Tempat Wisata

Air Terjun Cisarua Garut – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Rp 6.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukapurni, Kec. Cilawu, Cab.Garut, Jawa Barat; Map: verifikasi lokasi

Jawa Barat mempunyai banyak tempat wisata dengan air terjun yang bisa anda gunakan untuk bermain sepuasnya. Curug Cisarua misalnya, destinasi cantik ini menawarkan aliran air setinggi 50 meter. Ukurannya terbilang luar biasa dibandingkan kondisi alam lain pada objek serupa.

Selain itu, situs ini sendiri membentang di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, yang merupakan keunikan tersendiri untuk kelas wisata air terjun. Artinya, ketika berkunjung ke sini, Anda harus mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk bisa menyelesaikan jalur tanpa kendala berarti. Meski tidak sesulit perjalanan ke pegunungan, namun medannya penuh tantangan.

Secara umum, destinasi wisata alam yang mempesona ini sebenarnya memiliki banyak hal yang ditawarkan. Terutama karena fasilitas tersebut dapat dianggap sepenuhnya memenuhi kebutuhan dasar. Jadi jangan ragu untuk meluangkan waktu di sini dan menikmati manfaat hiburan sebanyak-banyaknya sebelum kembali ke rumah.

Daya tarik yang ditawarkan oleh Curug Cisarua

Objek Wisata Air Terjun CisaruaFoto: Google Maps/Gustian Ajiputra

✦ Air terjun yang indah

Curug Cisarua, sesuai dengan namanya, destinasi alam ini menghadirkan air terjun sebagai daya tarik utamanya. Air yang mengalir melalui tebing setinggi 50 meter ini pasti akan menggugah rasa penasaran para pelancong.

Apalagi bagi Anda yang memang mempunyai minat khusus terhadap wisata renang alam, kunjungan ke sini patut ditanggapi dengan serius. Saluran keluar airnya memang harus kuat, namun bukan berarti Anda tidak bisa merasa aman dan nyaman saat bepergian bukan?

✦ Tebing yang menjulang tinggi

Tak hanya airnya, tebing-tebing menjulang tinggi di kawasan hutan ini juga mampu memukau pengunjung. Pemandangannya begitu eksotik dengan kekokohan yang seolah tak lekang oleh waktu.

Lumut menutupi permukaan batu, namun bukannya membuatnya terlihat kotor, justru membuatnya semakin indah dan menambah daya tarik Curug Cisarua. Hampir di setiap sisi, di mana pun Anda mengharapkan wajah, pemandangan tidak dapat dipisahkan dari perbukitan, tebing, dan bebatuan.

Bahkan, saat Anda menengok ke dalam sungai, ada batu-batu dengan ukuran berbeda yang siap menyambut Anda. Keberadaan batu-batu tersebut dapat dimanfaatkan sebagai tempat istirahat atau relaksasi, selain sebagai spot foto yang estetis. Bagaimanapun, hal tersebut tentu tidak lepas dari keinginan Anda untuk menikmati waktu sebaik-baiknya sebelum pulang ke rumah dan melakukan rutinitas yang terkadang membosankan.

✦ Kesegaran alami

Berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, Air Terjun Cisarua diselimuti udara dingin. Nyatanya, suasana berbeda saat memasuki hutan, meski matahari sedang terik di perkampungan.

Terasa ajaib, namun tentunya masih bisa dijelaskan secara logika. Tak hanya lokasinya yang berada di atas bukit, namun banyaknya pepohonan di sekelilingnya juga menciptakan udara yang menyegarkan indra pernapasan.

Mungkin tempat mempesona ini bisa dilupakan, dijadikan tempat melakukan mediasi atau sekedar menghirup udara bebas polusi yang jauh dari perkotaan. Jadi segera datang dan penuhi saluran pernapasan Anda dengan udara sehat ini.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug CisaruaFoto: Google Maps/Gustian Ajiputra

Ingin liburan ke Curug Cisarua? Arahkan kemudi Anda menuju desa Suka Murni, bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Menggunakan pusat Kota Garut sebagai basis, dibutuhkan waktu setidaknya 45 menit untuk sampai ke kaki Gunung Cikuray di Kampung Kopi Patrol.

Tempat indah ini tersebar di dataran Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, Anda bisa membayangkan betapa indahnya pemandangan di sekitar!

Ingin mencobanya tapi kendaraan terbatas? Jangan khawatir, kabar baiknya air terjun mempesona ini bisa dicapai dengan kendaraan umum.

Karena lokasinya di Kecamatan Cilawu, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan tarif antara Rp 5.000 hingga 7.000. Biasanya angkot yang beredar di sekitar jalur tersebut berwarna biru dan putih. Pastikan tidak salah jalan, jika ragu tanyakan pada supirnya.

Hal ini akan membuat perjalanan semakin menyenangkan karena hanya tinggal menunggu waktu saja sebelum berhenti di tempat parkir air terjun. Selain keberadaan angkutan umum, sebenarnya penggunaan lahan pribadi tentu jauh lebih nyaman. Apalagi saat Anda bepergian bersama orang-orang terdekat. Jadi tidak ada salahnya untuk memikirkan tentang sewa mobil dan mengemudi sendiri!

Biaya masuk wisata alam

Khawatir jika Curug Cisarua menawarkan harga berstandar tinggi dengan segala pesona yang ditawarkan? Kabar baiknya, tidak ada biaya pengelolaan resmi, umumnya hanya biaya masuk sebesar Rp 6.000. Pada saat yang sama, pengunjung diperbolehkan menggunakan tempat parkir secara bebas tanpa membayar sepeser pun.

