Tempat Wisata

Air Terjun Kolam Biru Rerebe: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Kabupaten Gayo Lues merupakan wilayah yang didominasi oleh perbukitan tinggi dan pegunungan. Tak heran jika kabupaten ini mendapat julukan “Negeri Seribu Bukit”. Kawasan ini juga menyembunyikan berbagai wisata alam yang keindahannya patut untuk dikunjungi. Contoh kecilnya adalah Air Terjun Telaga Biru Rerebe.

Air Terjun Telaga Biru Rerebe merupakan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan air terjun bertingkat sekaligus kolam berwarna biru. Objek wisata ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Gayo Lues sehingga menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Wisatawan disuguhi fenomena air terjun yang eksotis serta kolam yang airnya berubah menjadi biru bak kolam bidadari.

Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Secara geografis Air Terjun Telaga Biru Rerebe terletak di Desa Rerebe, Kecamatan Tripe Jaya, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Untuk menyaksikan keindahan tempat wisata ini, pengunjung harus menempuh perjalanan minimal 2 hingga 3 jam dan menempuh jarak sekitar 50 kilometer dari ibu kota Gayo Lues yaitu Blangkejeren.

Tidak mudah memang melihat pesona air terjun Telaga Biru Rerebe. Wisatawan harus melewati kawasan pemukiman penduduk setempat dan jalan yang masih belum beraspal. Dulu, pengunjung bahkan harus menempuh jalan yang cukup terjal menanjak melewati perbukitan dan melewati sungai yang mengalir dari air terjun.

Dulunya hanya sedikit air terjun yang mengalir ke cekungan biru ini. Hal tersebut berubah ketika pemilik kolam renang ini berinisiatif pada tahun 2010 untuk membuka jalan baru dan menyulap tempat indah ini menjadi objek wisata alam. Pembangunan jalan yang akan memudahkan akses wisatawan telah dimulai, meskipun belum diaspal dengan baik. Selain itu, alat berat juga digunakan untuk memperbaiki air terjun Kolam Rerebe Biru agar aliran air langsung mengalir ke kolam.

Pesona Air Terjun Telaga Biru Rerebe

Memang tempat wisata ini tidak muncul secara alami, namun keindahan air terjun Kolam Biru Rerebe tetap mempesona. Wisatawan disuguhi pemandangan langka berupa air terjun indah di perbukitan hijau. Airnya sangat jernih dan segar, wisatawan bisa langsung meminum airnya untuk menghilangkan dahaga.

Di air terjun ini wisatawan bisa merasakan kesegaran airnya dengan berdiri langsung di bawah hujan air yang jatuh dari atas. Perasaan yang didapat cukup mengasyikkan karena air menutupi seluruh tubuh Anda. Kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai refleksi alami untuk menghilangkan penat dan penat setelah perjalanan jauh yang Anda jalani.

Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Setelah pengunjung puas dengan air terjunnya, mereka bisa menuju ke kolam biru yang letaknya sangat dekat dengan air terjun. Di sini biasanya wisatawan mengutarakan keinginannya untuk mandi dan menikmati segarnya air di air terjun Telaga Biru Rerebe. Sungguh pemandangan yang luar biasa melihat kolam dengan air berwarna biru cerah.

Kolam di air terjun Rerebe Blue Pool ini memiliki panjang sekitar 110 meter dan lebar 100 meter. Oleh karena itu, cukup luas untuk wisatawan yang datang bersama keluarga atau teman. Kedalaman kolam bervariasi antara 2 hingga 8 meter. Wisatawan tetap diimbau untuk berhati-hati saat berenang di kolam biru ini.

Dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun, tempat wisata ini seakan menjadi tempat yang tepat untuk menyegarkan diri. Perpaduan warna biru air kolam dan hijaunya pepohonan disekitarnya menciptakan komposisi warna yang sangat memanjakan mata. Tak jarang wisatawan mendengar kicauan burung liar yang semakin menambah suasana alam di air terjun Kolam Biru Rerebe.

Sayangnya akhir-akhir ini banyak kita temukan sampah plastik yang berasal dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Tentu saja pemandangan tersebut sangat mengurangi keindahan alam air terjun Kolam Biru Rerebe. Diharapkan wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini selalu menjaga kebersihan dan ikut melestarikan alam pemberian Tuhan.

