Tempat Wisata

Air Terjun Gunung Palang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Banyak pesona keindahan wisata Aceh yang masih belum diketahui masyarakat luas, cerdik tersembunyi di balik hutan belantara, tebing tinggi, dan pegunungan yang menjulang tinggi. Padahal, karena keindahannya, beberapa tempat wisata ini berpotensi menarik wisatawan dari seluruh dunia. Salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi adalah Air Terjun Gunung Palang.

Air Terjun Gunung Palang menawarkan keindahan air terjun yang masih terjaga kelestariannya dan bisa dikatakan masih perawan. Tidak banyak wisatawan yang datang karena tempatnya yang terpencil dan sedikit wisatawan yang mengetahuinya. Tempat wisata ini tidak hanya memiliki pesona air terjun yang mempesona, namun juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah berupa hutan belantara yang hijau.

Air Terjun Gunung Palang

Secara geografis Air Terjun Gunung Palang terletak di Gunung Palang, Desa Abah Lueng, Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Jalur menuju air terjun sendiri memerlukan usaha dan tenaga ekstra. Setidaknya wisatawan harus berjalan kaki lebih dari 3 jam dari kaki Gunung Palang. Lamanya perjalanan juga tergantung pada ketahanan wisatawan, serta rute yang dipilih.

Jika baru pertama kali berkunjung ke Air Terjun Gunung Palang, wisatawan disarankan untuk menyewa pemandu dari warga setempat atau KOPALA yang tahu persis seperti apa kondisi medannya. Pasalnya wisatawan harus berjuang melewati hutan belantara yang masih liar dan menempuh jalur yang cukup ekstrim. Meski begitu, mengunjungi air terjun ini tetap menyenangkan dan mengasyikkan, terutama bagi wisatawan yang menyukai petualangan dan menyukai tantangan.

Pesona Air Terjun Gunung Palang

Dalam perjalanan menuju air terjun Gunung Palang menawarkan sensasi petualangan yang sangat menegangkan, menggembirakan dan juga menantang. Melewati hutan belantara dan mendaki gunung, wisatawan disuguhi hijaunya pepohonan rindang, perbukitan dan hamparan sawah penduduk setempat yang luas.

Sayangnya keindahan hutan tersebut telah dirusak oleh aktivitas pembalakan liar yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab. Banyak ditemukan batang pohon yang telah ditebang dan dibiarkan begitu saja di hutan. Hal ini tentu sangat disayangkan, padahal kita sebagai penerus warisan nenek moyang harus menjaga kelestarian ekosistem hutan.

Air Terjun Gunung Palang

Dalam perjalanan menuju Air Terjun Gunung Palang, wisatawan harus melewati berbagai rintangan dan jalur yang cukup menantang. Wisatawan setidaknya harus menyeberangi sungai sebanyak enam kali. Pengunjung juga dihimbau untuk tetap waspada setiap saat karena meskipun sungai tidak terlalu dalam, bebatuan sungai yang licin dapat menyebabkan wisatawan terpeleset.

Di alam liar yang masih liar ini, tidak jarang wisatawan menjumpai berbagai satwa liar yang hidup di dalam hutan. Burung-burung yang hinggap di dahan dan saling bersiul menciptakan fenomena tersendiri, seolah-olah menemani wisatawan dalam perjalanan melintasi hutan lebat.

Setelah perjalanan panjang dan melelahkan, pengunjung akhirnya bisa menyaksikan Air Terjun Gunung Palang dengan suara gemuruh air yang jatuh dari tebing batu yang tinggi. Air terjun ini tingginya sekitar 50 meter dan berada tepat di atas tebing yang bentuknya seperti tembok besar. Tebing tersebut ditumbuhi tanaman hijau dan lumut sehingga terlihat sangat menarik.

Segala rasa penat di badan serasa hilang seketika saat melihat air terjun Gunung Palang tepat di depan mata. Mata Anda seolah terpesona dan tak ingin berhenti memandangi keindahan alam yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa. Air di tempat ini sangat segar dan jernih, wisatawan bisa menikmatinya dengan mandi atau bermain air di bawahnya.

Keindahan alam di sekitar Air Terjun Gunung Palang juga sayang untuk dilewatkan. Deretan pepohonan hijau, perbukitan dan tebing yang menjulang tinggi menambah keindahan air terjun ini. Ini benar-benar tempat yang sempurna, seperti surga kecil yang Tuhan berikan kepada manusia.

