Tempat Wisata

Air Terjun Cijalu, sekilas pesona dua air terjun eksotis dalam satu lokasi di Subang

Air Terjun Cijalu, sekilas pesona dua air terjun eksotis dalam satu lokasi di Subang

Apakah Anda ingin kesembuhan dan penyegaran otak Anda? Nikmati liburan Anda dan kunjungi Air Terjun Cijalu di Subang, Jawa Barat. Ini adalah daftar atraksinya.

Harga tiket: Rp 20.000, Jam beroperasi: 07.30 – 17.00 WIB, Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Cab.Subang, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Cijalu merupakan salah satu tempat wisata alam berupa air terjun indah yang bisa anda kunjungi di wilayah Subang Jawa Barat. Air terjun ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dan suara gemericik air yang mengalir menghilangkan penat. Bagi warga sekitar ibu kota yang berkeinginan menyembuhkanmungkin anda bisa mengunjungi tempat wisata ini.

Air Terjun Cijalu masih merupakan bagian dari Cagar Alam Gunung Burangrang sehingga akses ke objek wisata tersebut cukup sulit. Meski demikian, masih banyak wisatawan luar Jabar yang penasaran dan ingin datang langsung. Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Curug Cijalu menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa.

Biasanya wisatawan memilih Curug Cijalu sebagai destinasi utama untuk menikmati keindahan alam sekaligus berpetualang. Suara gemericik air yang mengalir deras akan memberikan pengalaman yang luar biasa bagi pengunjung. Curug Putri memberikan suasana sejuk dan menyegarkan serta menciptakan hubungan yang mendalam dengan alam.

Promo hotel di Subang

Objek wisata yang ditawarkan Curug Cijalu

Daya tarik Curug CijaluFoto: Unsplash/Farhan Gunadi

Setiap objek wisata alam tentunya memiliki daya tarik tersendiri, seperti halnya Air Terjun Cijalu yang menjadi kebanggaan masyarakat Subang dan sekitarnya. Dengan pesonanya yang indah, objek wisata alam yang indah ini berhasil menarik perhatian wisatawan dari luar daerah. Penasaran dengan berbagai atraksinya?

✦ Menawarkan pesona 2 air terjun yang indah

Curug Cipanjar Cijalu menawarkan pesona dua air terjun yang sungguh menakjubkan. Sebelum mencapai kawasan air terjun, pengunjung akan menjumpai air terjun kecil yang menakjubkan sepanjang hamparan sekitar 100 meter. Masyarakat disana biasa menyebut air terjun tersebut dengan “Curug Putri” atau “Curug Cibuntu” tergantung asal usul yang diyakini masyarakat.

Dengan ketinggian sekitar 30 meter, Curug Putri memancarkan pesona dan aliran airnya yang tenang menyusuri tebing batu di sekitarnya. Setelah sampai di Air Terjun Cijalu, pengunjung kembali disuguhkan air terjun setinggi 70 meter. Pemandangannya yang begitu spektakuler membuat semua orang akan tergoda untuk mandi atau sekedar bermain air.

Cek tiket Air Terjun Nyimas Nyai Subang

✦ Mata air segar

Curug Cijalu merupakan destinasi menakjubkan dengan suasana damai, udara segar dan pemandangan alam yang sungguh mempesona. Menurut legenda populer, air terjun ini diciptakan oleh para pejuang yang berkunjung yang ingin menetap di daerah tersebut. Sesuai dengan etimologi namanya, “Ci” berarti air, sedangkan “Jalu” berarti manusia.

Selain kicauan burung yang tiada henti, mata airnya yang jernih dan segar juga membuat Anda ingin mandi. Jernihnya air membuat pengunjung dapat melihat dengan jelas bebatuan di dasar, memberikan pemandangan yang menakjubkan. Pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan mandi, merendam kaki, dan melakukan aktivitas air lain yang lebih seru.

✦ Mitos yang beredar di masyarakat

Mengapa Curug Putri menarik banyak pengunjung? Salah satu alasannya adalah upaya untuk membuktikan mitos-mitos yang beredar di masyarakat. Mitosnya mengatakan Air Terjun Cijalu dapat membantu penyembuhan berbagai penyakit seperti kelumpuhan. Oleh karena itu, warga dari luar daerah berbondong-bondong membuktikan mitos-mitos yang beredar di sana.

Pengunjung yang ingin sembuh dari penyakit biasanya mandi atau bermeditasi di kawasan air terjun. Dulunya warga Indramayu, Jawa Barat, sering datang ke sini untuk berobat, namun kini mitos tersebut semakin banyak terdengar. Konon Air Terjun Cijalu selain menyembuhkan penyakit juga membantu dalam mencari jodoh.

