Tempat Wisata

Air Terjun Kali Pancur – Tiket Masuk dan Spot Foto Saat Ini 2023

Air Terjun Kali Pancur – Tiket Masuk dan Spot Foto Saat Ini 2023

Air Terjun Kali Pancur – Jangan kira Semarang hanya punya wisata tamasya yang menakjubkan. Namun keindahan alam berupa air terjun atau pegunungan yang mempesona juga bisa Anda nikmati saat berkunjung ke Kabupaten Semarang. Atau yang biasa disebut dengan Semarang Atas.

Salah satu objek wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Kali Pancur. Air terjun ini tersembunyi di salah satu gunung yang mempesona yaitu Gunung Telomoyo.

Meski cukup kecil. Namun, lerengnya memiliki pesona surga, terutama bagi Anda yang berbadan gemuk. Anda benar-benar ingin melewatkan air terjun.

Biaya masuk

Biaya masuk Air Terjun Kali PancurFoto:

Untuk menikmati objek wisata ini, Anda akan dikenakan biaya masuk sebesar 5.000 rupee ke Air Terjun Kali Pancur.

Selain itu, Anda juga harus membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah bagi yang menggunakan mobil dan 3.000 rupiah bagi Anda yang membawa kendaraan bermotor.

Harga tiket masuknya sangat murah, walaupun bisa berubah sewaktu-waktu. Sebab, seiring berjalannya waktu, tempat wisata umumnya mengenakan tarif masuk yang disesuaikan, bisa bertambah atau bahkan berkurang.

Namun satu hal yang pasti, liburan di Air Terjun Kali Pancur tidak akan menguras dompet Anda. Rasakan kealamian air terjun ini dan kawasan serba hijau yang memberikan ketenangan sejati.

Berlibur di wisata semarang dengan biaya murah ini akan membuat anda merasa bahagia. Angin sepoi-sepoi pun menambah kenyamanan para wisatawan saat datang ke sini.

Datang juga ke -> Water Blaster Graha Candi Golf Semarang.

Alamat lokasi dan rute

    Alamat Air Terjun Kali PancurFoto:

Alamat Air Terjun Kali Pancur terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, 50774. Bagi anda yang ingin mengunjungi objek wisata ini.

Anda bisa menggunakan transportasi berupa bus dan turun di Terminal Jaka Tingkir Salatiga. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih 14,5 km dengan perkiraan waktu 27 menit.

Anda bisa mengikuti rute menuju Air Terjun Kali Pancur JL. Lingkar Selatan Salatiga. Kemudian masuk ke Jalan Raya Kopeng hingga Jalan Magelang – Salatiga. Selanjutnya adalah Air Terjun Kali Pancur.

Anda bisa memasuki Jalan Raya Banyubiru – Kopeng hingga tiba di kawasan Gejayan. Setelah itu, Anda bisa bertanya kepada warga di mana letak objek wisata tersebut.

Bagi Anda yang ingin tetap menggunakan transportasi umum. Anda bisa naik bus dari Salatiga ke Kopeng. Selanjutnya turun di Desa Wates.

Untuk mencapai objek wisata ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek sejauh 3 km. Total biaya yang perlu Anda keluarkan adalah 20.000 rupiah.

Usai memarkir sepeda motor, jangan berharap bisa langsung menikmati keindahannya. Karena pertama-tama Anda harus menuruni sekitar 900 anak tangga.

Jadi persiapkan betul hati, jiwa dan raga. Untuk sampai ke titik lokasi.

Kehati-hatian juga diperlukan di sini, karena sudut kemiringan di sini adalah 90 derajat. Ada juga sudut kemiringan 70 derajat.

Bagi yang ingin menikmati objek wisata ini harus datang pada jam 8 pagi dan kembali sebelum jam 5 sore. Sebab jika pulang lewat dari jam 17.00, maka kawasan tersebut akan sangat gelap



Kunjungi juga Candi Gedong Songo di Semarang.

