Tempat Wisata

Air Terjun Cisarua, Pesona Air Terjun Indah dan Eksotis di Garut

Air Terjun Cisarua, Pesona Air Terjun Indah dan Eksotis di Garut

Curug Cisarua, air terjun cantik dan eksotis di Garut ini menawarkan keindahan alam dengan ketinggian air terjun 50 meter yang memukau para pengunjungnya.

Harga tiket: Rp6.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sukapuri, Kec. Cilawu, Kab. Map: Periksa lokasinya

Salah satu destinasi wisata di Kota Garut adalah Curug Cisarua. Ada beberapa destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi di kota Dodol ini antara lain Air Terjun Orok, Desa Wisata Sindang Kasih, Papandayan, Pantai Sayang Heulang, Air Terjun Sang Hyang Taraje, dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya.

Curug berarti air terjun dalam bahasa Sunda. Air terjun yang berada di Kabupaten Garut ini memiliki ketinggian 1.400 m di atas permukaan laut. Terletak di kaki Gunung Cikuray, jauh dari hiruk pikuk sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan wisata alam di tempat yang tenang.

Air terjun ini resmi dibuka untuk umum pada tahun 2016. Pada tahun 2017 lalu, rombongan dari Malaysia bahkan datang ke sini khusus untuk melihat air terjun indah ini.

Bahkan yang dari luar negeri pun sudah pernah melihat keindahan air terjun ini. Kita sebagai warga negara Indonesia patut berbangga dengan keberadaan air terjun indah ini. Jika Anda penasaran dengan pesona Air Terjun Cisarua, simak ulasannya di bawah ini.

Daya tarik Air Terjun Cisarua

Daya tarik Air Terjun CisaruaFoto oleh Gustian Ajiputra di Google Maps

1. Di kaki gunung tertinggi keempat

Air terjun cantik ini terletak di kaki gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Gede, dan Gunung Pangrango. Karena air terjun ini terletak di dalam hutan, akses jalan tidak terganggu dengan baik. Namun, hal ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

2. Nuansa natural tetap dipertahankan

Formasi batuan dengan struktur tanah liat berwarna coklat turut menambah kesan alami yang masih terjaga di Curug Cisarua. Pengunjung disuguhi pemandangan indah ladang pertanian warga dan hutan pinus sepanjang 1 km. Udara sekitar masih sangat bersih dan suhu udara sejuk.

3. Drainase air yang besar dan jernih

Aliran airnya konstan hampir sepanjang tahun, airnya sangat jernih karena berasal dari air pegunungan asli. Menurut pengunjung, airnya sangat dingin dan segar. Perasaan segarnya air langsung membuat semua orang ingin berenang di sana.

4. Area perkemahan

Karena letaknya yang masih alami dan berada di tengah hutan, kawasan sekitar air terjun juga cocok dijadikan tempat perkemahan. Pemandangan alam yang masih asri akan membuat pengunjung camping semakin tak terlupakan.

5. Air terjun setinggi 50 meter

Air Terjun Cisarua memiliki ketinggian sekitar 50 m dan aliran air yang cukup deras. Saking kuatnya, hembusan angin bisa dirasakan dari kejauhan.

Terdapat tebing hitam pekat di kedua sisi air terjun. Banyak terdapat batu-batu besar dan kecil di bak penampungan air dan juga di aliran air. Batuan ini biasanya dijadikan spot foto pengunjung.

6. Tracking untuk sampai ke lokasi air terjun

Pengunjung harus berjalan kaki sejauh 2 km dari tempat parkir untuk mencapai air terjun. Jalan yang harus dilalui terdiri dari bebatuan, persawahan, kawasan hutan pinus, dan ladang luas.

Bahkan jalur trekking yang perlu dilalui memiliki jembatan yang melintasi sungai. Jembatan ini terbuat dari batang kayu yang cukup unik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun CisaruaFoto Udin Syamsudin di Instagram

Alamat Air Terjun Cisarua berada di Desa Kopi Patrol, Kecamatan Cilawu, Garut, Jawa Barat. Jika anda datang dari kota Garut, anda harus menempuh jarak 23 km atau perkiraan waktu tempuh sekitar 50 menit dari Garut menuju Cilawu. Wisatawan dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi roda dua, empat, atau angkutan umum.

Rute dengan kendaraan pribadi adalah dari Garut menuju kabupaten Cilawu lalu menuju desa Sukadunia. Selanjutnya jalan menuju kampung Kopi akan anda temukan setelah anda menemui pertigaan yang terdapat pos patroli dengan tulisan menuju tempat parkir Ikuti tanda panah.

Untuk menuju Air Terjun Cisarua, Anda dapat menggunakan angkutan umum dari Terminal Garut lalu naik angkutan umum menuju Cilawu. Anda juga bisa naik angkutan umum menuju Tasik lalu berhenti di pertigaan ojek Bojoloa. Perjalanan dilanjutkan dengan ojek yang mengantarkan wisatawan menuju kawasan Air Terjun Cisarua.

Biaya masuk dan jam buka

Pembahasan yang tidak kalah pentingnya adalah harga tiket masuk Air Terjun Cisarua. Faktanya, tidak ada harga resmi yang dibebankan kepada pengunjung oleh pihak pengelola.

