Tempat Wisata

Air Terjun Ciupang, Pesona Air Terjun Indah dan Eksotis di Pesawaran

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sumber Jaya, Kec. Way Ratai, Kab.Pesawaran, Lampung; Map: Periksa lokasinya

Air terjun merupakan tempat wisata yang masih menjadi destinasi menarik, salah satunya adalah Air Terjun Ciupang. Tempat ini terletak di sebuah desa di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Layaknya suasana pedesaan, udaranya sejuk dan segar, pepohonan hijau berjejer tak beraturan, serta air bersih mengalir ke sawah dan persawahan.

Kondisi ini terasa begitu kental namun sangat alami, belum tersentuh polusi dan limbah pabrik yang merusak alam. Oleh karena itulah kebosanan dalam kehidupan sehari-hari akan cepat hilang jika berlibur dengan mengusung tema alam yaitu air terjun.

Liburan akan semakin seru dan menarik jika berwisata ke Curug Ciupang ditemani panorama alam yang indah dan eksotik. Meski perjalanan menuju tempat tujuan cukup jauh, namun perjalanan akan terasa dekat jika perjalanan diiringi dengan suasana alam yang asri.

Daya tarik Air Terjun Ciupang

Daya Tarik Air Terjun CiupangFoto oleh Andika Eka di Google Maps

Setiap tempat wisata mempunyai daya tarik tersendiri: pantai dengan ombak dan pasir putih, gunung atau bukit dengan keindahan alam pepohonan, udara sejuk dan lain sebagainya. Sama seperti Air Terjun Ciupang, destinasi wisata ini juga memiliki daya tarik yang membuat wisatawan ketagihan untuk berkunjung dan tidak mudah melupakan pengalaman yang ada.

✦ Tebing tinggi yang menjulang tinggi

Mendaki gunung atau bukit dengan melihat tebing merupakan hal lumrah yang sering dilakukan masyarakat. Namun pemandangan tebing-tebing yang menjulang tinggi dengan air terjun di sekelilingnya merupakan sebuah fenomena alam yang mengesankan dan memanjakan setiap mata yang melihatnya.

Hal inilah yang menjadi daya tarik destinasi wisata ini. Pepohonan hijau dan bebatuan yang ditumbuhi lumut membuat tebing tersebut terlihat semakin kokoh. Air yang mengalir turun dari bukit memberikan kesegaran dan kesejukan bagi setiap pengunjung.

Banyak wisatawan lokal maupun domestik yang tertarik ke tempat ini karena tebingnya yang menjulang tinggi. Semakin tinggi Anda mengangkat kepala, semakin kecil dan lemah penampilan Anda sebagai pribadi. Pengunjung tak ingin meninggalkan momen indah di sana, sehingga banyak yang mengabadikannya dengan berfoto dan merekam fenomena alam di Air Terjun Ciupang.

✦ Udara sejuk dan segar

Kehidupan kota terasa begitu padat, udaranya panas dan mudah menimbulkan rasa bosan dan penat. Sebab, mereka kehilangan banyak hal dalam hidupnya, termasuk keterasingan dari alam. Di kota sangat sedikit pepohonan hijau, banyak pabrik, dan jauh dari pegunungan atau perbukitan, sehingga selalu ada suasana seperti di atas dalam kehidupan mereka.

Berbeda dengan kehidupan pedesaan, banyak pepohonan hijau yang menjulang tinggi, udara bebas polutan membuat suasana hidup semakin bergairah dan bergairah. Berikut kondisi di Air Terjun Ciupang : Udara sejuk dan segar, air bersih alami tanpa kaporit mengalir ke sungai, otomatis menghilangkan penat, lemas dan kurang semangat selama perjalanan.

Nuansa seperti itu sangat dirindukan oleh mereka yang tinggal di perkotaan. Naluri manusia juga memerlukan kedamaian, ketenangan dan kesegaran dalam diri. Maka tak heran jika air terjun cantik ini dijadikan salah satu alternatif tempat wisata bagi mereka yang tinggal di perkotaan.

✦ Batuan yang indah dan eksotik

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika Anda sedang berpetualang mendaki gunung atau bukit dan menemukan atau melihat bebatuan yang berbeda-beda di sepanjang perjalanan. Namun bebatuan indah dan eksotik di Air Terjun Ciupang terlihat benar-benar nyata dan tertata indah. Hal ini juga yang menjadi daya tarik tempat ini karena dalam perjalanan menuju air terjun terdapat batu-batuan.

Ketika akhirnya sampai di lokasi, batu-batu tersebut tersusun begitu rapi, seolah-olah dibuat oleh seorang arsitek profesional. Banyak wisatawan lokal maupun domestik yang mengabadikan pemandangan ini dengan mengambil foto dalam pose terbaiknya. Tentu saja untuk menambah koleksi foto di akun media sosialnya. Ada juga youtuber yang merekam bebatuan indah dan eksotik tersebut untuk membuat konten menarik di sana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun CiubangFoto oleh Fia di Google Maps

Air Terjun Ciupang terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Jarak dari kota Bandar Lampung menuju tempat ini sekitar 57 km sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 120 menit. Dari Kota Bandar Lampung menuju Jalan Laksamana RE Martadinata lalu melewati tempat pelelangan ikan di Lempasing dan Pantai Ratu Artha.

