Tempat Wisata

Air Terjun Coban Pelangi: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti Malang, ada satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan yaitu Air Terjun Coban Pelangi.

Air Terjun Coban Pelangi adalah air terjun indah yang terletak sekitar 32 km sebelah timur kota Malang. Airnya yang alami, sejuk dan bersih memberikan kesan damai. Air terjun ini bisa diakses melalui kota Malang dalam perjalanan menuju Gunung Bromo. Temukan tempat-tempat pegunungan yang indah, panorama yang indah, pemandangan apel dan sayuran yang mengesankan. Air terjun ini terletak di sebuah desa bernama Gubuk Klakah yang termasuk dalam Kecamatan Poncokusumo. Pengunjung akan menikmati udara segar, pemandangan alam dan tentunya air terjun yang indah. Banyak pengunjung atau turis yang datang ke tempat ini, baik penduduk setempat maupun dari luar kota. Tempat wisata ini cocok untuk Anda dan keluarga yang menyukai alam dan suasana pegunungan yang sejuk.

Dikelola oleh Perum Perhutani Malang, air terjun ini dikelilingi pepohonan yang hijau dan asri membuat suasana di sekitar air terjun sangat menyegarkan mata. Karena lokasinya yang berada di ketinggian 1.400 mdpl, udara di sekitar air terjun sangat dingin, bahkan suhu terendah yang pernah ada adalah 19 derajat Celcius. Keadaan alam di Coban Pelangi sendiri masih sangat alami karena belum banyak disentuh tangan manusia. Saat pertama kali tiba di tempat ini, Anda akan disambut oleh kicauan burung yang merdu dan hiruk pikuk hewan liar yang hidup di dalam hutan di kawasan ini. Pemandangan yang sangat eksotik dan indah ini sangat memanjakan mata kita, apalagi udara disana sangat bersih dan jauh dari polusi seperti di kota-kota.

Fasilitas di Air Terjun Coban Pelangi

Jika Anda datang ke tempat ini, jangan khawatir, sudah ada beberapa fasilitas penunjang pengunjung yang disediakan oleh pihak pengelola, seperti:

– tempat perkemahan

Jika Anda ingin menginap tetapi tidak ingin menginap di penginapan, Anda dapat membawa peralatan berkemah dan kemudian mendirikan kemah di lokasi yang disediakan oleh Manajemen. Berkemah menambah keseruan karena Anda bisa bersantai, bercanda dengan teman sambil menikmati api unggun.

– Area parkir

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa gerbong, masalah parkir tidak perlu lagi dikhawatirkan karena lahan parkir di sini cukup luas untuk menampung beberapa bus dan ratusan mobil atau motor pengunjung.

– Kamar untuk menginap

Ada juga beberapa tempat menginap di kawasan Air Terjun Coban Pelangi, mulai dari harga yang murah hingga yang cukup mahal. Tapi tempatnya dijamin nyaman.

– Kantin atau tempat makan

Tentunya jika Anda tidak sempat menyiapkan makanan dan minuman, Anda bisa menemukan warung di sana yang menjual makanan ringan atau minuman dan aneka makanan dengan harga yang sangat terjangkau.

– Tempat peristirahatan umum

Di beberapa tempat tempat ini telah disediakan beberapa kamar mandi atau WC umum bagi pengunjung ketika ingin mencuci tangan atau buang air kecil.

Berburu foto di Air Terjun Coban Pelangi

Bagi Anda yang hobi fotografi, Anda bisa memanjakan hasrat fotografi Anda di tempat ini. Ada banyak tempat menarik yang bisa Anda manfaatkan, seperti beberapa kebun buah yang ada di objek wisata ini. Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang pepohonan di hutan atau juga ketika Anda menemukan hewan liar bersama keluarga atau teman Anda. Jika lebih suka menghabiskan waktu di dekat air terjun, Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan sekitar dan berfoto di antara bebatuan di bawah air terjun. Lebih baik lagi jika Anda membawa kamera anti air agar kamera Anda tidak rusak jika terkena air terjun.

Baca juga: Taman Wisata Senaputra, Berwisata sambil mengamati seni budaya

Akses jalan menuju Air Terjun Coban Pelangi

Itinerary yang bisa Anda tempuh dimulai dari kota Malang. Dari pusat kota Anda perlu naik angkutan umum menuju Terminal Arjosari setelah sampai di terminal kemudian dilanjutkan ke Pasar Tumpang dengan angkutan umum lainnya. Setelah itu anda bisa menyewa truk atau jeep untuk melanjutkan perjalanan menuju desa Hut Klakah yang merupakan obyek wisata. Letak Coban Pelangi, atau bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, dengan rute yang sama yaitu kota Malang – Pasar Tumpang – desa Gubuk Klakah. Pintu masuk wisata Coban Pelangi berada di sisi kanan jalan. Setelah memasuki pintu masuk air terjun, Anda harus berjalan 1 km menuruni jalan setapak yang curam untuk sampai ke titik utama Air Terjun Pelangi.

Biaya masuk ke Air Terjun Coban Pelangi

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam Operasional Air Terjun Coban Pelangi

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan ke Air Terjun Coban Pelangi

Jadikan liburan Anda dan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas di Air Terjun Coban Pelangi. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Coban Pelangi adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Coban Pelangi bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan nyaman dan bebas stres di Air Terjun Coban Pelangi.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Coban Pelangi.

Galeri foto Air Terjun Coban Pelangi

Air Terjun Coban Pelangi
berburu foto
Akses jalan menuju air terjun
Jembatan menuju air terjun
pengunjung
Tempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button