Tempat Wisata

Air Terjun Ciupang Pesawaran – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Air Terjun Ciupang di Pesawaran memukau dengan keindahan alamnya yang eksotis dan airnya yang jernih, menawarkan suasana alam yang sejuk dan menyejukkan bagi pengunjung yang mencari kedamaian dan keindahan alam yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sumber Jaya, Kec. Way Ratai, Kab. Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Ciupang merupakan salah satu tempat wisata alam di Pesawaran, Lampung. Keindahan alam yang dihadirkan sungguh natural dan sangat memanjakan mata. Benturan air terjun pada bebatuan yang bertingkat semakin menambah eksotisme air terjun tersebut. Apalagi dibalut dengan nuansa yang sangat sejuk dan alami.

Tempat wisata ini sangat cocok dijadikan tujuan liburan bersama rombongan. Baik bersama keluarga maupun bersama teman. Tak heran jika keindahannya menarik banyak wisatawan dari berbagai penjuru. Apalagi di hari libur nasional, suasana wisata ramai dikunjungi pengunjung.

Jika Anda berada di Provinsi Lampung, luangkan waktu untuk mengunjungi objek wisata alam ini. Selain aksesibilitasnya yang mudah, pemandangan yang ditawarkan juga sangat menyejukkan jiwa.

Perasaan alami ini tidak akan Anda temukan di perkotaan. Oleh karena itu, buktikan langsung pesona Air Terjun Ciupang.

Daya tarik Air Terjun Ciupang

Daya Tarik Air Terjun CiupangFoto: Google Maps/Yeol 99

Suasana alam yang sejuk

Letak air terjun yang berada di kawasan tinggi yang ditumbuhi hutan alam membuat udara di tempat wisata ini sangat segar. Suasana alamnya juga sejuk. Setiap wisatawan yang mengunjungi kami bisa merasakan seperti menghirup udara segar, bebas polusi.

Demi menjaga kelestarian kondisi alam, setiap wisatawan yang berkunjung wajib untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan. Meski tanpa pengawasan video, rasa percaya diri untuk mencintai alam tetap perlu diperkuat.

Air terjun jernih

Daya tarik dari melimpahnya Air Terjun Ciupang adalah tidak langsung masuk ke kedalaman. Sebaliknya, ia memecah bebatuan yang memiliki undakan. Jadi sensasi pemandangannya sungguh menakjubkan untuk dilihat.

Percikan air yang memecahkan batu-batu itu menjadi seperti embun atau kabut. Apalagi saat terkena sinar matahari. Menciptakan pembiasan sehingga spektrum warna tampak seperti pelangi. Pemandangan ini sungguh mengesankan dan sayang untuk dilewatkan.

Terdapat tebing-tebing yang menjulang tinggi

Anda akan melihat tebing-tebing menjulang tinggi mengelilingi air terjun indah ini. Kondisinya yang kokoh dengan warna abu-abu tua semakin menambah eksotisme tebing tersebut. Ada juga kilau kehijauan yang disebabkan oleh lumut yang menempel di bebatuan.

Anda dapat menggunakannya sebagai latar belakang untuk mengambil foto. Selain itu, di depan tebing terdapat pemandangan indah air yang mengalir dari ketinggian sekitar 15 meter. Tentu saja menimbulkan sensasi yang berbeda. Anda juga bisa menikmati sensasi percikan air.

Tangga batu

Untuk menuju Air Terjun Ciupang, pengunjung harus menaiki beberapa anak tangga yang terbuat dari batu sungai. Keberadaan tangga ini sangat kokoh. Kalaupun banyak pengunjung yang melewatinya, keberadaannya tidak akan terpengaruh sedikit pun.

Bahkan, banyak pengunjung yang memanfaatkan tangga tersebut sebagai spot foto. Alasannya tak lain karena keindahan tangganya yang terbuat dari batu alam dan warna-warni yang indah.

Namun, Anda tetap harus berhati-hati. Apalagi saat sedang ramai pengunjung. Tidak disarankan untuk menjadi terlalu bergaya. Selain berbahaya karena posisinya sebagai tangga, ia juga dapat mengganggu perjalanan pengunjung lain. Jadi pastikan Anda memiliki suasana yang tepat saat tidak ramai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun CiupangFoto: Google Maps/Fia

Air Terjun Ciupang terletak di Dusun Purwajaya, Kecamatan Padang Cermin. Yakni salah satu kecamatan di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Bandar Lampung.

Jarak dari pusat kota pun tidak terlalu jauh yakni sekitar 57 kilometer. Akses menuju lokasi dapat dilakukan dengan kendaraan bermotor maupun roda empat dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Kondisi jalan menuju air terjun yang banyak dicari wisatawan ini sudah beraspal. Lokasinya berada di kawasan perumahan. Jadi kawasannya tidak terlalu sulit untuk dijangkau.

Rute yang bisa Anda pilih jika memulai dari pusat kota Bandar Lampung adalah langsung arah Jl. Laksamana RE Martadinata. Selanjutnya mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan Lempasing dan lokasi Pantai Ratu Artha.

Lanjutkan perjalanan hingga sampai ke Jl. Raya Way Ratay dan dengan adanya Pantai Klara. Hingga tiba di pertigaan Padang Cermin, ikuti arah kendaraan dan belok kanan menuju Pasar Umbul Keluih dan Pasar Umbul.

