Tempat Wisata

Air Terjun Gulamo Kampar – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Tanjung Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kab.Kampar, Riau; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Gulamo adalah sebuah situs yang menjadi tujuan liburan baru yang populer di kota Kampar, Riau. Air terjun di Sungai Gulamo ini memiliki dua daya tarik yang ditawarkan, yaitu air terjun yang indah dan juga aliran Sungai Gulamo yang mempesona. Ada dua air terjun di sini.

Air terjun ini dinamakan “Green Canyon” seperti di Jawa Barat karena airnya yang berwarna merah dan hijau serta terdapat tebing tinggi di kedua sisinya dengan pepohonan yang rindang dan sejuk.

Pesona keindahan air terjun memang sulit untuk dilewatkan, meski harus menaiki perahu terlebih dahulu untuk sampai ke air terjun.

Air terjun ini terletak di Sungai Gulamo dekat kawasan pembangkit listrik tenaga air di Pajang. Jika anda berminat mengunjungi Air Terjun Gulamo di Riau, beritahu kami terlebih dahulu mengenai objek wisata, alamat, rute, tarif masuk dan fasilitas yang tersedia.

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Gulamo

Daya Tarik Air Terjun GulamoKredit foto: Instagram ℝ𝕠𝕓𝕚𝕟𝕤𝕠𝕟 ℝ𝕖𝕟𝕕𝕣𝕒

1. Nominasi Surga Tersembunyi Sungai Gulamo

Pada tahun 2019, Sungai Gulamo dinominasikan sebagai surga tersembunyi oleh Anugerah Pesona Indonesia. Lokasinya berada di kawasan Danau PLTA. Saat berada di PLTA Pajang, Anda bisa menjelajahi perairan danau dengan menggunakan kano atau perahu untuk menuju kawasan Sungai Gulamo.

Selama menaiki perahu, pengunjung akan merasakan udara yang tenang dan lingkungan yang sejuk. Perjalanan disambut rimbunnya pepohonan di sepanjang tepian sungai, juga terdapat batang-batang pohon mati yang memberikan kesan natural selama perjalanan.

2. Perjalanan dengan perahu selama 1 jam

Perjalanan dari PLTA Kota Panjang menuju Sungai Gulamo memakan waktu 1 jam, namun pengunjung tidak akan bosan sepanjang perjalanan karena akan disuguhkan keindahan alam yang belum pernah ada sebelumnya.

Saat memasuki kawasan Sungai Gulamo di kanan dan kiri, Anda akan menjumpai tebing-tebing menjulang tinggi penuh pesona. Tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berfoto. Terkadang ada juga sungai dangkal yang perlu diseberangi.

3. Dua air terjun yang indah

Sesampainya di ujung sungai, pengunjung menjumpai dua buah air terjun yang menjadi landmark objek wisata Sungai Gulamo. Air terjun ini memiliki dua air terjun yang indah.

Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seru dan menarik seperti berenang di sungai, mandi di bawah pancuran air terjun, melompat dari bebatuan, bersantai dan tentunya berbasah-basahan.

4. Kondisi alam tetap terjaga

Para ahli geologi mengatakan, alam di Air Terjun Gulamo masih belum terjamah dan masih terjaga keasliannya dari campur tangan manusia. Pepohonan yang rindang dibiarkan tumbuh indah dan bebatuan yang masih alami. Air terjun cantik ini terletak jauh dari pemukiman penduduk sehingga harus menggunakan perahu untuk mencapainya.

Pengunjung juga tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan atau meninggalkan barang di sungai dan air terjun.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun GulamoSumber gambar: Twitter RiauOnline

Air Terjun Gulamo terletak di Desa Tanjung Alai. Seperti namanya, air terjun cantik ini terletak di aliran sungai Pembangkit Listrik Tenaga Air Kota Pajang di Kecamatan XIII Kota Kampar, Riau.

Keunikan jalur menuju air terjun cantik ini terletak pada paket wisatanya. Pengunjung harus menaiki perahu pompong untuk mencapai titik dimana air terjun berada. Perahu pompong ini terletak di bawah jembatan di Batu Basurek Kampar.

Pengunjung dari luar pulau harus singgah dulu di kota Pekanbaru. Setelah itu Anda bisa berkendara ke Kampar. Selama wisata perahu pompong, Anda akan berlayar menyusuri danau di Pembangkit Listrik Tenaga Air Kota Pajang. Di atas danau Anda akan menemukan Sungai Gulamo dengan tanda-tanda tebing tinggi.

Jika Anda mengikuti aliran sungai, Anda akan menemukan air terjun Gulamo. Perjalanan dengan perahu memakan waktu kurang lebih 1 jam. Sedangkan perjalanan dengan kendaraan pribadi dari Bandara Pekanbaru menuju Kampar memakan waktu 2 jam.

Biaya naik perahu adalah Rp 750.000. Perahu motor ini mampu menampung 9 orang dan dilengkapi dengan jaket pelampung sehingga aman bagi pengunjung. Pengunjung juga bisa bersantap di perahu ini.

Biaya masuk wisata alam

Masuk ke kawasan air terjun tidak dipungut biaya, namun pengunjung harus membayar untuk menaiki perahu menuju air terjun.