Namun menurut pengunjung yang sudah datang, harus membayar Rp 6.000 per orang, sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Namun ada juga pengunjung yang tidak perlu membayar tiket masuk untuk memasuki kawasan air terjun eksotis ini karena tidak ada pengelola di loket saat tiba. Hal ini mungkin disebabkan karena tidak banyak pengunjung yang datang atau karena mereka datang pada hari kerja dibandingkan hari libur.

Waktu kunjungan yang paling ramai adalah pada akhir pekan yaitu hari Sabtu dan Minggu, paling ramai adalah hari Minggu karena wisatawan mempunyai waktu yang lama untuk bermain di kawasan air terjun, sedangkan wisatawan yang ingin berkemah biasanya datang pada hari Sabtu.

Air Terjun Cisarua buka 24 jam sehari, setiap hari. Kenapa bisa buka 24 jam karena ada juga pengunjung yang berkemah di air terjun ini? Waktu terbaik untuk berwisata adalah pada pagi hari saat udara masih sangat sejuk dan segar.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Curug CisaruaFoto oleh Curug Cisarua Garut di Facebook

Jalan sehat atau tracking

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan pengunjung setelah sampai di Air Terjun Cisarua adalah jalan sehat atau mendaki. Pengejaran dari pintu masuk ini memakan waktu kurang lebih 25 menit.

Jalur trekking di air terjun eksotik ini menjadi daya tarik tersendiri karena selama perjalanan pengunjung dapat melihat persawahan, perkebunan kopi, hutan pinus dan kawasan hutan yang landai.

Sepeda

Pengunjung yang datang dengan sepeda downhill atau sepeda yang cocok untuk digunakan di daerah pegunungan dapat menikmati bersepeda di jalan setapak.

Medeni yang cukup sulit untuk dilewati tentunya akan menawarkan pengalaman yang cukup seru dan menantang. Setelah sudah nyaman bersepeda, Anda bisa langsung bermain air setelah sampai di air terjun.

Bermain di air

Siapa yang mau ketinggalan bermain air saat mengunjungi air terjun? Tujuan utama wisatawan datang ke air terjun ini adalah untuk merasakan segarnya air yang mengalir di Curug Cisarua.

Pengunjung yang berkunjung ke kawasan air terjun antara lain harus berhati-hati untuk tidak mandi langsung di bawah air terjun karena berbahaya.

Untuk tetap merasakan gemercik airnya, pengunjung bisa mendekati air terjun. Kegiatan bermain air antara lain berendam, berenang, dan membasuh anggota tubuh dengan air mengalir. Tentunya jangan lupa membawa baju ganti untuk pakaian terakhir.

Waktu penyembuhan di Curug Cisarua

Aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan saat berlibur di alam adalah menenangkan diri atau bersantai. Melihat keindahan air terjun, hijaunya pepohonan, dan hitamnya tebing mampu menyegarkan mata.

Air Terjun Cisarua letaknya jauh dari kebisingan kendaraan biasanya, sehingga pengunjung di sini hanya bisa mendengar suara alam saja.

Selfie

Bersantai sambil mengabadikan momen liburan memang bisa menjadi salah satu kegiatan yang menarik, apalagi jika Anda berwisata bersama keluarga, sahabat atau kerabat.

Spot foto menarik di Wisata Air Terjun Garut adalah di depan air terjun, di atas bebatuan, di jalur pendakian dan di sepanjang aliran air. Ekspor semua pose untuk membuat foto Instagrammable.

berkemah

Jika Anda memiliki area yang cukup luas di sekitar sungai, Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat perkemahan. Aktivitas kita menjadi lebih seru jika dilakukan bersama-sama. Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup karena lokasi air terjun ini jauh dari warung dan keramaian. Sebelum Anda pergi berkemah, pastikan Anda memiliki daftar apa yang Anda butuhkan.

Jangan lupa membawa pakaian hangat karena suhu akan lebih dingin di malam hari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Harga tiket Curug Cisarua GarutFoto oleh M. Zainuddin di Google Maps

Dinas Pariwisata Kabupaten Garut mengakui Air Terjun Cisarua belum mendapat perhatian khusus dari pemerintah, meski potensi wisatanya sudah diketahui.

Manajemen juga berencana menambah sejumlah fasilitas seperti arung jeram dan jeram, namun masih menunggu investor.

Namun sejumlah fasilitas umum di air terjun cantik ini sudah tersedia, antara lain tempat parkir, musala, toilet atau tempat mandi, serta warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Banyak pengunjung yang mengatakan bahwa air terjun indah ini merupakan pesona alam yang masih tersembunyi dan juga sangat alami karena belum mendapat perhatian khusus. Pihak pengelola dan pemerintah saat ini fokus memperbaiki jalan menuju kawasan air terjun dan juga jalur pendakian.

Nah itulah ulasan Air Terjun Cisarua dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pesona alam yang masih asri menjadi daya tarik tersendiri dari air terjun ini, sehingga pengunjung yang memang ingin mencari tempat yang belum banyak dikunjungi wisatawan bisa datang langsung ke air terjun yang mempesona ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button