Fasilitas air terjun Kolam Biru Rerebe

Fasilitas yang ada di objek wisata Air Terjun Kolam Biru Rerebe cukup memprihatinkan. Pasalnya, pengelolaannya masih belum jelas dan lokasi objek wisatanya sendiri berada di perbukitan sehingga menyulitkan pembangunan fasilitas wisata. Lokasi ini belum memiliki fasilitas seperti toilet umum, tempat parkir dan musala untuk kebaktian gereja.

Wisatawan biasanya meninggalkan kendaraannya di pekarangan rumah warga di Desa Rerebe. Tentunya wisatawan harus meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik rumah. Pengunjung dapat menggunakan musala yang ada di desa Rerebe ketika waktu salat tiba. Selain itu, jalan menuju Air Terjun Telaga Biru Rerebe juga masih belum beraspal dengan baik.

Baca juga:

Bagi wisatawan yang tidak membawa bekal tidak perlu khawatir, di sekitar tempat wisata terdapat penjual makanan dan minuman yang cukup untuk menunjang perut keroncongan Anda. Bagi yang ingin bermalam, wisatawan dapat memilih hotel atau akomodasi di kota Blangkejeren.

Liburan ke Air Terjun Kolam Biru Rerebe bisa menjadi alternatif wisata menarik menjelang akhir pekan. Berikut aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung di tempat wisata tersebut.

Nikmati keindahan air terjun dan kolam

Jika Anda menyukai wisata alam, Air Terjun Pondi Biru Rerebe wajib Anda kunjungi. Keindahan tempat wisata yang menawarkan perpaduan indah perbukitan alami, air terjun indah, dan kolam air biru yang menyerupai laut ini tak perlu diragukan lagi. Anda bisa bermain air, mandi, berenang di kolam dan air terjun sepuasnya.

Namun, jika tidak ingin basah, Anda juga bisa bersantai menikmati indahnya alam dengan duduk di tepi kolam dan mencelupkan kaki ke dalam air. Tempat wisata ini seolah-olah merupakan sebuah kolam alami pribadi yang bisa Anda nikmati sepuasnya. Suasana alam sekitar dan udara sejuk juga menjadi nilai tambah, menjadikan tempat ini sangat cocok bagi Anda yang mendambakan kedamaian dan ketenangan.

Perburuan Foto

Tak lengkap rasanya jika sampai di air terjun Telaga Biru Rerebe namun tidak berswafoto di depan kamera dan mengabadikan momen tak terlupakan tersebut. Anda bisa mencari foto di berbagai lokasi, seperti air terjun atau kolam dengan air berwarna biru. Rangkaian bukit tersebut memancarkan keindahan tersendiri yang bisa Anda jadikan backdrop foto.

Jika Anda memiliki drone, Anda dapat mencari foto di atas kepala dari berbagai sudut. Keindahan tempat wisata ini seakan semakin menampakkan pesonanya. Suara air terjun yang mengalir turun dari puncak bukit lalu mengalir ke kolam berwarna biru merupakan fenomena langka dan tentunya sangat layak untuk difoto sebagai karya fotografi bagi Anda.

Harga tiket air terjun Kolam Biru Rerebe

Wisatawan yang masuk ke Air Terjun Kolam Biru Rerebe tidak dipungut biaya dan juga tidak dipungut biaya.

Jam Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Buka setiap hari mulai pukul 06:30 hingga 18:30

Baca juga:

Peta lokasi air terjun Telaga Biru Rerebe

Tips Menuju Air Terjun Kolam Biru Rerebe

  • Persiapkan kondisi fisik Anda sebelum menuju ke tempat wisata ini.
  • Bawalah perbekalan secukupnya karena membawa terlalu banyak barang akan menyulitkan perjalanan.
  • Berhati-hatilah saat berkendara menuju tempat wisata karena jalannya cukup menantang.
  • Bawalah baju ganti karena sayang sekali jika tidak merasakan segarnya air di tempat wisata ini.
  • Jagalah kebersihan Air Terjun Telaga Biru Rerebe dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Memperhatikan kelestarian dan tidak merusak apapun pada objek wisata.
  • Doakan agar liburanmu berjalan sesuai rencana.

Galeri Foto Air Terjun Kolam Biru Rerebe

Potret air terjun Kolam Biru Rerebe

Bermain sambil mandi di air terjun
Kegembiraan anak-anak bermain di air terjun
Spot foto di pinggir air terjun Lubuk
Spot foto di bawah air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button