Tempat Wisata

Air Terjun Cigentis, air terjun mistis dengan pesona alam yang menakjubkan di Karawang

Wisata Curug Cigentis Karawang memiliki daya tarik menarik wisatawan untuk berkunjung. Di sana, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik.

harga tiket: 15.000 Rp Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Mekarbuana, Kec. Tegalwaru, Cab.Karawang, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Curug Cigentis merupakan salah satu destinasi wisata alam paling menarik di Karawang, Jawa Barat. Curug adalah istilah bahasa Sunda yang berarti air terjun. Dengan keindahan alamnya yang memukau, wisata alam ini menawarkan pengalaman berlibur yang menyegarkan bagi wisatawan yang mencari keindahan alam dan ketenangan.

Air terjun ini terletak di desa Mekarbuana yang mudah dijangkau dari Delta Mas dengan mengikuti petunjuk arah Bendungan Cibeet, Pangkalan dan terakhir Mekarbuana. Curug adalah istilah bahasa Sunda yang berarti air terjun.

Dengan keindahan alamnya yang mempesona, wisata air terjun ini menawarkan pengalaman berlibur yang menyegarkan bagi wisatawan yang mencari keindahan alam dan ketenangan.

Voucher Karawang Funworld Holiday Walk

Atraksi yang ditawarkan oleh air terjun Cigentis

Atraksi air terjun CigentisFoto: Google Maps/Dwi Tugiya

Atraksi tentunya merupakan sesuatu yang dapat menarik wisatawan. Beberapa daya tarik wisata air terjun ini :

✦ Keindahan alam yang menakjubkan

Wisata air terjun ini benar-benar mempesona dengan pesona alamnya yang mempesona. Tersembunyi di antara hutan hijau, air terjun ini menawarkan pemandangan yang memesona bagi para wisatawannya. Saat mendaki ke air terjun, wisatawan disuguhi panorama alam yang mempesona.

Ada pepohonan yang rindang dan segarnya aroma hutan menyegarkan nafas. Begitu sampai di puncak, gemericik air terjun yang mengalir turun dari tebing tinggi menyuguhkan pemandangan yang luar biasa indah. Dan jika ingin merasakan sensasi berbeda, wisatawan bisa terjun ke kolam alami yang jernih.

Wisatawan menikmati berenang di bawah air terjun, pengalaman yang mengasyikkan dan menyegarkan.

✦ Mitos air terjun Cigentis

Wisata air terjun cantik ini juga memiliki pesona mistis yang kental dengan mitos masyarakat setempat. Menurut cerita turun temurun, tempat ini dianggap sebagai tempat tinggal roh suci. Ini memberikan kesan magis dan spiritual bagi wisatawan yang tertarik pada cerita kuno dan kepercayaan lokal.

Wisatawan berkesempatan mendengar cerita menarik tentang makhluk halus yang konon menjaga air terjun dan sekitarnya. Mempelajari lebih jauh tentang mitos ini juga memberikan wawasan tentang pentingnya budaya dan kepercayaan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat setempat.

Lihat penawaran hotel di Karawang

✦ Pendakian yang menantang dan berenang yang menyenangkan

Bagi yang lebih berjiwa petualang, pendakian wisata alam ini menghadirkan tantangan yang memacu adrenalin. Rute pendakian yang berkelok-kelok dan medan yang bervariasi menambah daya tarik perjalanan. Sesampainya di puncak air terjun, segala penat terbayar dengan pemandangan yang luar biasa indah.

Selain itu, berenang di kolam alami di bawah air terjun merupakan cara yang tepat untuk merasakan segarnya air yang jernih. Kolam alami ini juga menjadi tempat bersantai yang nyaman bagi wisatawan yang ingin menikmati ketenangan sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug CigentisFoto: Google Maps/Efrans Firdaus

Alamat Curug Cigentis Karawang ada di Gunung Sanggabuana, Mekar Buana, Kec. Tegalwaru, Karawang, Jawa Barat. Lokasi ini berjarak kurang lebih 44 kilometer dari pusat kota. Untuk mencapai wisata air terjun ini, perjalanan dimulai dari Delta Mas dan menuju Bendungan Cibeet. Lanjutkan perjalanan dari Bendungan Cibeet ke Pangkalan.