Voucher Funworld Festive Walk Karawang

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun CijaluFoto: Google Maps/Iyan Tahu

Air Terjun Cijalu terletak di Kecamatan Subang, Kabupaten Sipancar Serangpanjang, Provinsi Jawa Barat. Jarak dari pusat kota sekitar 37 km sehingga pengunjung membutuhkan waktu sekitar satu jam. Dari Purwakarta, Anda bisa memilih arah selatan dengan menempuh jarak 40 km menuju kawasan air terjun.

Jika perjalanan dimulai dari Bandung, perjalanannya bisa dibilang cukup lama karena jaraknya 63 kilometer. Setelah sampai di Kota Subang, perjalanan melalui Winayasa hingga pertigaan dan belok kiri menuju alun-alun. Jalan lurus kembali hingga sampai di kecamatan Serangpanjang, lalu ambil jalan kiri hingga sampai ke gerbang Air Terjun Cijalu.

Biaya masuk wisata alam

Pengunjung yang ingin memasuki kawasan Air Terjun Cijalu tidak perlu khawatir mengeluarkan biaya terlalu banyak. Harga tiket masuk wisatanya hanya Rp 20.000 per orang. Biaya tambahan berlaku untuk parkir kendaraan. Biaya parkir kendaraan bermotor hanya Rp 2.000; Mobil Rp5.000; dan angkutan bus sekitar Rp 15.000 per unit.

Air Terjun Cijalu buka dari hari Senin hingga Minggu mulai pukul 07.30 hingga 17.00. Berkat waktu operasional yang lama, pengunjung dapat bermain air, mandi, berendam, bermeditasi, mengambil foto pemandangan dan menikmati aktivitas lainnya bersama teman atau keluarga tercinta.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas menarik di Curug CijaluFoto: Google Maps/Intan Liani Nestiti

Tempat wisata fenomenal di Subang ini selalu ramai pengunjung setiap akhir pekan dan libur panjang. Tentunya ada aktivitas menarik yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Curug Cijalu, seperti pilihan berikut ini.

1. Trekking

Akses menuju Curug Cijalu tentu menjadi favorit bagi para pelancong yang menyukai aktivitas trekking. Pengunjung disuguhi panorama perkebunan teh yang sangat indah, udara sejuk dan jalur yang dilalui juga cukup memacu adrenalin. Selama wisata trekking, Anda akan menjumpai tangga batu sekitar 300 meter dari tempat parkir yang akan memperkaya petualangan Anda.

2. Berkemah di Curug Cantel

Wisata alam bertema luar ruangan paling cocok untuk perkemahan yang dikelola bersama oleh pelajar atau komunitas. Air Terjun Cijalu berukuran sangat besar sehingga dapat dibedakan menjadi zona perkemahan, zona air terjun, zona pendakian, dan zona hutan lebat. Tentu sangat seru bukan?

3. Mencari spot foto yang menarik

Mulai dari wisata trekking hingga wisata air terjun, wisatawan akan banyak menemukan pemandangan alam yang indah. Perkebunan teh yang luas dan pepohonan rindang menjadi tempat berfoto paling populer bagi pengunjung. Sesampainya di kawasan air terjun pasti banyak orang yang menghabiskan waktu mengabadikan momen liburan.

4. Bermain air

Berwisata alam ke Air Terjun Cijalu belum lengkap tanpa bermain air. Pengunjung bisa bermain air di Curug Putri atau Curug Cijalu. Ada yang memilih merendam kaki, mandi, berenang bersama, menyelam, dan melakukan aktivitas lainnya. Di sisi lain, ada juga wisatawan yang datang untuk bermeditasi di dalam air selama beberapa jam.

5. Menikmati pesona air terjun

Sama halnya dengan wisata air terjun lainnya, Curug Cijalu juga menawarkan panorama alam yang sangat indah dan mengesankan. Air terjun ini terlihat semakin indah jika dilihat dari atas, namun pengunjung harus berhati-hati saat jalanan licin. Di sekelilingnya banyak pepohonan rimbun, bebatuan bervariasi dan suara air terjun yang menenangkan jiwa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun CijaluFoto: Google Maps/Muklis Erlisiano

Secara keseluruhan, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas yang lengkap demi kenyamanan pengunjung, antara lain instalasi air, jalan setapak, musala, toilet, loket penjualan, serta tempat parkir yang tertata dan nyaman. Selain itu pengunjung juga akan menemukan warung makan dan toko souvenir yang menjual oleh-oleh seperti kaos oblong dan daster.

Mari bersantai sejenak mengunjungi Air Terjun Cijalu yang terletak di Subang Jawa Barat. Pada siang hari, wisatawan yang berwisata ke Curug disuguhi pemandangan Waduk Jatiluhur. Pemandangan alam yang terbentang sepanjang jalan memberikan perasaan nyaman dan ketenangan pikiran.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button