Tempat Wisata

Air Terjun Goa Kikik: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Air Terjun Goa Kikik: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Dibandingkan dengan kabupaten besar lain di Jawa Timur, nama Bojonegoro sebenarnya terbilang kalah jika bicara soal tempat wisata. Namun yang perlu anda ketahui, di kabupaten ini juga masih banyak tempat indah yang wajib anda kunjungi jika suatu saat berwisata ke Bojonegoro.

Salah satu tempat wisata yang menarik di sana adalah Air Terjun Gua Kikik yang terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Malo, Bojonegoro. Air terjun di sana mempunyai beberapa keunikan yang membuat pengunjung atau wisatawan penasaran.

Setiap liburannya, tempat ini dipenuhi wisatawan yang ingin merasakan pesona Air Terjun Goa Kikik di Bojonegoro. Udara sejuk dan segar akan menemani anda sesampainya di lokasi, pemandangan ke kanan dan kiri yang dipenuhi tanaman dan pepohonan akan menambah nuansa alam.

Jalur menuju air terjun utama memang tidak mudah. Pertama, harus melewati jalan setapak yang konturnya berbatu dan licin saat musim hujan sehingga perlu kehati-hatian saat berjalan. Ketika sampai di ujung jalan Anda akan menemukan sebuah air terjun yang ukurannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 2 meter. Oleh karena itu, pengunjung kawasan ini kerap berhenti sejenak untuk beristirahat setelah menyelesaikan perjalanan dan mencuci muka dengan air dingin. Setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan menyusuri jalan setapak kembali, kali ini lebih aman namun tetap perlu berhati-hati dan tidak terburu-buru.

Setelah mendaki beberapa meter lebih jauh, Anda akan menjumpai beberapa air terjun lagi yang tingginya satu meter. Tercipta dari bebatuan kapur, air terjun ini tampak indah mengalir turun melalui dinding batu yang tumpang tindih. Anda juga bisa berhenti sejenak beberapa saat untuk sekadar menikmati panorama alam sekitar atau menikmati suara merdu air terjun yang mengalir.

Perjalanan anda belum selesai jika ingin mencapai air terjun utama, anda harus mendaki beberapa meter lagi hingga menemukan air terjun yang tingginya sekitar 15 meter. Rasa penat dan penat yang menghampiri Anda dijamin akan hilang seketika saat melihat pemandangan berpadu dengan rindangnya pepohonan dan tanaman di sekitar Air Terjun Goa Kikik.

Kemudian saat turun kembali, pengunjung biasanya memilih jalan setapak yang melewati hutan dimana terlihat Gua Kikik yang juga merupakan nama air terjun ini.

Fasilitas di Air Terjun Goa Kikik

Karena tempatnya yang agak tersembunyi, pengunjung tidak bisa menemukan banyak fasilitas pendukung di objek wisata ini. Ada beberapa fasilitas yang dapat membantu wisatawan yang jarang datang, seperti: B. Toilet umum jika ingin mencuci kaki atau melakukan hal lainnya, tempat parkir yang luas untuk kendaraan bermotor, fasilitas jalan untuk menuju air terjun utama.Meski belum sepenuhnya sempurna, namun jalur ini dapat memudahkan pengunjung untuk mencapai air terjun Kikik.

Meski pemerintah setempat berencana membangun lebih banyak fasilitas pendukung wisata, namun hingga kini hal tersebut belum terealisasi. Semoga kedepannya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dapat lebih memperhatikan potensi objek wisata tersebut.

Berburu foto di Air Terjun Goa Kikik

Anda yang menyukai lingkungan alam dan juga fotografi pasti akan menyukai tempat ini karena di sini Anda tidak hanya bisa menikmati udara segar sejuk tanpa polusi tetapi juga menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Begitu pertama kali mendaki, Anda akan melihat deretan pepohonan di hutan di kanan dan kiri, yang cocok dijadikan sasaran jepretan kamera Anda. Setelah sampai di air terjun pertama, Anda bisa berhenti sejenak untuk mengistirahatkan kaki dan bernapas sambil memotret indahnya air terjun yang mengalir setinggi 2 meter.

Kemudian naik kembali, Anda akan menemukan beberapa air terjun yang tidak terlalu tinggi dan aliran airnya juga tidak deras. Di sini Anda juga bisa berhenti sejenak, menikmati kesegaran air terjun sambil berswafoto atau berfoto bersama teman. Sesampainya di air terjun utama, Anda bisa duduk-duduk di atas bebatuan, mencelupkan kaki ke dalam sungai dan tentunya memotret pemandangan sekitar. Gua Kikik yang terletak di tengah hutan juga bisa Anda manfaatkan sebagai spot foto menarik.

Baca Juga: Wisata Taman Sri Tanjung, Bersantai di Tengah Pemandangan Taman Yang Indah

Akses jalan menuju Air Terjun Goa Kikik

Untuk menuju lokasi ini dari kota Bojonegoro ikuti rambu menuju Cepu/Ngawi. Sesampainya di pertigaan Kalitidu, belok kanan dan ikuti rambu menuju Malo. Kemudian ikuti jalan utama dan setelah melintasi jembatan Malo Anda akan sampai pada pertigaan. Belok kiri dan ikuti petunjuk menuju Kantor Kecamatan Malo. Kemudian ikuti jalan hingga pertigaan, belok kanan dan ikuti rambu menuju Kawengan. Ikuti jalan tersebut hingga mencapai gerbang desa Kawengan. Sekitar 500 meter setelah gerbang desa Kawengan, terdapat jalan setapak menuju ke dalam hutan di sisi kanan jalan. Masuki jalan setapak dan ikuti jalan hingga mencapai Air Terjun Goa Kikik.

Biaya masuk Air Terjun Goa Kikik

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam Buka Air Terjun Goa Kikik

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips berlibur di Air Terjun Goa Kikik

  • Kenakan alas kaki yang nyaman dan sesuai
  • Berhati-hatilah saat berjalan di jalan setapak
  • Sebaiknya datang saat musim kemarau
  • Bawalah makanan dan minuman karena tidak ada warung di sini

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button