Tempat Wisata

Air Terjun Jagapati Garut – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket Masuk

harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Neglasari, Kec. Cisompet, Cab Garut, Jawa Barat; Map: pemeriksaan situs

Salah satu tempat yang menarik bagi para pemburu destinasi alam yang memesona di Garut adalah Air Terjun Jagapati. Namanya unik dan mengandung filosofi: Jaga, artinya ‘melindungi’ dan Pati, artinya ‘kematian’. Dapat diartikan bahwa air terjun ini adalah penjaga karena airnya adalah sumber kehidupan bagi ekosistem di sekitarnya.

Wisata alam ini terkenal dengan pemandangan air terjun berundak yang indah. Jalur pendakian menuju air terjun juga terbilang cukup menantang. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang, destinasi wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditaklukkan. Banyak keindahan alam yang dipamerkan mulai dari perjalanan hingga sampai ke venue.

Air Terjun Jagapati merupakan salah satu keindahan alam Garut yang masih cukup tersembunyi. Suasananya yang masih sangat alami memberikan perasaan yang sangat berbeda bagi pengunjung. Jika Anda belum pernah mengunjungi air terjun memesona ini, berikut informasi menariknya.

Daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Jagapati

Daya Tarik Air Terjun Jagapati di GarutFoto: Google Maps/Rizki Maulana

✦ Air terjun murni

Bagi traveler yang menyukai petualangan di alam, air terjun ini bisa menjadi pilihan menarik. Tempatnya asri dan masih alami, menyuguhkan pemandangan segar meski dalam perjalanan. Berwisata ke tempat ini, Anda akan menjumpai perkebunan teh, persawahan, dan hutan yang banyak pepohonan rindang.

Pengunjung disuguhkan keindahan air terjun yang masih sepenuhnya alami. Suasananya juga sangat sejuk dengan udara sejuk yang membawa ketenangan bagi pengunjungnya. Suasananya sangat berbeda dengan suasana kota dan pemukiman.

✦ Pemandangan air terjun yang indah

Daya tarik terbesar Curug Jagapati adalah aliran air terjunnya yang begitu mempesona. Arusnya membentuk beberapa tingkatan air terjun yang dibatasi oleh kolam-kolam kecil. Selain itu, anak sungainya agak landai sehingga tampak seperti air terjun zigzag, mula-mula ke kanan, di bawahnya mengalir menyamping ke kiri, lalu mengalir lagi ke kanan.

Akhirnya aliran air terjun ini terkumpul di dasar kolam. Drainase airnya tidak terlalu kuat, namun tidak pernah berkurang meski musim kemarau.

Pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun yang airnya berasal dari Sungai Cilimbung ini. Bersih dan dingin seperti air pegunungan pada umumnya, mengalir di bawahnya membentuk sungai.

✦ Jalur trekking yang menantang

Perjalanan menantang melalui jalur trekking berupa jalan berbatu menjadi daya tarik Air Terjun Jagapati. Pengunjung harus berjalan kaki dari tempat parkir yang jaraknya cukup jauh dan memakan waktu sekitar 20 menit. Jalur trekking menuju air terjun melewati persawahan masyarakat sekitar, kemudian melewati perkebunan dan hutan.

Di beberapa tempat terdapat jalur menanjak secara bertahap yang memudahkan wisatawan untuk mendaki. Begitu sampai di puncak, pemandangan air terjun yang indah menanti Anda. Namun, perjalanan masih harus dilanjutkan dengan jalan menurun berupa undakan batu menuju ke air terjun.

✦ Aliran sungai bersih

Air yang meluap dari kolam mengarah ke dasar sungai yang cukup lebar di bawahnya. Air sungainya tidak terlalu dalam, namun arusnya cukup deras di beberapa tempat. Pemandangan sungai yang indah dihiasi bebatuan besar berwarna hitam. Yang ditampilkan adalah bebatuan yang tidak dikenal karena lumut yang biasanya ditemukan di sungai berlumpur.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Curug Jagapati GarutFoto: Google Maps/Ben Pamuntjak

Garut salah satu tempat wisata alam di Kecamatan Cisompet ini masih cukup tersembunyi, namun beberapa wisatawan yang datang tidak hanya dari Garut saja melainkan juga dari luar daerah. Meski petunjuk arah menuju Curug Jagapati sedikit, namun Anda bisa bertanya kepada warga sekitar yang terkenal ramah untuk membantu Anda memberikan petunjuk arah.

Terletak di desa Neglasari, sekitar 13 km dari kota Garut di Jawa Barat. Jika Anda datang dari arah ini, perjalanan memakan waktu sekitar 38 menit. Pilih jalur yang mengarah ke Pameungpeuk setelah melewati bundaran di pusat kota Garut. Jangan ragu untuk bertanya kepada kami jika Anda kesulitan menemukan rute ini.

Perjalanan berikutnya cukup menantang karena jalanan yang berkelok-kelok dan naik turun. Oleh karena itu disarankan untuk terlebih dahulu memastikan bahwa kendaraan dalam kondisi sempurna. Ikuti jalan lurus sampai Anda tiba di perkebunan teh di jalan yang lebih sempit. Cari plang putih di pinggir jalan yang menunjukkan arah ke SMP Negeri 3 Cisompet.

