Tempat Wisata

Air Terjun Jelutung: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Air Terjun Jelutung: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Air Terjun Jelutung merupakan salah satu air terjun yang ada di kawasan wisata Kepulauan Riau. Tepatnya di Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Kepulauan Riau. Selain pesona alam bahari dan pegunungan, Kecamatan Lingga juga memiliki pesona wisata air terjun yang sangat diminati wisatawan, salah satunya adalah Air Terjun Jelutung.

Pesona Air Terjun Jelutung

Air Terjun Jelutung merupakan air terjun dengan ketinggian 430 meter diatas permukaan laut yang selanjutnya disebut sebagai air terjun tertinggi di Kepulauan Riau. Air terjun ini terkenal tidak hanya karena tingginya, namun juga pesona keindahan alam di sekitar air terjun.

Anda disuguhi suasana alam yang asri, pepohonan rindang serta suasana hutan alami yang belum banyak terjamah orang. Air terjun ini terletak di tengah hutan pegunungan Daik. Butuh tenaga dan tenaga ekstra untuk sampai ke Air Terjun Jelutung. Anda harus berjalan beberapa jam.

Karena akses jalan yang cukup memacu adrenalin, Air Terjun Jelutung lebih cocok dikunjungi wisatawan pecinta alam dan menyukai tantangan. Dalam perjalanannya Anda harus menyusuri Sungai Jelutung dan juga menjelajah hutan pegunungan Daik yang kaya akan berbagai jenis flora dan fauna.

Anda juga harus mendaki ketinggian beberapa meter untuk sampai ke sana Air Terjun Jelutung Itu. Meski menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, namun rasa lelah Anda akan terbayar dengan pesona keindahan Air Terjun Jelutung yang sangat memanjakan mata.

Anda bisa menyaksikan derasnya aliran air di atas bebatuan besar dari ketinggian, menimbulkan suara gemericik air yang membuat Anda merasakan kesegarannya. Selain itu, kesegaran air alami pegunungan juga bisa Anda rasakan saat mandi di Air Terjun Jelutung.

Fasilitas di Air Terjun Jelutung

Air Terjun Jelutung Karena merupakan air terjun yang berada di tengah hutan pegunungan Daik, maka fasilitas pendukung kegiatan wisata belum memadai. Selain jauh dari pusat desa, akses jalan menuju air terjun ini juga cukup sulit. Akibatnya fasilitas di objek wisata Air Terjun Jelutung masih sangat kurang

Berburu foto di tur ini

Tak lengkap rasanya menjalani perjalanan yang melelahkan tanpa ada momen foto bersama di penghujungnya. Dengan pesona keindahan Air Terjun Jelutung yang masih sangat alami membuat air terjun ini cocok dijadikan sebagai spot berfoto. Anda yang berkunjung ke Air Terjun Jelutung bisa memanfaatkan setiap sudut air terjun untuk berfoto bersama teman-teman.

Baca juga:

Tips Menuju Air Terjun Jelutung

Akses jalan menuju Air Terjun Jelutung cukup sulit. Oleh karena itu, Anda perlu mempersiapkan diri dengan membawa segala perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman karena kawasan di sekitar air terjun yang masih alami ini tidak dilengkapi dengan warung makan seperti tempat wisata lainnya.

Debit Air Terjun Jelutung cukup besar, sekitar 4000 liter per detik. Jadi jika Anda berencana mandi di bawah air terjun, sebaiknya berhati-hati juga jika berencana mandi di sekitar air terjun atau sekadar bermain air.

Akses Menuju Air Terjun Jelutung

Air Terjun Jelutung Terletak di Desa Mentuda, Kecamatan Lingga. Jadi, untuk menuju air terjun ini harus menempuh perjalanan dengan kapal feri dari Tanjung Pinang menuju Lingga. Setelah itu, Anda bisa menggunakan transportasi darat seperti sepeda motor atau mobil untuk menuju pintu masuk air terjun.

Menikmati keindahan Air Terjun Jelutung

Potret keindahan Air Terjun Jelutung

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan Air Terjun Jelutung. Bagi yang tidak bisa berenang bisa sekadar bersantai menikmati derasnya air yang segar di bebatuan sekitar air terjun. Jika Anda bisa berenang, Anda bisa merasakan kesegaran air alami pegunungan dengan berenang di bawah air terjun.

Jam buka dan tarif masuk Air Terjun Jelutung

Air Terjun Jelutung bisa dikunjungi kapan saja dan oleh siapa saja. Namun sebaiknya Anda mengunjungi air terjun ini pada pagi hingga sore hari karena akses menuju air terjun ini melalui jalan darat masih sangat sulit. Anda tidak akan dikenakan harga tiket karena air terjun ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Demikian sekilas tentang pariwisata Air Terjun Jelutung Ini di kabupaten Lingga. Dengan keindahannya yang mempesona dan belum banyak dikunjungi wisatawan, air terjun ini menjadi salah satu tempat wisata di Lingga yang wajib dikunjungi. Semoga artikel informatif ini dapat memperkaya destinasi wisata Anda

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button