Keajaiban Air Terjun Kali Pancur

    Wisata Air Terjun Kali PancurFoto:

Wisata Air Terjun Kali Pancur ini tingginya sekitar 100 meter. Namun air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di kabupaten semarang. Saat Anda menuruni banyak anak tangga, Anda dapat mengagumi keindahan pepohonan yang memikat.

Suhu udaranya cukup sejuk sehingga rasa lelah tidak akan berkurang. Ditambah lagi suara air terjun terdengar sangat dekat. Jadi keseruan menuju ke sana sangat besar.

Waktu terbaik mengunjungi objek wisata ini adalah saat musim hujan. Namun, jalannya agak licin pada saat ini. Namun aliran air yang keluar dari atas sangat deras. Jadi terlihat memukau.

Bagi Anda yang datang saat musim kemarau, kondisi jalan cukup bagus, hanya saja limpasan air yang bisa Anda nikmati sangat minim.

Jangan lupa bagi Anda yang hobi memotret bisa membawa kamera yang mumpuni.

Pasalnya keindahan kawasan ini akan sangat penting bagi Anda jika tidak mengabadikannya melalui foto dan gambar.

Terdapat alun-alun jembatan yang bisa Anda jadikan tempat yang mempesona. Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini disarankan untuk tidak mendekati air terjun saat air sedang cepat turun.

Karena bisa jadi titik air itulah yang membuat Anda basah. Hal yang sama berlaku untuk kamera yang Anda bawa.

Ulasan Sebelumnya -> Brown Canyon Semarang.

Fasilitas air terjun Kali Pancur

    Wisata Air Terjun Kali PancurFoto:

Tempat wisata Air Terjun Kali Pancur ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Sesampainya di parkiran, Anda akan disambut oleh beberapa penjual makanan yang menawarkan makanan ringan dan air minum kemasan. Tidak hanya di sini saja, di sepanjang jalan dan di kawasan wisata juga Anda akan menemukan stand-stand.

Selain itu, toilet umum juga tersedia dalam kondisi cukup bersih. Untuk Anda umat Islam. Anda bisa mengadakan kebaktian di musala yang juga dikelola dengan cukup baik. Tersedia sarung, sajadah, dan rukuh yang bisa Anda gunakan.

Lihat juga -> Daftar 21 Tempat Wisata Terindah di Semarang.

Air Terjun Kali Pancur merupakan keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, Anda harus berjalan cukup jauh terlebih dahulu untuk menikmati pesonanya. Meski demikian, panorama ini tidak akan pernah membuat Anda kehilangan tenaga dan keringat. Jika Anda sudah pernah mengunjungi objek wisata ini, kapan Anda melakukannya?

Tip berkunjung

Tips mengunjungi air terjun Kali PancurFoto:

Sebelum berlibur ke sini, tak ada salahnya menyimak beberapa tips mengunjungi Air Terjun Kali Pancur berikut ini.

  • Sebaiknya datang pada pagi hari atau dini hari, agar Anda bisa leluasa menjelajahi setiap sudut indahnya.
  • Perhatikan kondisi cuaca saat ini dan jangan datang kesini jika hujan deras.
  • Jangan sampai larut malam, karena suasana di sini cukup suram pada malam hari dan penerangan yang minim.
  • Anda bisa membawa bekal sendiri sebelum sampai disini agar tidak bingung jika haus atau lapar.
  • Kebersihan di kawasan wisata Air Terjun Kali Pancur wajib dijaga dengan selalu membuang sampah disana.
  • Berhati-hatilah dan selalu hargai keselamatan – demi kebaikan diri sendiri dan sesama manusia.
  • Penting untuk memakai alas kaki yang menunjang aktivitas di area air terjun atau air terjun.

Demikianlah ulasan singkat mengenai salah satu tempat wisata alam terpopuler di Semarang yaitu Air Terjun Kali Pancur. Suasana alam yang ditawarkan kepada Anda dikelilingi udara sejuk khas dataran tinggi akan membuat Anda betah selama berlibur.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button