Tempat Wisata

Air Terjun Cimarinjung, surga tersembunyi di Sukabumi yang penuh legenda tentang istana gaib

Jelajahi Air Terjun Cimarinjung di Sukabumi, surga alam tersembunyi yang menawarkan keindahan mempesona dan legenda istana magis yang misterius.

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 09.00 – 17.00 WIB, Alamat: J L. Cimarinjung No.2, Ciwaru, Kec. Ciemas, Kab.Sukabumi, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Cimarinjung merupakan objek wisata air terjun yang dikelilingi tebing berwarna coklat di Desa Ciwaru Sukabumi. Daya tarik tersendiri bagi pengunjung adalah tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi lumut hijau.

Tempatnya tersembunyi sehingga pengunjung membutuhkan tenaga ekstra untuk mengikuti wisata air terjun. Untuk mengetahui apa saja keunikan air terjun tersebut, simak penjelasannya di bawah ini.

Objek wisata yang ditawarkan Curug Cimarinjung

Daya Tarik Curug CimarinjungFoto: Unsplash/Fadhel Rabbani

Surga yang tersembunyi

Wisata air terjun Cimarinjung menawarkan perpaduan suasana alam yang menarik dan aliran air yang deras. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, air terjun ini mengalir menuruni tebing menuju Samudera Hindia.

Air terjun ini bertemu dengan Teluk Ciletuh yang juga merupakan bagian dari Samudera Hindia. Dikelilingi tebing bebatuan tinggi, air terjun ini terletak di tengah hutan dan persawahan yang masih terjaga keindahannya.

Oleh karena itu, panorama alam yang ditawarkan kawasan ini sangat mempesona. Tanaman hijau menghiasi tebing membuat air terjun semakin mempesona.

Batu-batunya yang berukuran besar juga memberikan efek natural pada suasana. Batu ini mengapit aliran air sebelum jatuh.

Legenda Istana Ajaib

Air terjun ini dikenal dengan nama Curug Goong yang artinya Air Terjun Gong. Sebab ada legenda yang beredar bahwa kawasan Cimarinjung merupakan istana alam gaib. Istana ini dulunya merupakan tempat persewaan peralatan gamelan.

Konon kini hanya tersisa satu gong yang masih tersembunyi di air terjun. Pada hari-hari tertentu terdengar suara gong di kawasan ini.

Nama Curug Goong tidak lagi digunakan setelah Kabupaten Sukabumi ditetapkan sebagai geopark oleh UNESCO Global Geopark. Kini namanya diubah menjadi Curug Cimarinjung.

Salah satu warga desa mengaku bersyukur karena tidak ada lagi kejadian negatif setelah Curug Cigoong diganti namanya.

Diakui oleh UNESCO Global Geopark

Yang sangat membanggakan Curug Cimarinjung Sukabumi adalah menjadi bagian dari warisan geologi yang diakui UNESCO sejak tahun 2015. Bahkan, air terjun ini sudah menjadi ikon UNESCO Global Geopark.

Air terjun ini merupakan formasi Dataran Tinggi Jampang yang terbentuk dari proses pengangkatan dasar laut ke daratan yang terjadi akibat aktivitas subduksi di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi.

Fenomena geologi yang menyebabkan terbentuknya dasar laut yang terangkat ini juga menyebabkan terciptanya amfiteater alami di kawasan Ciemas.

Warga sekitar mengaku bersyukur atas keajaiban luar biasa yang membuat Kabupaten Sukabumi diakui sebagai destinasi pariwisata global. Hasilnya, sebagian besar warga yang bermata pencaharian sebagai nelayan dan petani kini menjadi wirausaha sukses.

Baik sebagai pengusaha UMKM maupun pengusaha homestay yang ditawarkan kepada pengunjung dalam dan luar negeri.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun CimarinjungFoto: Unsplash/Fadhel Rabbani

Anda bisa mengunjungi Desa Ciwaru yang terletak di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Tempat ini berada tepat di perbatasan antara desa Girimukti dan desa Ciwaru.

Untuk menuju kesana disarankan berkendara melalui desa Cimarinjung di desa Ciwaru. Sesuai dengan namanya, air terjun ini terletak di aliran Sungai Cimarinjung dan memiliki ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut.

Dari pusat Kabupaten Sukabumi jaraknya sekitar 99 km dan perjalanan dengan kendaraan memakan waktu sekitar 4 jam. Jalur yang baik dan nyaman ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat.

