Tempat Wisata

Air Terjun Efrata, surga alam eksotis yang tersembunyi di Samosir

Air Terjun Efrata yang tersembunyi di antara dua bukit menampilkan eksotisme alam Samosir yang luar biasa dan menawarkan pengalaman surgawi yang tak terlupakan

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Sozor Dolok, Kec. Setiap hari, distrik. Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Beberapa dari Anda mungkin mengetahui nama pulau Samosir. Pulau ini selalu mampu menawarkan atraksi wisata alam yang menakjubkan.

Salah satunya adalah kawasan wisata di Danau Toba yang sangat terkenal dan populer di kawasan Asia. Namun tidak hanya Danau Toba saja, air terjun Efrata juga terdapat di sana.

Air terjun ini merupakan tempat wisata di Samosir yang sangat indah dan cukup populer, walaupun tidak sepopuler Danau Toba.

Air terjun yang mampu menyuguhkan keindahan alam yang begitu menakjubkan hingga membuat Anda terpesona. Oleh karena itu, tempat wisata ini terus menarik pengunjung.

Bagi Anda yang sangat suka berlibur ke tempat wisata Air Terjun Efrata, mengunjungi air terjun ini adalah keputusan yang tepat.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Di sini Anda akan menemukan keindahan dan keseruan yang pastinya tidak akan Anda temukan di tempat wisata lainnya. Maka dari itu, ketika hari raya sudah dekat, anda wajib segera menuju tempat ini.

Daya tarik Air Terjun Efrata

Atraksi di Air Terjun EfrataFoto oleh Suzzy Harahap di Facebook

Memiliki nama yang unik

Air Terjun Efrata sebenarnya merupakan air terjun dengan nama yang unik. Awalnya air terjun ini bernama Sosor Dolok. Warga atau warga lebih familiar dengan nama ini.

Bagi anda yang berkunjung ke sana dan bertanya kepada warga setempat pasti menyebut nama Sosor Dolok. Sedangkan nama Efrata sendiri merupakan nama pengunjung asing asal Eropa.

Selama ini nama Efrata lebih dikenal di media sosial. Karena letak objek wisata ini di dekat Menara Pandang Tele, pengunjung juga menyebutnya dengan “Air Terjun Tele”.

Terletak di dekat pasar

Hal menarik lainnya dari Air Terjun Efrata adalah lokasinya yang dekat dengan pasar. Untuk sampai ke air terjun anda hanya memerlukan waktu 10 menit saja.

Nantinya Anda akan bisa mendengar suara air terjun yang begitu dahsyat dan indah. Selain itu, dinding batunya seakan memukau semua orang dengan kemegahannya.

Air terjun ini tidak hanya dekat dengan pasar, namun juga terletak di tengah kawasan hutan lebat. Oleh karena itu, tak heran jika Anda banyak menemukan pepohonan besar yang menjulang tinggi di sana. Selain itu, tidak sulit bagi Anda untuk menemukan berbagai jenis satwa liar seperti burung, serangga, dll.

Suasana air terjun setelah gelap pun tak kalah menarik. Anda yang kebetulan menginap di tempat ini bisa melihat gemerlap kunang-kunang di sekitar air terjun pada malam hari.

Tebing yang indah

Daya tarik selanjutnya yang ditawarkan air terjun ini adalah pemandangan berupa tebing-tebing yang indah dan juga derasnya air.

Aliran air yang mengalir turun dari air terjun sebenarnya sangat besar dan airnya berasal dari sungai yang berada di atas air terjun. Diketahui sungai ini tidak pernah kering meski di musim kemarau.

Apalagi jika datang saat musim hujan, aliran airnya berkali-kali lipat lebih deras sehingga menimbulkan kebisingan yang sangat kencang.

Air dari tebing tersebut jatuh melalui celah tebing yang terjal dan sangat curam. Arus Air Terjun Efrata begitu deras hingga sungai di bawahnya menjadi penuh.

Ketinggian tebing di tempat wisata ini adalah 26 meter. Anda bisa melihat dengan jelas kontur tebing yang bertingkat-tingkat dan juga didominasi warna hitam sehingga terlihat sangat liar.

Ada tempat perkemahan

Liburan air terjun di Pulau Samosir memberi Anda kesempatan untuk melakukan aktivitas berkemah dan menjelajahi alam.

Letaknya yang berada di tengah hutan menjadikannya kawasan yang terisolasi dari dunia luar. Namun, jika ingin berkemah, pastikan segala kebutuhan sudah dipersiapkan sebelumnya.

Diapit oleh dua bukit

Yang tak kalah menarik dari Air Terjun Efrata adalah diapit oleh dua buah bukit. Pemandangan ini tentu akan membuat air terjun semakin indah.

Suasana sejuk, asri, dan damai bisa kamu rasakan selama berada di sana. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan persawahan selama perjalanan.

Kondisi air terjun yang ditata begitu indah

Kondisi air terjun ini terlihat sungguh indah. Area kolam didesain sangat rapi dan indah. Hal inilah yang akhirnya membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Selain itu, karena air terjun ini terletak di dekat Menara TV, Anda bisa melihat keindahan Danau Toba dari sini. Hal ini akan membuat liburan Anda semakin seru dan menarik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun EfrataFoto oleh Jhon Fran A Sidauruk di Google Maps

Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata harus segera berangkat ke Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Samosir. Air Terjun Efrata terletak tepatnya di desa Sosor Dolok di kecamatan Harian.

