Tempat Wisata

Air Terjun Kedung Pedut, air terjun alami yang eksotis di Kulon Progo

harga tiket: Rp6.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: JL Kutogiri Gunung Kelir, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; map: Cek lokasi

Jika Anda bosan dengan destinasi wisata modern, air terjun Kedung Pedut Kulon Progo bisa menjadi solusinya. Air terjun ini memiliki suasana yang tenang dan asri. Selain itu, air terjun ini terkenal memiliki dua warna yang indah, biru toska dan jernih alami. Pesonanya tentu membuat Anda ingin segera merasakan kesegaran airnya.

Di tempat wisata ini, Anda tidak hanya bisa merenungkan keindahan air, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas seru. Cobalah menikmati air di pancuran bambu atau bermain seluncuran kayu yang menyenangkan. Anda dapat menenangkan pikiran dari stres setelah bekerja ketika datang ke air terjun.

Awal mula Air Terjun Kedung Pedut adalah hasil dari aliran mata air yang disebut Mudal. Mata air ini mengalir ke berbagai air terjun di Kulon Progo. Namun, setiap air terjun memiliki kedalaman dan karakteristik yang berbeda. Fasilitas di tempat wisata ini juga sangat memadai dan akan membuat Anda nyaman berlibur.

Daya tarik air terjun Kedung Pedut

Daya tarik air terjun Kedung PedutSumber gambar: Google Maps Wisata Jogja

1. Keindahan alam yang indah dan mempesona

Daya tarik utama air terjun Kedung Pedut adalah alamnya yang tenang sehingga banyak dikunjungi wisatawan, terutama pecinta alam. Air terjun yang hadir dengan warna bening dan biru kehijauan ini sangat jarang ditemui di tempat wisata lainnya. Banyak sekali wisatawan yang mengabadikan kelangkaan pesona alam ini dengan berfoto di tempat ini.

Selain itu, pemandangan alam yang masih asri memastikan semua orang betah saat berkunjung. Air terjun ini terlihat lebih indah saat terkena sinar matahari, yang membuat warnanya mengkilat dan indah. Arus airnya sendiri tidak terlalu kuat sehingga aman digunakan untuk berenang.

2. Fasilitas lengkap

Meski berupa wisata alam, air terjun ini menawarkan banyak fasilitas menarik yang bisa Anda manfaatkan selama liburan di sana. Fasilitas yang paling disukai wisatawan adalah Flying Fox karena dapat memacu adrenalin dan membuat liburan semakin seru. Jadi Anda bisa menikmati dua jenis wisata sekaligus, baik yang alami maupun yang modern di satu tempat.

Liburan di lokasi air terjun ini akan lebih berkesan jika Anda mengajak keluarga atau sekelompok teman untuk mengunjunginya. Anda dapat meluncur dalam kelompok dan membuat liburan semakin menyenangkan. Tempat wisata ini juga menawarkan banyak fasilitas lain yang cukup lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan para pengunjungnya.

3. Spot foto terbaik

Daya tarik Kedung Pedut selanjutnya adalah salah satu spot foto terbaik di kawasan Jogjakarta. Berfoto dengan latar belakang air terjun two tone tentunya memberikan hasil yang keren dan estetis. Uniknya, aktivitas foto ini tidak harus Anda lakukan hanya di lokasi air terjun. Destinasi wisata ini memiliki beberapa spot foto populer.

Banyak wisatawan terutama anak muda yang berswafoto di sekitar air terjun. Anda bisa berfoto bersama keluarga di atas jembatan khas bambu yang terlihat alami dan menawan. Mengabadikan momen sambil bermain flying fox juga memastikan liburan Anda memiliki kenangan terbaik yang sulit untuk dikenang kembali.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Kedung PedutSumber gambar: Google Maps Ditta Alfianto

Air Terjun Kedung Pedut terletak di kawasan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lebih spesifiknya, alamatnya adalah Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo. Meski jauh dari pusat kota, air terjun ini tetap menjadi destinasi wisata yang populer dan banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya, terutama saat musim liburan dimulai.

Perjalanan menuju tempat wisata ini cukup sulit karena Anda harus melewati area persawahan yang panjang. Sebelum sampai di tempat tujuan, Anda akan melihat berbagai destinasi wisata yang ada di kawasan Kulon Progo. Pemandangan persawahan di sepanjang jalan juga sangat menarik karena bentuknya yang bertingkat-tingkat dengan beberapa tebing di sekelilingnya.

Anda perlu mengendarai mobil atau motor pribadi karena tidak ada angkutan umum untuk menuju Air Terjun Kedung Pedut. Dari pusat kota Jogja, berkendara ke selatan menuju Jalan Mayor Suryotomo dengan mobil. Kemudian lanjutkan ke Jalan RE Martadinata ke arah barat. Gunakan rute melalui Jalan Panembahan Senopati dan KH Ahmad Dahlan.

Lanjutkan ke Jalan Wates, Siliwangi dan Godean hingga pertigaan di sebelah barat. Anda dapat mengendarai mobil menggunakan peta online atau petunjuk arah mengemudi yang tersedia. Pastikan juga arah jalan sudah benar dengan bertanya kepada warga sekitar. Kemudian arahkan kendaraan ke Jalan Raya PS Kenteng yang berada di dekat tujuan.

Total jarak yang ditempuh dari pusat kota sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh satu jam. Rasa lelah perjalanan akan hilang ketika melihat pesona destinasi dan langsung merasakan kesegaran air terjunnya.

Biaya masuk objek wisata

Tiket masuk Air Terjun Kedung PedutKredit foto: Google Maps Mumtaz Mahfud

Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Pedut cukup standar dimana kamu hanya perlu membayar 6000 rupiah untuk setiap orangnya. Ini karena Anda bisa menikmati keindahan air terjun dan berbagai tempat menarik di dalamnya. Untuk parkir kendaraan adalah 10.000 untuk mobil dan 3.000 rupiah untuk anda yang menggunakan sepeda motor.