Dari lokasi Pasar Umbul Keluih menuju Desa Sumberjaya dengan jarak sekitar 5,6 kilometer. Anda kemudian akan mengarahkan kendaraan menuju Dusun Purwajaya dimana air terjun berada. Anda cukup mengikuti penunjuk arah dan berjalan melewati kawasan desa melalui jalan setapak yang cukup baik.

Biaya masuk Air Terjun Ciupang

Setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Ciupang akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan wisatawan yang membawa kendaraan harus membayar tambahan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Untuk mengunjungi air terjun indah ini Anda bisa datang kapan saja sepanjang hari. Karena lokasi ini buka 24/7.

Aktivitas seru di Air Terjun Ciupang

Aktivitas seru di Air Terjun CiupangFoto: Google Maps/Ujang Rozali

1. Jelajahi hutan

Air Terjun Ciupang ditumbuhi pepohonan hijau yang tinggi dan subur. Oleh karena itu, nuansa hutan masih terasa di tempat ini. Apalagi jika mendengar kicauan burung atau suara binatang khas hutan, termasuk jangkrik atau katak. Tentu saja suasana alam masih bisa dirasakan dengan sangat jelas.

Jadi Anda bisa menjelajahi hutan. Namun, jangan lupa untuk selalu berhati-hati. Agar lebih aman, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar mengenai keberadaan kawasan hutan ini.

2. Nikmati air terjun

Aliran air terjunnya tidak terlalu deras. Namun pesona keindahannya yang menembus bebatuan bertingkat membuat sensasi air terjun semakin menakjubkan.

Wisatawan bisa menikmati kesegaran air terjun dengan bermain air atau berfoto di bawah air terjun. Jangan lewatkan suasana ini. Dinginnya air pasti terasa saat sampai di Air Terjun Ciupang.

3. Bersantai di bebatuan

Di sekitar air terjun ini terdapat bebatuan yang cukup banyak dan berukuran besar. Anda bisa menjadikannya tempat bersantai. Duduklah di atas bebatuan sambil mencelupkan kaki ke dalam air yang mengalir, hirup udara segar dalam-dalam, dan nikmati pemandangan alam.

Kegiatan ini cukup membuat jiwa semakin tenteram dan tenang. Pikiran Anda akan segar kembali. Upaya mengumpulkan pekerjaan agak terlupakan. Ya, tujuan berwisata ke air terjun ini adalah untuk merasakan kebahagiaan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan penatnya kehidupan sehari-hari untuk saat ini.

4. Piknik

Kemungkinan besar Anda tidak akan menemukan penjual makanan atau warung apa pun di lokasi Air Terjun Ciupang. Oleh karena itu, Anda bisa menyiapkannya dari rumah atau membelinya saat bepergian.

Setelah sampai di lokasi pasti akan merasa haus atau lapar karena medan menuju lokasi cukup menguras tenaga. Hal ini memungkinkan Anda untuk menikmati makanan atau minuman yang Anda bawa sambil juga menikmati pemandangan sekitar wisata.

Bisa dikatakan kegiatan ini merupakan cara baru dalam piknik. Apalagi jika Anda mengundang rombongan besar atau keluarga. Suasana piknik dan wisata menyusuri jalan setapak akan terasa semakin seru dan mengasyikkan.

5. Ambil foto selfie

Berkunjung ke suatu tempat wisata rasanya sangat tidak menyenangkan jika tidak mengambil foto atau memotret. Ini bisa dijadikan pengingat di masa depan. Menjadi bukti bahwa Anda pernah mengunjunginya.

Nah, ada spot foto di Air Terjun Ciupang yang tak kalah eksotisnya. Ini termasuk lanskap dengan air terjun mengalir yang menghasilkan percikan seperti embun, bebatuan besar, atau lanskap alam hijau.

Anda juga bisa mengabadikan momen liburan dengan membuat video. Kehadiran menara observasi di lokasi air terjun dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan pemandangan alam yang indah dari ketinggian. Jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan kamera yang sesuai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun CiupangFoto: Google Maps/Akhmad Sofyan

1. Tempat parkir

Wisatawan yang ingin memarkir kendaraan pribadinya tidak perlu khawatir. Tersedia tempat parkir yang memadai. Anda dapat dengan nyaman memarkir kendaraan Anda pada arah yang ditentukan agar terlihat lebih rapi.

2. Kamar mandi

Meski fasilitasnya belum terlalu lengkap, namun kamar mandi dan toilet sudah cukup memadai. Wisatawan yang mengunjunginya dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhan individu masing-masing. Salah satunya adalah berganti pakaian setelah basah kuyup saat bermain air.

3. Sudut pandang

Di lokasi air terjun ini terdapat titik pandang yang bisa digunakan untuk mengambil foto dengan sudut kamera yang tepat. Anda juga bisa membuat konten dalam bentuk video. Posisi sudut pandang yang tinggi memberi Anda pandangan lebih jelas.

Demikian ulasan mengenai tempat wisata Air Terjun Ciupang yang memiliki beberapa keindahan yang ditawarkan. Meski hanya dikelola oleh penduduk setempat, namun pesona keindahan air terjun ini mampu memukau mata. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat wisata santai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button