Selanjutnya masuk ke Jalan Raya Way Ratay dan melewati Pantai Klara. Sepanjang perjalanan jalan aspal mulus tidak ada lubang yang berarti. Namun saat Anda memasuki desa dan mendekati tempat tersebut, jalan yang Anda lalui terbuat dari tanah dan batu-batu kecil.

Jika tidak, jalan ini hanya bisa diakses oleh sepeda motor atau mobil saja. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan sepeda motor untuk berkunjung ke sana. Meski menggunakan mobil bersama keluarga, Anda harus lebih bersabar saat berkendara, terutama saat bepergian di desa-desa terdekat.

Biaya masuk dan jam buka

Berlibur ke tempat wisata alam memang selalu tidak memakan banyak biaya, apalagi tiket masuknya. Harga tiket Curug Ciupang juga hanya Rp 5.000 saja per orang. Bagi yang menggunakan mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000, sedangkan untuk sepeda motor hanya Rp 10.000. 2.000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola situs.

Tempat wisata ini buka setiap hari atau sepanjang hari, sedangkan buka 24 jam sehari. Dengan demikian, memberikan kesempatan kepada wisatawan lokal, domestik, dan asing untuk berkunjung kapan saja dan sesuai dengan waktu senggangnya.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Air Terjun CiupangFoto oleh Ujang Rozali di Google Maps

Hal selanjutnya yang perlu kamu ketahui, aktivitas menarik apa saja yang bisa kamu lakukan di Air Terjun Ciupang? Hal ini penting untuk diketahui agar berbagai persiapan dapat dilakukan dan tidak timbul kesulitan saat bepergian maupun di lokasi. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan selama menginap!

1. Mandi dan bermain air

Kegiatan ini sangat digemari pengunjung karena merasa lelah, lemas, kenyang dan bosan sepanjang perjalanan serta debu yang menempel membuat mereka tercekik. Solusi tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mandi dan bermain air di Air Terjun Ciupang. Air yang berasal dari pegunungan dan jatuh dari perbukitan akan memberikan kesegaran alami, rasa airnya yang dingin dan segar, serta udara yang sejuk akan menambah semangat dan gairah yang hampir hilang.

Jangan khawatir kulit Anda terkelupas saat mandi atau bermain air karena tidak mengandung klorin. Kesegarannya semakin terasa saat tubuh Anda berada di bawah air yang mengalir ke bawah. Banyak orang yang mengabadikan aktivitas menarik ini, ada yang mandi dan bermain air, teman atau anggota keluarganya berfoto dengan kamera atau ponsel yang dibawanya.

2. Menunggu Sunset atau Sunrise di Air Terjun Ciupang

Anda tidak hanya bisa menyaksikan matahari terbenam atau matahari terbit di pantai saja, tetapi Anda juga bisa menyaksikan matahari terbenam atau matahari terbit di Air Terjun Ciupang di sana. Karena letak air terjunnya yang berada di perbukitan, menjadi sebuah keuntungan jika bisa mengamati kedua fenomena alam tersebut.

Selain itu, tempat ini dilengkapi gardu induk untuk memudahkan wisatawan yang ingin melihat dan menunggu matahari terbenam atau terbit. Dari terang benderang, senja, hingga gelap gulita, dan dari gelap gulita hingga terang benderang, menjadi sebuah keindahan alam yang menarik untuk diabadikan.

Kegiatan ini juga sering dilakukan oleh para wisatawan, karena para pecinta alam atau mereka yang ingin dekat dengan alam selalu menemukan tempat-tempat indah dan menarik serta momen-momen indah untuk diabadikan.

3. Jelajahi hutan

Aktivitas menarik lainnya adalah menjelajahi hutan lebat, medan yang menantang namun tidak berbahaya. Sebab jarak tiket masuk Air Terjun Ciupang sekitar 15 hingga 20 menit.

Namun perjalanan Anda tidak akan terasa karena udara sejuk dan segar disertai suara gemericik air akan menemani perjalanan Anda. Perhatikan langkah Anda, terutama saat melintasi sungai yang bebatuannya licin dan menaiki tangga yang mulai berlumut.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun CiupangFoto oleh Akhmad Sofyan di Google Maps

Selain berbagai hal di atas, fasilitas pendukung yang tersedia di Air Terjun Ciupang yaitu tempat parkir yang aman dan nyaman, toilet darurat, dan gardu pandang. Berbagai fasilitas penunjang yang ada masih dikelola oleh masyarakat setempat sehingga masih terkesan biasa saja dan tidak terlalu mewah.

Namun hal tersebut tidak mengurangi keindahan destinasi wisata alam yang indah dan eksotik di air terjun tersebut. Selain fasilitas di atas, objek wisata cantik ini juga menawarkan Musuhola bagi yang ingin menunaikan ibadah. Namun lokasinya bukan di sekitar air terjun, melainkan di tempat parkir kendaraan.

Mengunjungi tempat wisata alam seperti Curug Ciupang memang selalu menarik. Pasalnya berbagai atraksi yang ditawarkan dan aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana menjamin pengalaman seru dan mengasyikkan. Selain itu juga meninggalkan kesan yang mendalam, apalagi jika dekat dengan alam.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button