Namun karena keterbatasan waktu, seseorang tidak bisa menikmati keindahan air terjun ini selama berhari-hari. Jam buka tempat wisata ini buka pukul 07.00 pagi dan tutup pukul 17.00 sore. Jadi kamu harus benar-benar memanfaatkan setiap momen agar liburan di air terjun ini terasa lebih maksimal dan memuaskan.

Aktivitas Menarik di Air Terjun Kedung Pedut

Aktivitas air terjun Kedung PedutSumber gambar: Google Maps Saputra adit

1. Perburuan Foto Terbaik

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Kedung Pedut adalah fotografi. Kegiatan selfie tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi tempat wisata, terutama air terjun yang indah seperti yang satu ini. Anda bisa membawa kamera atau ponsel terbaik untuk mengabadikan banyak momen liburan di destinasi wisata tersebut.

Beberapa spot foto yang paling diminati wisatawan adalah warna air terjun, jembatan, gardu padang dan lokasi Flying Fox. Namun tak sedikit pula wisatawan yang berfoto bersama keluarga di gazebo sebagai oleh-oleh saat berlibur di Kulon Progo. Bahkan, wisata ini semakin populer dengan banyaknya pengunjung yang membagikan foto air terjun di media sosial.

2. Berenang

Aktivitas yang wajib dilakukan saat mengunjungi objek wisata alam berupa laut atau air terjun adalah berenang. Anda bisa merasakan kesegaran air terjun dari pembukaan hingga penutupan dengan harga tiket yang sangat murah. Bermain air sepuasnya memang menyenangkan, apalagi bagi anak-anak yang berkunjung.

Air terjun Kedung Pedut yang unik memungkinkan Anda untuk melompat setinggi 6 meter, yang disebut abseiling. Anda bisa menggunakan pelampung agar lebih aman saat merasakan keseruannya. Sekarang sudah banyak tempat dimana anda bisa menyewa pelampung di lokasi air terjun ini.

3. Bersantai di tempat tidur gantung

Bagi Anda yang suka bersantai sambil menikmati keindahan alam, Anda bisa membawa hammock saat Anda pergi berlibur ke destinasi wisata ini. Pasang tempat tidur gantung di cabang yang kuat di hutan yang paling dekat dengan air terjun. Anda bisa beristirahat sambil merasakan sejuk dan sejuknya angin di sekitar hutan.

Anda bisa melakukan aktivitas ini di sore hari agar terik matahari tidak terlalu menyengat dan membutakan penglihatan Anda. Anda harus memperhatikan waktu agar tidak tertidur sampai larut malam dan tidak mudah keluar dari lokasi. Ini harus diperhitungkan karena tur ini tidak buka 24 jam.

4. Mainkan Sky Bike dan Flying Fox

Aktivitas Seru di Air Terjun Kedung PedutKredit foto: Instagram kedung.pedut

Aktivitas menarik selanjutnya dari Air Terjun Kedung Pedut Kulon Progo adalah bermain beberapa wahana ekstrim di dalamnya. Di lokasi Sky Bike, Anda bisa merasakan sensasi bermain floating state bike. Cobalah sepeda langit ini dan ambil foto yang bagus di sepanjang jalan. Bermain Sky Bike membutuhkan biaya sebesar 30.000 rupiah per orang.

Selain itu, ada juga flying fox yang tak kalah menarik untuk dinikmati. Anda dapat menggunakan berbagai gaya geser terbaik dengan mengambil foto teman atau kerabat. Anda perlu membayar sekitar 20.000 rupiah untuk menikmati flying fox ini.

5. Bersantai sambil bersantap di gazebo

Meski tidak banyak warung, Anda bisa duduk santai di paviliun sambil menikmati pilihan makanan yang dibawa masuk. Anda juga bisa menggunakan fungsi gazebo untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas.

6. perkemahan

Anda bisa berkemah di sekitar Air Terjun Kedung Pedut dengan meminta izin kepada warga sekitar atau Panitia Destinasi Wisata terlebih dahulu. Tempat perkemahan tersedia, memungkinkan Anda untuk menikmati air terjun 24 jam sehari.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Kedung PedutKredit foto: Google Maps Mumtaz Mahfud

Fasilitas di Air Terjun Kedung Pedut cukup lengkap. Tersedianya mushola, toilet, dan tempat parkir tentunya memudahkan Anda untuk ke gereja, mandi, ganti baju, dan memarkir kendaraan Anda dengan lebih aman. Tersedia juga gazebo bagi Anda yang ingin bersantai dan menikmati alam.

Destinasi wisata ini tidak hanya menawarkan fasilitas umum, tetapi juga Gardu Induk Padang yang sering dijadikan spot foto oleh pengunjung. Ada juga tempat unik lainnya seperti beberapa pancuran yang terbuat dari bambu dengan bentuknya yang khas. Anda bisa duduk di beberapa papan bambu sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

Fasilitas lain yang menarik adalah tersedianya Flying Fox bagi Anda yang menyukai aktivitas memompa adrenalin. Rute flying fox cukup luas karena melintasi seluruh area air terjun. Anda akan merasakan ketegangan saat melayang di atas gemuruh air terjun.

Itulah beberapa informasi dari Wisata Air Terjun Kedung Pedut yang sangat keren di Kulon Progo ini. Anda wajib mengunjunginya jika sedang berada di kota Jogjakarta dan sekitarnya. Siapkan bekal makanan yang cukup saat mengunjungi objek wisata ini. Bagikan beberapa foto air terjun keren yang akan menarik minat masyarakat untuk berkunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button