Fasilitas Air Terjun Gunung Palang

Sayangnya fasilitas Air Terjun Gunung Palang tidak berbanding lurus dengan pesonanya yang mempesona. Melihat potensinya, air terjun ini sebenarnya bisa menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Pidie Jaya. Tentunya diperlukan perhatian lebih dari pemerintah setempat untuk membangun infrastruktur di tempat wisata ini.

Masih belum ada fasilitas umum seperti toilet, musala atau masjid untuk beribadah di tempat ini. Biasanya wisatawan terlebih dahulu menitipkan kendaraannya di halaman rumah warga Desa Abah Lueng. Wisatawan juga bisa salat di musala yang ada di kawasan perumahan ini.

Baca juga:

Kondisi jalan menuju Air Terjun Gunung Palang yang masih kotor terkadang membuat wisatawan mengurungkan niatnya untuk berkunjung ke tempat ini. Masih belum ada stand yang menjual makanan dan minuman di lokasi. Oleh karena itu, wisatawan disarankan membawa bekal terlebih dahulu agar tidak kelaparan saat tiba di tempat wisata.

Mengunjungi Air Terjun Gunung Palang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam Pidie Jaya di akhir pekan. Apalagi jika Anda pecinta alam, menyukai petualangan dan menyukai tantangan, tempat ini adalah destinasi yang tepat untuk Anda. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di air terjun.

Nikmati keindahan alam

Saat Anda berkunjung ke Air Terjun Gunung Palang, pemandangan Anda akan dimanjakan dengan fenomena air terjun indah yang berada di tengah hutan belantara dan di puncak gunung. Dengan ketinggian sekitar 50 meter, Anda bisa menikmati setiap detik suara gemuruh air yang jatuh di bebatuan sungai.

Anda juga bisa menikmati segarnya air sambil berenang atau di bawah air terjun. Rasakan sensasi terapi alami saat air terjun jatuh dan membasahi seluruh tubuh Anda. Dalam perjalanan menuju air terjun, Anda juga bisa menikmati keindahan alam hutan dan pegunungan.

berkemah

Jika ingin bermalam dan menikmati Air Terjun Gunung Palang lebih lama, Anda bisa mendirikan tenda di sekitarnya. Ajak teman atau keluarga untuk menikmati malam di hutan belantara. Saat malam semakin larut dan hawa dingin mulai masuk ke dalam tubuh, Anda bisa membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh.

Jika Anda berkemah di dekat air terjun ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang mungkin tidak akan pernah Anda lupakan seumur hidup. Merasakan hangatnya api unggun dan ngobrol bersama teman dan keluarga akan menciptakan kebersamaan yang tidak bisa Anda temukan di tempat lain.

Perburuan Foto

Keindahan Air Terjun Gunung Palang

Bagi Anda yang gemar memotret keindahan alam, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Gunung Palang. Selain berkesempatan mengabadikan fenomena air terjun, Anda juga bisa menemukan banyak objek menarik di sini seperti tebing yang menjulang tinggi, persawahan, perbukitan hijau, dan pepohonan yang memenuhi hutan.

Jangan lupa abadikan momen tersebut dengan selfie. Alam Aceh yang masih alami bisa Anda jadikan sebagai background foto. Jika Anda memiliki drone, tidak ada salahnya membawanya ke tempat ini, karena keindahan air terjun akan semakin terlihat jika Anda memotretnya dari udara.

Baca juga:

Jam buka Air Terjun Gunung Palang dan tarif masuknya

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Gunung Palang, Anda bisa mengunjunginya kapan saja dan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun karena gratis.

Tips Menuju Air Terjun Gunung Palang

  • •Sebelum mengunjungi air terjun, pastikan untuk mempersiapkan kondisi fisik Anda karena perjalanan yang melelahkan dan menguras tenaga.
  • •Pertama, pantau cuaca karena jika cuaca tidak mendukung, Anda harus ekstra hati-hati saat mengunjungi air terjun ini.
  • •Membawa perlengkapan yang cukup seperti kotak P3K dan makanan.
  • •Bawalah baju ganti dan pakaian hangat karena di lokasi air terjun cukup dingin.
  • •Jika Anda belum pernah ke air terjun sebelumnya, pertimbangkan untuk menggunakan jasa pemandu lokal yang mengetahui jalan menuju air terjun tersebut.
  • • Berhati-hati dan waspada saat bepergian karena hutan masih liar.
  • •Hati-hati dalam menjaga kelestarian hutan dan air terjun dan tidak merusak apa pun yang ada di dalamnya.
  • •Bawalah sampah plastik dan jangan mencemari hutan dan air terjun.
  • •Doakan agar perjalanan dan liburan Anda berjalan sesuai rencana.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button