Air terjun ini tidak jauh dari SMP yang terletak di tengah perkebunan teh ini. Begitu Anda melihat gedung sekolah, berkendara lagi 20 menit ke air terjun hingga Anda menemukan gerbang masuk ke air terjun ini. Wisatawan dapat memarkir sepeda motor atau mobil di dekat pintu masuk atau gerbang resepsionis.

Biaya masuk wisata alam

Tidak ada petugas di pintu masuk Air Terjun Jagapati untuk mencegah pengunjung membayar tiket masuk. Tempat wisata ini tetap dapat diakses pengunjung tanpa dipungut biaya dan buka 24 jam sehari.

Namun, pengunjung disarankan untuk datang lebih pagi hingga siang hari dan tidak terlambat. Jika Anda datang pada sore hari, suasananya cenderung lebih gelap dan lebih berbahaya bagi wisatawan. Perhatikan juga kondisi cuaca saat berkunjung ke air terjun ini karena berada di tengah hutan dan fasilitas yang masih minim.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Kegiatan Jagapati Garut CurugFoto: Google Maps/Asep Harpani

1. Menikmati keindahan air terjun bertingkat

Meski sulit untuk mencapai Air Terjun Jagapati, usaha Anda akan terbayar dengan keindahan air terjun yang mempesona. Pengunjung bisa menikmati pesona air terjun bertingkat ini dari jauh. Air mengalir indah di tengah tebing berbatu hijau.

Pengunjung justru akan menemukan pemandangan segar di lokasi ini bahkan sebelum mencapai air terjun. Bagi yang bosan dengan pemandangan gedung-gedung bertingkat, bisa menyegarkan mata di tempat wisata ini. Apalagi saat cuaca cerah, panorama alam di sekitar air terjun semakin mempesona.

2. Berenang atau mandi di sungai

Mandi di sungai bisa menjadi kenangan masa kecil yang tak terlupakan. Anda yang pernah mengalami masa kecil seperti itu mungkin mengingat Air Terjun Jagapati namun dengan perasaan yang berbeda. Air sungai dari air terjun ini sangat menyegarkan dan menghilangkan rasa sakit setelah melatih otot di jalur trekking menuju air terjun.

Jika ingin bersenang-senang dengan cara ini, jangan lupa membawa baju ganti. Namun, jika tidak ingin basah, Anda bisa mencoba mencelupkan kaki ke dalam air sungai. Airnya cukup dangkal di beberapa tempat bagi pengunjung yang hanya ingin merendam kaki yang pegal setelah jalan-jalan.

3. Ambil foto

Siapa yang tak takjub dengan keindahan alam Air Terjun Jagapati? Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang tersaji di hadapan mata sepuasnya. Namun jangan lupa untuk mengabadikan keindahan ini dengan kamera. Jadi Anda bisa membawa kenangan indah dan foto liburan ke rumah bersama Anda.

Pilihlah lokasi foto yang bagus untuk lebih mengabadikan keindahan alam tempat ini. Beberapa spot yang paling digemari wisatawan adalah di puncak sebelum turun, di bawah air terjun, dan di sekitar sungai. Anda juga bisa mengambil foto pemandangan indah seperti perkebunan, persawahan, dan hutan hijau saat berkendara menuju air terjun.

4. Trekking

Beberapa tempat wisata memiliki daya tarik untuk menjangkau tempat yang tidak biasa dan menantang. Jalur pendakian menuju Air Terjun Jagapati bertingkat ini sangat menarik terutama bagi anda yang menyukai petualangan dan tantangan. Jalur bervariasi dan berkisar dari jalan setapak, jalan tanah dan batu, tanjakan hingga turunan.

Pengunjung sangat disarankan untuk menggunakan sepatu atau alas kaki yang kokoh dan nyaman. Apalagi sehabis hujan, biasanya banyak jalan yang tertutup tanah dan membuat lintasan semakin licin. Bawalah bekal secukupnya saja agar tidak memberatkan Anda di jalur trekking ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Air Terjun Jagapati GarutFoto: Google Maps/Raju Gifari Midyad Albab

Tempat wisata alam ini belum memiliki banyak fasilitas pendukung untuk wisatawan. Saat Anda memasuki gerbang utama, Anda mungkin menemukan beberapa warung makan dasar. Fasilitas ini dapat digunakan oleh pengunjung yang ingin membeli air kemasan, makanan ringan atau kebutuhan lainnya.

Fasilitas parkir di kawasan air terjun Jagapati masih sederhana. Biasanya pengunjung parkir di dekat loket warga. Biaya parkir juga serius bagi wisatawan.

Sebelum Anda memulai perjalanan Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki peralatan dan persiapan yang tepat. Setelah gerbang dan warung belum ada fasilitas pengunjung seperti toilet, toilet, restoran atau sejenisnya seperti di tempat wisata pada umumnya.

Itulah beberapa informasi menarik tentang Air Terjun Jagapati, salah satu tempat wisata alam di Garut. Tempatnya masih alami dan tersembunyi di balik hutan yang asri. Cocok untuk traveler dan petualang yang ingin lebih menyatu dengan alam dan menyukai tantangan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button