Anda bisa datang ke jam buka kapan saja 24 jam seminggu. Apakah Anda siap menjelajahi tempat indah ini?

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di Curug CisaruaFoto: Google Maps/Gustian Ajiputra

1. Berenang di kolam air terjun

Dengan alirannya yang jernih, Air Terjun Cisarua menjadi tempat yang menarik untuk berenang. Bawalah perlengkapan Anda dari rumah dan nikmati waktu terbaik di air terjun di tengah hutan ini.

Tak semua pengunjung sepertinya melewatkan momen menikmati segarnya air pegunungan, jadi jangan terlalu larut dalam suasana semarak ini. Karena apa yang kamu lakukan di kolam alami jika tidak menceburkan diri ke sungai?

Untuk menjadikan pengalaman Anda lebih baik lagi, jangan lupa membawa jaket pelampung yang sesuai. Meski pandai berenang, tak ada salahnya tetap waspada dan membawa perlengkapan pribadi. Namun, fakta bahwa kolam di sini terbentuk dari aliran sungai setinggi 50 meter tidak bisa diabaikan begitu saja karena arusnya yang cenderung deras.

2. Pendakian ke Air Terjun Cisarua

Alternatif lainnya, panjat tebing juga bisa dijadikan salah satu daftar aktivitas saat berkunjung ke tempat wisata eksotik di Kabupaten Garut ini. Letak air terjun yang mengalir di lereng bukit hingga ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut ini tentu menghadirkan tantangan tersendiri.

Selama perjalanan Anda akan menemukan banyak hal menarik khas suasana alam di pedesaan. Mulai dari sejuknya udara yang berhembus, sinar matahari yang menerobos celah-celah dedaunan dan dahan, hingga suara binatang-binatang hutan. Meski bukan satu-satunya kawasan pendakian, tempat ini pasti patut untuk dipertimbangkan!

3. Berburu foto

Berfoto, bisa dibilang, ini merupakan kegiatan wajib yang sering dilakukan oleh generasi Millenial dan Z saat berkunjung ke Curug Cisarua. Tanpa aktivitas mengabadikan momen, rasanya ada yang kurang dan mengganjal hati. Jadi, bawalah peralatan fotografi yang tepat untuk mengambil gambar yang menakjubkan.

Sebaliknya, menggunakan lensa HP tidak menjadi masalah meski Anda tidak bisa membawa kamera profesional tertentu. Apalagi smartphone masa kini rata-rata dibekali dengan fitur-fitur yang mirip dengan fitur pro.

Baik untuk selfie atau potret, aktivitas Anda harus terlihat dalam bingkai lensa. Meski tentu saja segalanya menjadi lebih berkesan bila kegiatan ini dibarengi dengan kemampuan fotografi yang keren.

Sebagai tip tambahan, jika Anda tidak memiliki keterampilan fotografi yang baik, sebaiknya undang orang lain, seperti teman atau rekan, yang dapat membantu Anda mendapatkan foto profesional.

4. Piknik di alam

Piknik juga bisa menjadi pilihan saat berwisata di tengah hutan. Meskipun Curug Cisarua memiliki fasilitas dasar, namun letaknya berada di area parkir. Artinya, selama Anda melintasi bukit menuju air terjun indah ini, Anda tidak akan menemukan apa pun selain isi hutan. Oleh karena itu, solusi bijaknya adalah memikirkan untuk membawa perbekalan berupa makanan ringan, makanan berat, atau roti.

Dengan begitu Anda tidak perlu bingung jika tiba-tiba merasa lapar dan haus saat bermain di Curug Cisarua. Ambil saja perbekalan yang sudah disiapkan, letakkan matras atau bantal misalnya, lalu makan dengan nyaman.

Untuk liburan yang dimulai dengan teman dekat, Anda bisa menyarankan setiap orang membawa menu berbeda. Aksi ini dimaksudkan untuk menghadirkan variasi dan keseruan di kalangan pertemanan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Air Terjun CisaruaFoto: Google Maps/Gustian Ajiputra

Meski Curug Cisarua bukan destinasi wisata alam populer di kawasan Garut, namun tetap memiliki fasilitas lengkap yang memikat pengunjung. Tak perlu khawatir, lokasi tersebut sebenarnya berada di tengah hutan di dataran tinggi, hanya saja masyarakat setempat berusaha mengelolanya dengan baik.

Ingin makan setelah lelah berjalan-jalan sepanjang hari? Cobalah mampir ke warung-warung sederhana yang menjual berbagai menu makanan cepat saji. Minuman mie cup misalnya, pasti terasa lebih nikmat karena cenderung dingin dalam suasana dingin.

Ingin mencoba suasana di kolam yang dibentuk oleh air terjun tersebut? Segera ambil posisi terbaik, lalu bilas di toilet terdekat. Apapun kebutuhan dasarnya, semua bisa dilakukan saat bermain di objek alam menakjubkan ini.

Baik itu makanan, pemandian, musala, atau tempat parkir, temukan kesenangan sebanyak mungkin dengan menggunakan semua fasilitas yang tersedia. Mengetahui kondisinya membuat semakin penting untuk memilih air terjun di Garut ini sebagai tujuan wisata bukan?

Harus diakui Curug Cisarua mempunyai keunikan tersendiri yang mungkin tidak dimiliki destinasi serupa lainnya. Anda tidak akan menyesal memilih kawasan ini untuk hiburan akhir pekan atau liburan. Ajaklah orang tersayang dan berlatihlah menikmati momen bersama hingga tubuh terasa lelah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button