Biaya naik perahu di kawasan Air Terjun Gulamo bervariasi antara Rp500.000 hingga Rp750.000 tergantung kapasitas. Pengunjung juga dapat memilih paket perjalanan dari travel dan biro perjalanan yang biayanya lebih murah. Kelebihan paket wisata adalah bisa dijemput dari Pekanbaru dan diantar ke lokasi perahu.

Jam operasional kapal ini setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Jika ingin menikmati wisata alam ini disarankan dilakukan secara berkelompok agar lebih seru dan biaya lebih murah. Dengan rombongan, harga sewa perahu menjadi lebih murah. Harga sewa tergantung kapasitas perahu yang dipilih.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun GulamoKredit foto: Instagram Elvi Sunardi Epi

1. Naik perahu

Naik perahu dari jembatan menuju Danau PLTA Pajang lalu ikuti arus hingga sampai ke Sungai Gulamo. Waktu perjalanan dengan perahu sekitar 1-2 jam. Pengunjung dapat meminta agar perahu diperlambat jika ingin mengambil foto di lokasi tertentu.

Tips bagi wisatawan yang baru pertama kali bepergian dengan perahu:

  • Kenakan pakaian nyaman yang tidak terlalu tipis namun juga tidak terlalu tebal.
  • Bawalah barang-barang yang Anda perlukan selama perjalanan di tempat yang mudah dijangkau, seperti tas bahu.
  • Pastikan badan dalam kondisi fit karena setelah menaiki perahu, pengunjung juga diajak bermain air
  • Membawa perbekalan makanan, walaupun tersedia di kapal, tidak ada salahnya membawa bekal makanan secukupnya agar terhindar dari rasa lapar, kembung, dan masuk angin.
  • Membawa obat-obatan yang diperlukan dan obat pertolongan pertama seperti minyak penghangat, obat merah, plester dan lain-lain.
  • Bawalah plastik untuk menyimpan pakaian basah atau barang lainnya untuk melindunginya dari cipratan.

Demikian tips bagi wisatawan yang baru pertama kali melakukan perjalanan dengan perahu agar liburannya semakin menyenangkan.

2. Menikmati keindahan danau dan sungai

Menikmati keindahan danau dari atas perahu yang bergerak pasti akan memberikan Anda sensasi wisata alam yang tidak akan segera Anda lupakan. Rasakan percikan air yang tercipta dari mesin perahu. Sesampainya di tepian sungai, terdapat pemandangan yang indah. Tebing batu yang tinggi terlihat megah berpadu dengan rindangnya pepohonan.

3. Bermain air

Setelah sampai di titik air terjun, pengunjung bisa turun dari perahu untuk bermain air. Berenang di bawah suara air terjun dengan air yang jernih dan sejuk mampu menghilangkan stres. Air terjun Gulamo Kampar memiliki warna air yang biru kehijauan, airnya sangat jernih sehingga terlihat apa yang ada di bawahnya.

4. Arung Jeram

Ada aktivitas seru di air terjun dan Sungai Gulamo, salah satunya arung jeram. Kegiatan ini dapat dilakukan ketika pengunjung memilih paket perjalanan. Pihak manajemen menyediakan tempat untuk kegiatan menarik ini. Arung jeram dapat dilakukan menyusuri sungai-sungai yang arusnya relatif deras.

5. Lompat dari bebatuan

Setelah sampai di kolam air terjun, wisatawan bisa bermain air. Agar aktivitas bermain air semakin seru, Anda bisa menambahkan lompatan dari bebatuan yang ada di pinggir air terjun. Tentunya Anda harus berhati-hati saat melakukan aktivitas ini agar tidak terpeleset.

6. Wajib mengambil foto

Dimanapun dan kapanpun ada waktu untuk berfoto atau selfie, selalu menjadi kegiatan yang menarik. Selain itu, Anda akan mengunjungi destinasi alam seperti Air Terjun Gulamo. Tersedia berbagai spot foto menarik, antara lain foto di atas perahu, foto di tebing tinggi, air terjun mengalir, bebatuan dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun GulamoKredit foto: Instagram Wisata Gulamo Kampar

Air terjun yang mengusung tema alam yang masih asri dan asri ini belum memiliki fasilitas layaknya objek wisata, karena jalur yang harus ditempuh cukup sulit. Sebaliknya, perahu yang digunakan dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Fasilitas yang ada di dalam perahu antara lain makanan, tempat duduk yang nyaman, dan perahu dilengkapi dengan atap agar pengunjung tidak kepanasan. Perahu umumnya menampung 8-10 orang.

Alat keselamatan berupa jaket pelampung tersedia bagi penumpang kapal. Warung makan dan toilet belum tersedia karena lokasi air terjun jauh dari rumah warga. Perahu dalam perjalanan menuju air terjun ini memegang peranan penting, sehingga Anda perlu memilih perahu yang berfungsi dengan baik.

Demikian ulasan Air Terjun Gulamo di Kampar, Riau. Potensi alam Sungai Gulamo ditambah dengan indahnya air terjun menjadi daya tarik banyak pengunjung, tidak hanya lokal tetapi juga mancanegara. Semoga pihak pengelola dapat menambahkan sejumlah fasilitas demi kenyamanan pengunjung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button