Tempat Wisata

Air Terjun Kembar Grenjengan, air terjun mempesona di tengah panorama Hutan Pinus Magelang

Temukan pesona tersembunyi Air Terjun Grenjengan Kembar di Magelang, surga alam dengan air deras dan jernih di tengah panorama hutan pinus yang menakjubkan.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Pakis, Satap Kragilor, Muneng Warangan, Kec. Pakis, Cab.Magelang, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Grenjengan Kembar merupakan objek wisata di lereng Gunung Merbabu yang menampilkan lebih dari satu air terjun sekaligus dalam satu kawasan. Destinasi wisata cantik ini selalu dijadikan tempat liburan bersama rombongan teman dan keluarga. Tak heran jika banyak pengunjung yang penasaran dengan panorama yang ditawarkan.

Air Terjun Grenjengan-Kembar selalu ramai dikunjungi terutama di akhir pekan atau saat musim liburan. Wisata alam menawarkan banyak hal menarik, mulai dari nuansa alam hingga fasilitas yang tersedia. Bagi Anda yang tertarik, penting sekali mengetahui apa saja yang ditawarkan wisata air terjun berikut ini.

Cek Tiket Masuk Junkyard Autopark Magelang

Daya Tarik Air Terjun Kembar Grenjengan

Daya tarik Air Terjun Kembar GrenjenganFoto oleh Albertdigda Buana di Google Maps

1. Letaknya di lereng gunung

Daya tarik utama Air Terjun Kembar Grenjengan Magelang adalah lokasinya yang berada di lereng Gunung Merbabu. Perlu diketahui bahwa gunung megah ini menjadi sumber air bagi masyarakat disekitarnya. Air Terjun Grenjengan Kembar terletak di tengah hutan pinus yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Merbabu.

2. Air Terjun Kembar

Hal yang ikonik dari air terjun fenomenal ini adalah adanya dua aliran air terjun yang mengalir dalam satu kawasan. Air terjun pertama tingginya sekitar 12 meter ke tingkat pertama dan kemudian turun 2 meter ke tingkat kedua. Air terjun kedua tingginya 18 meter.

Voucher Sarapan Piknik Dagi Abhinaya Magelang

3. Air tawar

Perlu diketahui, Sumber Air Terjun Grenjengan-Kembar yang terletak di Magelang merupakan anak sungai Cebong yang bermuara di lereng Gunung Merbabu. Sebab, air yang mengalir sangat bersih, jernih dan terasa segar. Pengunjung yang merasa lelah langsung bersemangat dan segar saat mencuci muka atau bermain air di sini.

4. Pemandangan hutan pinus

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, air terjun unik ini terletak di tengah kawasan hutan pinus, sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan pepohonan yang hijau dan tumbuh indah sambil berkendara. Akses jalan sangat mudah karena disediakan jalan setapak untuk digunakan pejalan kaki.

5. Spot foto yang estetis

Daya tarik lainnya adalah berbagai spot foto yang estetis dan bisa dijadikan bahan fotografi. Mulai dari panorama pegunungan, air terjun Grenjengan-Kembar, hingga hutan pinus yang bisa dijadikan backdrop foto. Tak heran jika banyak pengunjung yang berlomba-lomba mendapatkan hasil jepretan yang bagus.

Hotel murah di Magelang

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Kembar GrenjenganFoto Peternakan Otentik di Google Maps

Sebelum mengunjungi suatu objek wisata, sangat penting untuk mengetahui alamatnya agar perjalanan berjalan lancar. Lokasinya berada di Dusun Citran, Desa Muewarang, Kecamatan. Pakis, Kab.Magelang, Jawa Tengah. Lebih spesifiknya, air terjun ini terletak di kawasan yang sama dengan Taman Nasional Gunung Merbabu.

Akses melalui jalan darat sangat mudah sehingga dapat diakses dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat. Namun seluruh kendaraan di Desa Munawarang harus berhenti untuk parkir di tempat parkir. Pengunjung selanjutnya harus berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 21 km dari Alun-Alun Magelang.

