Berita Wisata

Air Terjun Coban Lanang Alternatif Wisata Kota Batu Murah Meriah

TRIBUNMATARAMAN.COM – Bagi Anda yang menyukai wisata alam, destinasi wisata di Kota Batu yang satu ini tidak boleh Anda lewatkan: Wisata Air Terjun Coban Lanang.

Wisata Air Terjun Coban Lanang merupakan destinasi wisata yang terletak di Jl. Bromo, Dusun Ngujung, Kecamatan Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Untuk mencapai lokasi air terjun Coban Lanang, Anda dapat menempuh perjalanan 50 menit atau 22 kilometer dari kota Malang.

Baca Juga: Keindahan Danau Kawah Hijau Ruby Gunung Kelud

Akses jalan menuju tempat wisata sudah beraspal, dapat digunakan kendaraan roda dua atau empat.

Dalam perjalanan menuju lokasi, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan, di kanan kirinya terdapat areal perkebunan mawar dan hamparan sawah yang sangat luas. Anda bisa menempuh jarak sekitar 1 kilometer dari jalan raya.

Tarif masuk ke Air Terjun Coban Lanang sangat murah, Rp 10.000 per orang. Buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 17:00 WIB.

Untuk menuju Air Terjun Coban Lanang harus melewati Jembatan Colajung yang terbuat dari bambu, di Jembatan Colajung ini terdapat spot selfie yang instagramable sambil menikmati aliran Sungai Kali Lanang yang deras dan dingin.

Setelah melewati jembatan colajung, Anda harus berjalan lagi sejauh 20 meter. Jalan akses telah diaspal dengan hati-hati. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan menuju air terjun saat musim hujan.

Pengunjung harus menuruni 56 anak tangga dengan kondisi tersemen.

Setelah menaiki 56 anak tangga, pengunjung akan merasakan suasana air terjun Coban Lanang yang tenang dan sejuk.

Disebut Coban Lanang karena sumber air terjun ini berasal dari Sungai Kali Lanang yang dihubungkan oleh Sungai Brantas.

Pengunjung dapat menikmati keindahan Air Terjun Coban Lanang dari berbagai sisi, mulai dari depan, belakang, dan atas.

Selain itu, di Air Terjun Coban Lanang terdapat bebatuan besar berwarna hitam dan tersedia 4 buah bangku untuk pengunjung yang ingin merasakan hangatnya air Air Terjun Coban Lanang. Tingginya diperkirakan sekitar 15 hingga 20 meter.

Air Terjun Coban Lanang sangat bersih dan pengunjung sangat menjaga kebersihan di sekitar lokasi terbukti dengan tidak adanya sampah yang berserakan.

Fasilitasnya sangat lengkap, bagi pengunjung yang membawa anak kecil tersedia kolam renang anak gratis, ada juga gazebo untuk bersantai, mushola dan kamar mandi bersih, parkir motor dan mobil, kantin dan ada beberapa tempat baru tersedia, masih dalam pengembangan.

(Septyana Cahyani Eka Saputri/tribunmataraman.com)

editor: eben haezer

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button