Tempat Wisata

Air Terjun Kuta Malaka Aceh – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Air Terjun Kuta Malaka Aceh – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket
Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Kuta Malaka, Luthu Lamweu, Kec. Suka Makmur, Kab.Aceh Besar, Aceh; Map: Periksa lokasinya

Provinsi Aceh memiliki ribuan potensi wisata alam yang masih terpelihara dengan rapi dan jarang dieksplorasi oleh wisatawan, termasuk Air Terjun Kuta Malaka. Tentunya masyarakat yang tinggal di sekitar air terjun sudah tidak asing lagi. Namun banyak juga masyarakat yang belum mengetahui keberadaan tempat wisata ini.

Faktanya, air terjun ini menawarkan segudang keindahan yang mampu membuat siapapun yang melihatnya akan terkagum-kagum. Wisatawan yang datang ke tempat ini dijamin akan merasakan sensasi berwisata yang seru dan tak terlupakan. Jadi jika Anda sedang berada di Aceh, sayang jika melewatkan air terjun eksotik ini.

Agar suasana liburan semakin menyenangkan, Anda bisa mengajak teman, pasangan, dan keluarga. Air terjun cantik ini diharapkan bisa menjadi salah satu tempat wisata andalan di Aceh. Agar anda tidak penasaran lagi dengan air terjun Kuta Malaka ini, simaklah beberapa informasi mengenai wisata ini.

Daya tarik yang dimiliki Air Terjun Kuta Malaka

Objek Wisata: Air Terjun Kuta Malaka AcehFoto: Google Maps/Teuku Chaidil

1. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan

Air Terjun Kuta Malaka merupakan air terjun tujuh tingkat. Bahkan ada yang mengatakan kalau air terjun di sana totalnya mencapai 20 tingkat. Tentu saja ini menjadi keunikan yang tidak terdapat di air terjun lainnya.

2. Terdapat perbukitan yang indah

Terdapat barisan perbukitan di mana Anda bisa menikmati keindahan dari puncak air terjun. Dari puncak bukit Anda bisa memandangi wajah kota Banda Aceh yang menakjubkan.

3. Ada 489 langkah

Dari gerbang masuk kawasan Air Terjun Kuta Malaka, menaiki anak tangga yang berjumlah 489 anak tangga. Anak tangga ini mirip jalan setapak, sengaja didesain miring agar tidak terlalu membebani wisatawan.

Tangga yang dapat diakses dengan berjalan kaki menyenangkan karena dinaungi oleh pepohonan rindang. Di sana wisatawan juga akan disambut kicauan burung yang mirip kicauan Gunung Kuta Malaka.

4. Air laut yang jernih dan sejuk

Daya tarik tempat wisata alam ini selanjutnya adalah air danau yang jernih dan sejuk. Hal ini dikarenakan air danau tersebut mengalir dari pegunungan disana, sehingga tidak heran jika kondisi airnya begitu jernih dan juga sejuk.

Kejernihan airnya memungkinkan dasar danau yang berwarna kehijauan itu naik ke permukaan. Kedalaman danau ini 100 hingga 200 m dengan lebar 200 hingga 300 m.

Alamat dan rute menuju lokasi

Biaya masuk ke Air Terjun Kuta MalakaFoto: Google Maps/Teuku Chaidil

Secara administratif Air Terjun Kuta Malaka terletak di Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, lebih tepatnya di Desa Samahani Kecamatan Kuta Malaka. Untuk menuju tempat wisata ini wisatawan harus menempuh perjalanan minimal 40 km atau sekitar 1 jam dari Banda Aceh.

Padahal, jarak yang ditempuh dari Banda Aceh menuju tempat wisata tersebut tidak terlalu jauh. Namun medannya cukup sulit dan ekstrim sehingga perjalanan wisatawan yang ingin menuju air terjun bisa memakan waktu beberapa jam.

Oleh karena itu, diperlukan upaya khusus dan kondisi fisik yang baik untuk mencapai air terjun tersebut. Saat perjalanan dari Kota Banda Aceh menuju Desa Samahani dimulai, kondisi jalan memang sangat bagus.

Petualangan baru dimulai di Desa Samahani dan mengarah ke tempat wisata Air Terjun Kuta Malaka. Wisatawan harus berkendara di jalan berbukit dengan kondisi jalan tanah.

Belum lagi adanya tikungan tajam, tanjakan, turunan dan kondisi jalan yang tidak rata menjadi tantangan tersendiri. Tak jarang wisatawan rela berjalan kaki dan mendorong kendaraan melewati anak-anak sungai.

Sesampainya di puncak bukit anda akan menemukan area parkir kendaraan berupa tembok yang menandakan bahwa lokasi objek wisata tersebut tidak jauh dari situ. Namun wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu untuk benar-benar sampai ke air terjun.

