujan tiba, para perenang disarankan untuk tetap berada di tepian pantai. Saat musim hujan dimulai, debit air mungkin meningkat. Oleh karena itu pengunjung harus berhati-hati agar tidak tenggelam saat mandi.

Paket Trekking Sentul: Hutan Babakan dan Air Terjun Leuwi-Hejo

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun CiampeaFoto: Google Maps/Wahyu Prasetio Fa’aro Zega

Air Terjun Ciampea terletak di kawasan Tapos I, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya yang masih berada di kawasan Bogor membuat minat warga ibu kota untuk berkunjung menjelang akhir pekan. Air terjun ini terletak tepat di kaki Gunung Salak. Wisatawan dapat mengikuti rute berikut ini untuk mencapai objek wisata mempesona ini dengan lebih cepat.

Perjalanan pertama menuju desa Tenjolaya hingga mencapai Curug Luhur. Belok kiri di persimpangan. Tanahnya cukup licin dan dipenuhi bebatuan sehingga pengguna jalan perlu berhati-hati. Setelah Anda melintasi kondisi jalan yang sulit, Anda akan menemukan lapangan di sebelah kiri dan jalan di sebelah kanan.

Wisatawan yang ingin berkunjung ke Air Terjun Ciampea harus melewati jalan yang naik turun dan berkelok-kelok selama 10 menit. Nah, hal ini menunjukkan bahwa lokasi air terjun semakin dekat. Untuk memudahkan perjalanan Anda, pertimbangkan untuk menggunakan kendaraan pribadi dengan performa profesional untuk membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat.

Biaya masuk wisata alam

Memasuki Curug Ciampea sebenarnya tidak membutuhkan budget yang mahal, namun lain halnya bagi pengunjung yang memutuskan untuk bermalam. Untuk masa inap yang berlangsung beberapa hari, biasanya diperlukan peralatan tambahan. Tiket masuk air terjun biasanya hanya seharga Rp 22.000 per orang, sedangkan tiket camping seharga Rp 30.000.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Air Terjun CiampeaFoto: Google Maps/Ayub

Air Terjun Ciampea memiliki beberapa spot alam yang bisa Instagram jadikan pengunjung terkadang harus berebut foto menjelang akhir pekan. Selain berfoto, sebenarnya masih banyak aktivitas lain yang bisa dilakukan pengunjung agar liburannya semakin menyenangkan.

1. Teruslah bermain Laguna hijau

Tentu saja bermain di area tersebut tidak menjadi masalah bagi anak-anak maupun orang dewasa Laguna hijau Bukit Kabayan, Air Terjun Ciampea. Lokasinya yang berupa kolam kecil bisa digunakan untuk berenang bersama atau sekadar duduk-duduk dan ngobrol. Sekitarnya dipenuhi tebing batu sebagai dinding, lalu terdapat fasilitas Loncat tebing bagi yang ingin mencobanya.

2. Menyelam di kolam air terjun Ciampea

Kedalaman kolam yang digunakan untuk menyelam sekitar 3 meter sehingga cukup dalam dan asyik untuk bermain air. Air kolam sangat jernih dan dingin, serta terdapat ikan-ikan air tawar kecil dan tanaman air yang terlihat indah. Namun pengunjung harus waspada karena kolam tersebut banyak mengandung batu dan debit air bisa meningkat saat musim hujan.

3. Berenang

Pengunjung tidak hanya bisa mencoba aktivitas menyelam tetapi juga berenang santai di kawasan air terjun dangkal. Akan ada dua tempat menarik untuk bermain air, satu untuk berenang di kolam Ciampea dan satu lagi untuk berenang santai di air. Laguna hijau. Airnya yang jernih dan menyegarkan membuat Anda semakin bersemangat untuk pulang setelah liburan.

4. Berkemah bersama

Kebanyakan wisatawan yang datang dari luar kota Bogor memilih aktivitas berkemah bersama saat berkunjung ke air terjun. Dinas pariwisata telah menyediakan tempat perkemahan yang terletak di tengah hutan pinus. Karena lokasi perkemahan berada di ketinggian, pengunjung harus mengenakan pakaian tebal.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun CiampeaFoto: Google Maps/Wawan Setiawan

Wisata alam Air Terjun Ciampea menawarkan beberapa fasilitas standar antara lain toilet, musala, dan tempat parkir kendaraan yang cukup luas. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung seperti kantin kuliner khas Jawa Barat dan tempat perkemahan. Pengunjung juga bisa mencoba ayunan atau ayunan Tempat tidur gantung Dan Loncat tebing Ini menyenangkan.

Bagi wisatawan yang ingin berwisata ke Curug Ciampea disarankan datang pada saat musim kemarau. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi fit agar tidak merasa lelah saat trekking di jalan tanjakan terjal. Air yang mengalir deras dan pepohonan yang rimbun bisa menjadi tempatnya menyembuhkan Yang direkomendasikan bagi warga sekitar ibu kota.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button