Tempat Wisata

Air Terjun Cigentis: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Belum banyak yang tahu kalau Karawang yang terkenal dengan persawahannya ini punya banyak air terjun yang indah. Salah satunya adalah Curug Cigentis. Situs tersebut terletak di kawasan Gunung Sanggabuana, Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegakwaru, Karawang, Jawa Barat. Keindahan air terjun ini tidak kalah dengan air terjun di daerah lain.

Daya tarik air terjun ini adalah keindahan panorama sekitar air terjun yang ditumbuhi tanaman pakis hijau. Selain itu, bebatuan yang mengelilingi air terjun turut memberikan suasana pedesaan yang menyenangkan dan damai.

Fasilitas di Curug Cigentis

Fasilitas yang disediakan pihak pengelola air terjun sudah memadai. Di sekitar air terjun cukup banyak terdapat warung-warung yang bisa membuat pengunjung puas jika lelah berjalan menuju air terjun. Terdapat juga ruang ganti dan musala bagi yang ingin bermain dan sholat di air basah.

Selain itu terdapat toilet, waterpark mini, area keluar, restoran, dan akomodasi di desa wisata menuju air terjun. Untuk masuk ke desa wisata ini dikenakan biaya masuk sebesar Rp 20.000 pada akhir pekan dan Rp 15.000 pada hari kerja. Menu yang disajikan restoran ini terdiri dari masakan khas Sunda yang pastinya memiliki cita rasa lezat yang tiada duanya.

Jika ingin bermalam, Anda bisa menginap bersama warga setempat atau menyewa villa yang tersedia di sana. Lokasi villa di Desa Wisata Curug Cigentis berada di bagian belakang dan menawarkan pemandangan danau yang sangat indah. Pengunjung bisa bebas memilih antara Joglo Villa yang modern atau Joglo Villa yang antik. Harga bervariasi tergantung pada fitur masing-masing vila.

Keindahan air terjun Cigentis

Dalam perjalanan menuju air terjun ini kita melewati desa wisata yang memiliki taman air mini, restoran dan villa. Berbagai fasilitas yang ada di desa wisata ini dirancang khusus bagi pengunjung yang ingin bersantai dan melepas penat bersama keluarga. Sebelum menikmati keindahan air terjun, kita bisa berwisata dulu ke desa ini.

Perjalanan menuju Curug Cigentis akan cukup melelahkan bagi pengunjung yang belum terbiasa mendaki. Ada banyak tanjakan dengan kemiringan cukup curam yang bisa jadi melelahkan. Namun tak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhi keajaiban alam yang indah.

Hamparan perbukitan hijau, derasnya air terjun dan kicauan burung serta suara serangga hutan selalu menemani setiap langkah. Belum lagi udaranya yang masih segar dan sejuk tentunya menambah indahnya suasana.

Saat kita sampai di Air Terjun Cigentis, mata kita akan terkesima melihat betapa bersih dan jernihnya air terjun ini. Air terjun ini mencapai ketinggian 25 meter. Di bawah air terjun terdapat kolam kecil yang biasa digunakan wisatawan untuk mandi dan berenang.

Panorama di sekitar air terjun ini terdiri dari tanaman pakis hijau yang tumbuh berjajar di sekitarnya. Selain itu, bebatuan alam yang mengelilingi air terjun turut menciptakan suasana asri khas pedesaan yang belum ternoda oleh buruknya polusi.

Berburu foto di air terjun Cigentis

Pesona keindahan air terjun ini sayang sekali jika tidak diabadikan dalam kamera. Air terjun dengan arusnya yang relatif deras serta tanaman pakis yang mengelilinginya menjadi subjek foto yang indah. Selain itu, suasana etnik alam di Desa Wisata Curug Cigentis juga tak kalah menarik untuk dijadikan latar foto keluarga.

Berburu foto di air terjun CigentisSumber: Google Maps

Biaya masuk air terjun Cigentis

  • Biaya masuk: Rp 20.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka di Curug Cigentis

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Akses lokasi ke Curug Cigentis

Curug Cigentis terletak 44 kilometer dari pusat kota Karawang. Angkutan pribadi maupun umum dapat digunakan untuk melakukan perjalanan dari Kota Karawang menuju Desa Mekarbuana, dimana Curug Cigentis berada. Namun hal ini sedikit merepotkan pengunjung yang bepergian dengan kendaraan umum karena sering kali harus berganti kereta. Kondisi jalan beraspal menuju air terjun membuat perjalanan semakin nyaman dan mudah.

Ada beberapa cara untuk menuju lokasi air terjun ini. Jalur pertama dari Kota Karawang menyusuri Jalan Cikampek menuju pintu tol Kantor Asper. Dari sini kita lanjutkan ke Parakan Badak. Sesampainya di Parakan Badak, menuju ke Desa Jayanti. Di desa ini kita bisa memarkir kendaraan lalu berjalan menyusuri jalan setapak menuju Curug Cigantes.

Namun jika berangkat dari Cikarang Baru, jalurnya melewati Delta Mas lalu menuju Bendungan Cibeet. Setelah sampai di Bendungan Cibeet, kami melanjutkan perjalanan menuju Pangkalan Loji menuju desa Jayanti. Seperti pada jalur pertama, parkirkan kendaraan Anda di desa ini lalu berjalanlah menyusuri jalan setapak hingga mencapai air terjun.

Tips berlibur di air terjun Cigentis

  • Sebaiknya membawa makanan dan minuman dari luar karena air terjun berjarak 250 meter dari tempat parkir.
  • Gunakanlah sepatu yang nyaman untuk pendakian, karena akses jalan yang belum memadai.
  • Berhati-hatilah saat bermain di air terjun ini karena bebatuannya licin dan banyak lumut.
  • Menjamin kebersihan dengan selalu membuang sampah pada tempat yang telah ditentukan.

Jika Anda sedang berada di Kota Karawang atau berencana berwisata ke sana, jangan lupa untuk mencantumkan nama Anda Air Terjun Cigentis sebagai tujuan. Mandi, berenang dan menikmati indahnya panorama alam air terjun ini pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Galeri Foto Air Terjun Cigentis

Selamat datang di air terjun Cigentis
Potret air terjun Cigentis di Karawang
Potret pengunjung
Berburu foto di bawah air terjun
Air Terjun Cigentis dengan sepedaAir Terjun Cigentis dengan Sepeda (Sumber Google Map)

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button