Menggunakan kendaraan pribadi menjadi pilihan yang disarankan. Jika perjalanan dimulai dari Kabupaten Cianjur, Anda akan melewati jalan raya yang menghubungkan Sukabumi, Pelabuhan Ratu dan Ciemas.

Alternatifnya, Anda bisa memilih rute yang melewati Sukabumi, Jampang Tengah, dan Ciemas. Kedua jalur tersebut akan bertemu di pertigaan Kiara, Dua di Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan.

Dari sana Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun. Anda dapat menggunakan Google Maps atau meminta penduduk setempat untuk membantu Anda menemukan jalan.

Untuk melihat panorama Curug Cimarinjung Sukabumi, Anda tidak perlu mengosongkan dompet karena biaya masuknya hanya Rp 3.000 per orang. Biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp 3.000 dan untuk mobil sebesar Rp 5.000.

Jam operasional air terjun ini adalah dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore. Sebaiknya mengunjungi objek wisata alam ini saat musim hujan dimana arus airnya sangat deras.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun CimarinjungFoto: Unsplash/Ruben Sukatendel

1. Berjalan di sekitar air terjun

Air terjun terkenal ini mengalir melalui tebing batu besar dan dikelilingi oleh hutan dan persawahan. Anda bisa menjelajahi kawasan tersebut untuk melihat lebih dekat keindahan alam air terjun.

Sesampainya di tempat parkir, pertama-tama Anda harus menyelesaikan rute yang menantang dengan berjalan kaki. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan keindahan persawahan hijau dan latar belakang langit biru.

Saat memasuki kawasan hutan, Anda berjalan melewati hutan yang dilengkapi pagar bambu. Kalaupun jalannya menanjak, namun sambungan jalan cukup memadai dan baik. Berkat suasana alamnya yang asri, Anda tidak akan merasa lelah.

Jalan setapak ini membawa Anda menyusuri sungai dan semakin dekat dengan kawasan wisata Curug Cimarinjung. Hal ini dibuktikan dengan suara air yang mengalir deras.

Di lokasi ini, pengunjung bisa menyaksikan air terjun megah yang mengalir ke danau yang dikelilingi bebatuan alam.

2. Bersantai di kawasan Curug Cimarinjung

Untuk menikmati keindahan Curug Cimarinjung tidak bisa melihatnya dari dekat karena arusnya yang sangat deras. Namun, Anda bisa menyaksikannya dari dermaga di ujung jalan.

Dermaga di titik ini memberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan air terjun dari jarak yang lebih jauh.

Limpasan air lebih tinggi pada musim hujan dan sebaliknya pada musim kemarau. Selain dari dermaga, Anda juga bisa mengagumi keindahan air terjun dari sungai yang mengalir di bawahnya.

Batu-batu alam bertebaran di sungai ini. Anda bisa duduk-duduk di atas bebatuan sambil mengamati panorama alam sekitar. Namun hati-hati dan pilihlah bebatuan yang tidak licin dan curam.

3. Berenang

Pemandangan air jernih yang mengalir dari ketinggian menggoda Anda untuk merasakan kesegaran. Anda bisa berenang dan bermain dengan bebas di sungai. Jangan lupa abadikan momen spesial sambil bersenang-senang di air terjun.

4. Makan hidangan lezat

Usai berbagai aktivitas seru, Anda bisa mengisi perut dengan hidangan lezat yang disajikan di berbagai warung makan di kawasan Curug Cimarinjung. Anda bisa memilih menu makanan lezat dan minuman segar sesuai selera.

Aktivitas makan tentu terasa berbeda jika diiringi dengan panorama air terjun mirip film Jurassic Park.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun CimarinjungFoto: Unsplash/M. Akbar Gumilar

Meski letaknya terpencil, Curug Cimarinjung Sukabumi dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang memadai. Tersedia lahan parkir bagi pengunjung yang ingin memarkir kendaraan pribadinya dengan aman.

Toiletnya juga tersedia dalam kondisi bersih, sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk membersihkan diri.

Banyak warung makan yang mudah ditemukan dan menawarkan berbagai macam hidangan dan minuman segar. Hal ini memungkinkan pengunjung menikmati kuliner khas sambil menikmati keindahan air terjun.

Akses jalan juga nyaman dan terdapat rambu-rambu untuk membantu pengunjung menemukan jalan menuju tujuan.

Demikian penjelasan mengenai hal menarik yang ditawarkan Air Terjun Cimarinjung. Bisa dibilang air terjun ini cukup terkenal karena sudah diakui UNESCO meski letaknya terpencil.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button