Untuk mencapai air terjun ini tidak sesulit untuk mencapai lokasi air terjun pada umumnya.

Jalan utama menuju tempat ini saat ini sudah cukup baik untuk dilalui kendaraan. Selama perjalanan Anda akan dihibur dengan pemandangan pegunungan dan perkebunan yang indah.

Tempat wisata ini sebenarnya cocok dijadikan kawasan wisata keluarga. Sebab, konektivitas jalannya bagus dan bisa dilalui roda empat atau dua.

Perjalanan dari lokasi menuju air terjun hanya sekitar 10 menit saja. Jalur pertama dari lokasi ini adalah melalui jalan setapak yang berbentuk seperti tembok dan juga cukup lebar.

Di sisi kanan jalan Anda akan menemukan pembatas jalan yang berbentuk seperti tembok. Karena di area bawahnya terdapat aliran air yang sangat deras, maka pembatas merupakan salah satu alat yang menjamin kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Di sebelah kiri Anda akan menemukan lapisan batuan yang tersusun rapi dengan warna hitam dan merah di sepanjang lapisannya. Warga sekitar menyebutnya sebagai tembok penahan batu.

Setelah melalui jalur tersebut, Anda akan menemukan lokasi Air Terjun Efrata. Untuk menuju kolam air terjun, pengunjung harus menuruni anak tangga kokoh atau melintasi jembatan tembok yang menghubungkan langsung dengan area kolam.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket untuk melihat keindahan air terjun ini cukup terjangkau. Nantinya Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang. Namun perlu diketahui bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan pengelola objek wisata.

Namun kalaupun ada kenaikan harga, tentu tidak jauh dari harga yang disebutkan di atas. Air Terjun Efrata memang menjadi salah satu tempat wisata murah. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini : anda bisa datang kapanpun anda mau. Tempat wisata buka 24 jam sehari.

Kegiatan yang menarik

Harga tiket Air Terjun Efratafoto dari Berita Bonpas di Twitter

1. Bermain air

Banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Efrata. Salah satu kegiatan tersebut adalah bermain air. Kegiatan ini pasti akan menyenangkan semua orang. Di sini Anda bisa mencelupkan kaki Anda ke dalam air, berendam, berenang atau mandi.

2. Menikmati keindahan alam

Setelah puas bermain air, aktivitas selanjutnya adalah bersantai menikmati indahnya panorama alam yang ditawarkan.

Anda bisa duduk di tepi sungai dan memandikan kaki Anda di air. Kesegaran airnya bisa Anda rasakan melalui kulit kaki Anda dan suasana damai memberikan rasa tenang.

3. Trekking ke Air Terjun Efrata

Kegiatan ini pastinya sangat cocok bagi Anda yang menyukai olahraga alam. Air terjun ini menawarkan aktivitas tracking kepada pengunjungnya.

Hal ini dikarenakan Air Terjun Efrata terletak jauh di dalam hutan sehingga dalam perjalanannya Anda harus menembus kawasan hutan yang sangat lebat.

4. Berkemah

Berkemah bersama teman atau saudara tentu menjadi kegiatan seru yang sayang untuk dilewatkan bagi Anda yang ingin bermalam.

Jangan lupa membawa perbekalan makanan agar nantinya ketika malam tiba, Anda bisa menikmati makanan sambil mengamati indahnya malam di kawasan wisata.

5. Berburu Foto

Kegiatan terakhir adalah berburu foto. Ada banyak spot foto menarik saat berkunjung ke Air Terjun Efrata. Keindahan alamnya yang mempesona pasti akan menghasilkan hasil jepretan foto yang layak untuk dipamerkan di laman Instagram Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas menuju air terjun EfrataFoto oleh Peter Chandra Alam di Google Maps

Saat memutuskan untuk berlibur, salah satu hal yang patut diperhatikan adalah fasilitas objek wisata.

Air Terjun Efrata merupakan salah satu objek wisata yang dikelola dengan cukup baik, sehingga Anda akan menemukan fasilitas yang cukup memadai di sini. Tersedia tempat parkir mobil yang luas dan aman.

Fasilitas umum seperti toilet juga tersedia, namun lokasi toilet cukup jauh dari air terjun. Jumlah toilet di tempat ini masih belum terlalu banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir karena toiletnya sangat bersih.

Jika Anda tidak membawa makanan, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia warung atau restoran di dekat konter. Jarak antara air terjun dan loket tiket sendiri sekitar 100 meter dan jalur pendakian yang ditempuh pun tidak terlalu sulit.

Itulah tadi gambaran singkat tentang Air Terjun Efrata yang wajib Anda lihat dan ketahui. Air terjun ini menawarkan keindahan yang berbeda dibandingkan air terjun pada umumnya.

Mengunjungi tempat ini pasti akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan. Oleh karena itu, tidak perlu ragu untuk segera mengunjungi tempat ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button