Setelah sampai Pangkalan, perjalanan dilanjutkan menuju Mekarbuana. Sesampainya di Mekarbuana, ikuti petunjuk wisata air terjun ini. Wisatawan memiliki keleluasaan untuk memilih moda transportasi yang sesuai. Anda bisa mengakses wisata air terjun ini dengan mobil atau motor.

Jika wisatawan mencari alternatif untuk memudahkan perjalanan, mereka dapat menggunakan aplikasi navigasi seperti Waze atau Google Maps. Caranya, masukkan alamat RM Empang Sari Mas yang terletak di dekat air terjun ke dalam aplikasi peta. Dari sana, ikuti petunjuk arah untuk menuju air terjun yang indah dan mempesona ini.

Tiket karnaval Karawang

Biaya masuk wisata alam

Menikmati pesona alam Air Terjun Cigentis tidak akan menguras kantong karena tempat wisata ini menawarkan tiket masuk yang sangat terjangkau. Hanya dengan membayar tiket masuk mulai dari Rp 15.000 hingga 25.000 per orang baru bisa menikmati keindahan air terjun ini.

Harga tiket juga tergantung pada hari kunjungan, dengan tarif yang sedikit berbeda pada hari kerja dan akhir pekan. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi untuk mencapai air terjun cantik ini tidak perlu khawatir, biaya parkirnya sangat murah. Untuk biaya parkir, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 7.000-15.000.

Dengan biaya parkir yang murah ini, Anda tidak perlu khawatir akan terbebani budget perjalanan Anda.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Aktivitas seru di air terjun CigentisFoto: Google Maps/Rafi Annur Jamal

Curug Cigentis menawarkan berbagai aktivitas menarik untuk dinikmati wisatawan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dinikmati wisatawan:

1. Jelajahi keindahan air terjun di jalur pendakian

Rasakan serunya berpetualang saat Anda menskalakan keindahan Curug Cigentis. Wisatawan bisa menikmati tantangan dan keseruan menelusuri jalur pendakian yang berkelok-kelok ditemani suara gemuruh air terjun. Pemandangan alam yang menakjubkan akan menjadi hadiah yang layak untuk usaha dan semangat.

2. Menikmati kolam alami di kaki air terjun Cigentis

Di tengah kesejukan alam Curug Cigentis, sebuah kolam alami menanti untuk menyegarkan tubuh. Nikmati nikmatnya berenang di bawah air terjun yang jernih, menyatu dengan alam dan habiskan momen seru bersama teman atau keluarga. Tentunya Anda tetap harus berhati-hati dengan bebatuan yang licin.

3. Menikmati keindahan alam Air Terjun Cigentis dengan piknik makan siang

Wisata air terjun ini adalah tempat yang tepat untuk piknik bersama orang tersayang. Ciptakan momen berharga dikelilingi oleh alam yang indah, bagikan makanan lezat dan canda dalam suasana santai.

4. Ambil foto dan potret air terjun yang menakjubkan

Fotografer akan mendapatkan uang mereka dalam tur alam yang indah ini. Abadikan keindahan alam, gemuruh air terjun dan keajaiban alam sekitar dalam potret cantik yang akan menggoda mata. Wisatawan juga bisa berswafoto sebagai oleh-oleh.

5. Menjelajah kisah unik air terjun Cigentis

Wisatawan yang penasaran dengan cerita menarik tentang mitos dan kepercayaan lokal seputar air terjun ini bisa belajar langsung dari penduduk setempat. Pelajari tentang warisan lokal yang unik dan bermakna.

Setiap tempat tentunya memiliki sejarah dan mitosnya masing-masing, begitu pula dengan air terjun Cigentis. Penduduk setempat percaya bahwa asal usul tempat ini karena nama Nyi Gentis Sari, yang merupakan perwujudan dari peninggalan Eyang Resi Tajimalela.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Sistem air terjun CigentisFoto: Google Maps/Aziz M

Bagi wisatawan yang ingin bermalam dan dekat dengan alam, tersedia tempat perkemahan. Fasilitas lain seperti toilet dan ruang ganti juga telah disediakan demi kenyamanan wisatawan. Fasilitas tersebut cukup menunjang aktivitas wisata di air terjun alami ini.

Dengan beragam atraksi dan aktivitas menarik, Curug Cigentis bisa menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi, terutama bagi para pecinta alam. Tantangan dan keindahan alam yang ada tentunya menjadi tambahan pengalaman yang sangat menarik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button