Seperti diketahui, harga tiket ke objek wisata alam indah ini sangat terjangkau sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati eksotiknya. Tiket masuk tempat ini seharga Rp 10.000,- dan sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Air Terjun Kembar GrenjenganFoto oleh Andri Hermawan di Unsplash

Menjelajahi kawasan hutan pinus

Setelah memarkir kendaraan pribadi, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju lokasi utama Air Terjun Grenjengan-Kembar dengan berjalan kaki atau trekking. Anda bisa menggunakan jalur yang disediakan untuk menjelajahi kawasan hutan pinus. Waktu perjalanannya cukup lama dan memakan waktu sekitar 30 menit.

Perlu diketahui kondisi jalan terawat baik, tidak berkelok, tidak panjang dan tidak curam. Namun ada beberapa tempat yang masih berbahaya karena tidak dilengkapi pagar pembatas. Ini akan membantu Anda tetap waspada dan berhati-hati saat berjalan melewati area tersebut.

Di awal pendakian Anda akan melewati jalan setapak yang diapit oleh dua bukit kecil kembar yang membentuk dinding ikonik. Tembok ikonik ini dikenal dengan sebutan “Tembok Cinta” dan mengundang Anda untuk berfoto. Selanjutnya Anda akan melewati kawasan hutan bambu dan jembatan kecil.

Menikmati pemandangan Air Terjun Kembar Grenjengan

Tentu saja aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan selama berlibur di Air Terjun Grenjengan-Kembar adalah menikmati keindahannya. Pasalnya, keberadaan air terjun bertingkat dua dan bertingkat umumnya jarang ditemukan di wisata air terjun. Pengunjung bisa bersantai menikmati keindahan alam sambil duduk santai merasakan kesejukan air terjun.

Setelah melakukan pendakian yang cukup berat, Anda tentunya membutuhkan waktu sejenak untuk beristirahat. Anda bisa bersantai di gazebo yang disediakan sambil menikmati indahnya panorama air terjun dan pepohonan di sekitarnya. Tentu saja rasa penat dan bosan akan langsung hilang begitu melihat keindahannya.

Difoto

Dengan berbagai spot foto menarik, Anda bisa berfoto sepuasnya di kawasan Air Terjun Kembar Grenjengan Magelang. Tak perlu repot mencari spot foto, Anda bisa menemukannya dengan mudah, mulai dari akses jalan, hutan pinus, air terjun, hingga tanaman asri dan hijau.

Bermain di air

Sesampainya di objek wisata tersebut pasti Anda akan tergiur dengan kesegaran air terjunnya dan langsung ingin terjun ke dalamnya. Anda bisa bermain air, berenang atau berendam di kolam air terjun. Kesegaran airnya selalu berhasil mengusir rasa penat dan penat yang langsung menghampiri Anda. Anda akan kembali bersemangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Kuliner

Setelah serangkaian aktivitas seru, Anda pasti akan merasa lapar dan haus. Rasanya perut ingin diisi dengan makanan enak agar energi terisi penuh. Tak perlu khawatir karena di sekitar objek wisata terdapat warung-warung wisata sederhana yang menyediakan berbagai makanan dan minuman lezat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Kembar GrenjenganFoto oleh Eko Zazid di Google Maps

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau, Air Terjun Grenjengan Kembar menawarkan fasilitas yang lengkap. Artinya, pengunjung merasa nyaman meski tinggal lebih lama di sini karena kebutuhannya terpenuhi. Demi keamanan, pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi dapat menitipkannya di tempat parkir yang tersedia.

Tentu saja lahan parkirnya cukup untuk menampung seluruh kendaraan pribadi pengunjung dalam waktu bersamaan. Terdapat pula area terpisah khusus sepeda motor dan mobil untuk memudahkan pengunjung menemukan lokasi kendaraannya. Selain itu, area pendopo juga dapat digunakan untuk bersantai setelah berbagai aktivitas berat.

Berkat petugas kebersihan, toilet dan kamar mandi pun tersedia dalam kondisi cukup bersih dan terawat. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir mencari tempat untuk buang air besar atau kecil. Warung sederhana pun mudah ditemukan dan menyajikan berbagai menu lezat. Berbagai spot foto menarik juga tersedia bagi pengunjung secara gratis.

Ini informasi penting yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi Air Terjun Grenjengan Kembar. Tempat wisata alam eksotik ini berbeda dengan tempat wisata alam lainnya dengan adanya dua air terjun di kawasan hutan pinus yang indah dan berbunga. Airnya yang bersih dan segar karena berasal dari sumber Gunung Merbabu menjadikannya tempat liburan yang ideal.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button