Tempat Wisata

Air Terjun Ciherang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Salah satu wisata alam yang banyak menarik pengunjung adalah pemandangan alamnya yang indah. Tak terkecuali kawasan Bogor, juga memiliki tempat yang sangat menarik pengunjung dengan keindahan alamnya, salah satunya adalah Curug Ciherang. Saat ini tempat wisata alam ini banyak menarik pengunjung karena tempat ini menyuguhkan panorama alam yang sangat indah.

Tempat wisata ini juga mempunyai andalan yang cukup menarik yaitu rumah pohon. Rumah pohon yang terletak di sekitar Curug Ciherang ini menyuguhkan pemandangan alam yang sungguh memukau pengunjungnya. Di ketinggian 30 meter, pengunjung bisa menyaksikan hamparan pepohonan hijau yang menyejukkan mata. Tak heran jika tempat ini menjadi tempat yang sangat menarik untuk berswafoto.

Segala keindahan yang muncul terkadang membutuhkan perjuangan. Tak jauh berbeda dengan indahnya pemandangan di tempat wisata alam ini. Rumah pohon ini sengaja dibangun di akses jalan menuju Curug Ciherang. Dibutuhkan energi tambahan untuk mencapai rumah pohon ini. Berjalan menanjak di jalan setapak yang disediakan pihak pengelola untuk mencapai lokasi rumah pohon. Meski bisa dikatakan jalan setapaknya ditata sedemikian rupa, namun menata batu-batunya dengan rapi tetap membutuhkan tenaga dan daya tahan yang cukup.

Namun segala penat, letih dan keringat yang menyertainya terbayar dengan indahnya pemandangan dari atas pohon kayu ini. Pohon yang sengaja dibangun di atas pohon besar ini berdiri di atas tebing. Karena itu, Anda akan melihat jurang yang cukup dalam di bawah. Memang sedikit menakutkan, namun pihak manajemen telah membuat rumah pohon ini seaman mungkin. Untuk mencapai rumah pohon ini, pengunjung dapat melintasi jembatan kayu.

Saat ini rumah pohon yang satu ini cukup populer di kalangan anak muda. Bahkan, lokasi rumah pohon ini sedang menjadi tempat selfie populer, terutama di jembatan kayu. Tentu saja karena berfoto di jembatan kayu ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Di depan rumah pohon, lembah dan deretan pegunungan hijau menjadi latar alam yang sempurna.

Di tempat ini pengunjung tidak hanya bisa menikmati rumah pohon tetapi juga melanjutkan perjalanan menuju Curug Ciherang yang menjadi tujuan utama tempat wisata alam. Air Terjun Ciherang yang dalam bahasa Sunda berarti “Air Jernih” ini letaknya cukup jauh dari rumah pohon dan lagi-lagi Anda perlu tenaga ekstra karena jalur menuju air terjun ini naik turun. Dan disini juga : Jangan khawatir, karena rasa lelah anda akan terbalas dengan indahnya pemandangan air terjun. Keindahan dengan nuansa pegunungan serta letaknya yang berada di ketinggian sekitar 900 meter diatas permukaan laut membuat Air Terjun Ciherang terlihat sangat indah dan sejuk sekali. Sesuai dengan namanya, Curug Ciherang menawarkan air yang sangat jernih. Air terjun ini juga berbeda dengan air terjun lainnya. Air yang jatuh tidak langsung jatuh ke dasar, melainkan air yang turun secara bertahap atau bertahap. Debit air yang dikeluarkan juga cukup deras. Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sejuknya air terjun ini dengan bermain air di sekitar bebatuan besar.

Bagi Anda yang masih ragu dengan tempat wisata alam apa saja yang ada, tidak ada salahnya menjajal tempat wisata alam yang satu ini. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi anda yang menginginkan suasana berbeda dari ibu kota, jauh dari hiruk pikuk lalu lintas mobil dan udara yang tercemar. Kondisi tersebut tidak akan Anda temukan di lokasi ini, justru sebaliknya. Di tempat ini Anda akan menemukan udara sejuk, nyaman dan damai. Dengan pepohonannya yang hijau, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Saat ini Curug Ciherang terus mempromosikannya sebagai destinasi wisata alam penting di Bogor.

Fasilitas di Air Terjun Ciherang

Tempat wisata ini tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah saja namun juga memiliki berbagai fasilitas yang sesuai mulai dari destinasi tamasya hingga akomodasi juga telah disediakan di tempat ini.

Baca juga: Gunung Bunder, destinasi wisata alam yang masih terjaga keindahannya

Lokasi Air Terjun Ciherang

Tempat wisata alam Curug Ciherang terletak di Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi ini berjarak sekitar 40 kilometer dari ibu kota Jakarta dan 20 kilometer dari kawasan Citeureup Cibinong.

Harga tiket dan jam operasional Curug Ciherang

Harga tiket masuk ke tempat wisata alam yang ditawarkan pihak pengelola ini cukup terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 15.000 per orang untuk mengikuti wisata air terjun ini. Di lokasi ini juga tersedia tempat parkir dan pengunjung akan dikenakan biaya parkir yang berbeda-beda tergantung jenis kendaraan yang dibawanya. Untuk kendaraan roda dua tarif parkirnya hanya Rp 2.000 saja. Namun dikenakan biaya parkir sebesar Rp 4.000 untuk kendaraan roda empat.

*Harap diperhatikan bahwa biaya atau tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

Pada jam operasional, tempat wisata ini buka 24 jam sehari.

Galeri foto Air Terjun Ciheran

Potret Air Terjun Ciherang

Mandi di bawah air terjun
Rumah pohon dekat air terjun
Potret pengunjung
Berburu foto di bawah air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button