Biaya masuk wisata air terjun

Untuk memasuki kawasan wisata alam yang indah ini, wisatawan harus membayar biaya terlebih dahulu. Tidak perlu khawatir karena pajak yang dikenakan di Air Terjun Kuta Malaka cukup terjangkau. Setiap wisatawan cukup membayar 10.000 rupiah saja.

Biaya pembalasan juga sudah termasuk dalam biaya parkir kendaraan. Jadi jika tidak membawa kendaraan hanya dikenakan biaya pengantaran sebesar Rp 5.000 saja. Jadi Anda tidak perlu menunggu punya banyak uang sebelum bisa menghabiskan liburan di air terjun ini.

Tur fantastis ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Namun mengingat lokasi air terjun yang tergolong terpencil dan tidak berada di tengah pemukiman warga, ada baiknya dikunjungi pada hari libur nasional atau saat akhir pekan.

Waktu terbaik mengunjungi air terjun ini adalah pagi atau sore hari. Dengan begitu Anda bisa menikmati perjalanan dan pemandangan indah dalam perjalanan menuju tempat wisata.

Berbagai aktivitas seru di Air Terjun Kuta Malaka

Aktivitas Seru Air Terjun Kuta Malaka AcehFoto: Google Maps/Seni Bela Diri Internasional. PP Indatu Aceh

1. Bermain air dan berenang

Pasalnya berenang sudah menjadi suatu keharusan bagi wisatawan yang datang ke Air Terjun Kuta Malaka. Jika Anda pandai berenang, Anda bisa melakukan aktivitas tersebut hingga puas di danau air terjun. Air di telaga air terjun tentu bisa menyegarkan Anda di cuaca panas.

Anda juga bisa meluncur menuruni air terjun ini dari tingkat atas lalu melompat ke danau yang berada di bawah air terjun. Karena terdapat beberapa level yang berbeda, Anda dapat menikmati serunya meluncur dan berenang tanpa hambatan.

2. Menikmati pemandangan alam yang indah

Jika tidak ingin basah kuyup di Air Terjun Kuta Malaka, Anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar kawasan wisata indah ini dengan duduk bersantai di tepian danau. Injakkan sebagian kakimu dan rasakan sensasi sejuk air yang berasal dari mata air di pegunungan.

Di sana Anda akan merasakan pesona alam yang masih alami, asri dan rindang karena dipenuhi tanaman hijau. Kicau burung menjadi sahabat setia penghias keindahan air terjun. Objek wisata ini sangat cocok untuk menyegarkan diri setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang berat.

3. Berburu Foto

Di tempat wisata ini, berpose di depan kamera seolah menjadi sebuah hal yang wajib. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun atau danau alami seolah-olah sedang berada di kolam renang outdoor pribadi. Berhati-hatilah saat membawa kamera atau ponsel karena terjatuh ke dalam air dapat merusak perangkat.

4. Berkemah

Untuk merasakan suasana kawasan air terjun Kuta Malaka pada malam hari, Anda bisa melakukan kegiatan berkemah. Sebaiknya camping tidak sendirian, melainkan mengajak beberapa orang lainnya. Untuk kegiatan ini anda harus membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

Penyebabnya adalah belum adanya tempat penyewaan perlengkapan camping. Bawalah juga beberapa makanan ringan untuk disantap sambil menyalakan api unggun. Tentunya berkemah di kawasan sekitar air terjun ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun Kuta Malaka AcehFoto: Google Maps/Ryan Agustika

Fasilitas di Air Terjun Kuta Malaka sangat minim. Kondisi jalan yang terbuat dari tanah berwarna merah cukup bermasalah bagi wisatawan yang ingin datang ke tempat wisata ini. Hanya terdapat satu tempat parkir mobil sekitar 200 m dari lokasi wisata. Jika tidak, tidak ada fasilitas seperti stand, ruang ganti, dan toilet umum.

Oleh karena itu, wisatawan perlu mempersiapkan sendiri perbekalan untuk melawan rasa haus dan lapar. Wisatawan muslim yang ingin menghadiri ibadah keagamaan dapat menggunakan beberapa masjid yang ada di Desa Samahani. Demi keselamatan wisatawan, tidak ada pembatas tabrakan di tepi danau. Meskipun fasilitasnya minim, ada tangga yang terbuat dari beton.

Keterbatasan fasilitas yang dapat dimanfaatkan wisatawan menjadi kendala tersendiri untuk berkunjung, namun potensi wisatanya tidak akan mengecewakan. Tentunya kedepannya diharapkan pengelolaan pemerintah daerah lebih maksimal lagi agar bisa lebih banyak menarik wisatawan dalam dan luar negeri.

Itulah berbagai informasi penting dan menarik tentang Air Terjun Kuta Malaka di Aceh Besar. Mengunjungi tempat wisata alam ini bisa menjadi solusi agar liburan Anda tidak membosankan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button