Tempat Wisata

Air Terjun Kepala Curup : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Dulunya air terjun ini merupakan pembangkit listrik tenaga air mini yang digunakan oleh PLN. Pembangkit listrik ini dapat menyuplai listrik ke wilayah padat penduduk di Kabupaten Padang Ulank Tanding, Sindang Kelingi, dan Padang. Namun sangat disayangkan pembangkit listrik tersebut kini sudah tidak berfungsi lagi karena gensetnya sudah rusak. Kerusakan ini juga terjadi lebih dari 5 tahun lalu.

Air Terjun Kepala Curup juga merupakan tempat wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan dan tidak hanya wisatawan daerah saja yang sering terlihat mengunjungi tempat ini namun wisatawan dari luar daerah juga sering terlihat mengunjungi tempat ini. Kawasan wisata ini juga akan terlihat ramai terutama di akhir pekan atau hari libur. Nama air terjun ini sendiri juga cukup erat kaitannya dengan nama tempat dimana air terjun ini berada yaitu Desa Kepala Curup.

Keindahan dan keistimewaan yang ditawarkan air terjun ini tentu saja karena air terjun ini sangat indah dan sangat memikat hati para wisatawan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter dan dikelilingi oleh panorama alam yang sangat mempesona namun sangat alami. Di ketinggian tersebut aliran airnya begitu melimpah, tentu saja menjadikannya sangat indah bagi pengunjung.

Tak hanya air terjunnya yang indah, kawasan ini juga memiliki berbagai jenis pepohonan rindang yang menghiasi kawasan ini. Suara gemericik air terjun berpadu dengan sejuknya angin menciptakan suasana yang sangat menyenangkan dan membuat pengunjung betah dan bisa berlama-lama berada di kawasan ini. Bentuk bebatuan yang berbeda-beda juga turut menambah kealamian pemandangan ini. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati airnya yang jernih dan sejuk, tetapi juga menikmati keindahan air terjun ini dengan duduk dan bersantai di atas bebatuan.

Keindahan lain yang ditawarkan kawasan wisata di sini adalah berbagai jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di kawasan ini. Terdapat berbagai spesies burung, serangga, primata, dan berbagai spesies tumbuhan langka dan indah. Ada juga tumbuhan seperti bunga bangkai atau rafflesia. Artinya pengunjung tidak hanya bisa melihat keindahan air terjun saja, namun jika beruntung juga bisa bertemu dengan berbagai jenis satwa atau bahkan jenis bunga langka yaitu bunga Rafflesia yang sedang mekar.

Keistimewaan lain dari air terjun Curup Kepala Tejun. Dibalik air terjun yang deras dan tinggi terdapat sebuah gua yang saat ini dihuni oleh kelelawar. Tentunya pengunjung juga bisa melihat dan menikmati eksotisme alam gua ini. Hal ini pula yang menjadi alasan dan daya tarik pengunjung yang ingin berkunjung ke tempat wisata ini.

Namun agak disayangkan karena masih belum tersedianya fasilitas pendukung seperti warung makan di tempat wisata ini. Oleh karena itu pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan liburan seperti makanan dan minuman.

Baca juga: Pantai Tapak Paderi, nikmati indahnya matahari terbenam

Tempat ini sangat cocok bagi pengunjung yang ingin mencari suasana tenang dan menjauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota. Jadi buat anda yang masih bingung ingin mengunjungi tempat mana untuk liburan anda. Tidak ada salahnya untuk menambahkan Air Terjun Kepala Curup ke dalam daftar destinasi liburan Anda.

Lokasi Air Terjun Kepala Curup

Air Terjun Kepala Curup terletak di Desa Kepala Curup, Kecamatan Padang Ulan Tanding, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu

Akses Menuju Air Terjun Kepala Curup

Akses menuju tempat ini tidak terlalu sulit. Jika anda menempuh perjalanan dengan kendaraan, jaraknya hanya sekitar 30 km dari Kota Curup dan waktu perjalanan kurang lebih 1 jam. Anda juga bisa mencapai lokasi menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Untuk sampai ke air terjun terlebih dahulu harus berjalan kaki. Wahana ini berjarak sekitar 300 meter dari jalan utama.

Biaya masuk Air Terjun Curup Kepala

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan Oktober 2023)

Jam Buka Air Terjun Kepala Curup

Tips berlibur di Air Terjun Kepala Curup

  • Jaga selalu kesehatan dan persiapkan stamina yang cukup, karena untuk sampai ke tempat tujuan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki

  • Bawalah perbekalan yang diperlukan dan jangan lupa membawa makanan dan minuman karena tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman di kawasan ini.

  • Cobalah untuk mengunjungi tempat ini ketika cuaca bagus

  • Selalu melestarikan alam dengan tidak merusak keindahan alam dan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri foto air terjun Curup Kepala

Potret Air Terjun Kepala Curup
Berburu foto di Air Terjun Bawah
Bersantai di bawah Air Terjun Kepala Curup
Spot foto di bebatuan
Potret keindahan air terjun dari hilir

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button