Tempat Wisata

Air Terjun Kuta Malaka: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Provinsi Aceh memiliki ratusan potensi wisata yang masih tertutup dan sulit dieksplorasi wisatawan. Sebagian besar tempat wisata tersebut terletak di daerah terpencil sehingga sulit dijangkau. Bahkan, panorama yang dimilikinya tak kalah indah dengan tempat wisata lain yang lebih dulu dikenal di dunia. Contohnya adalah Air Terjun Kuta Maluku.

Air Terjun Kuta Maluku merupakan air terjun dengan 7 tingkat. Bahkan ada yang mengatakan air terjun ini memiliki total 20 anak tangga. Tersembunyi di balik perbukitan, kondisi alam di sekitar air terjun ini masih sangat alami dan asri. Dengan pepohonan hijau di sekelilingnya, air terjun ini bagaikan surga di provinsi Aceh.

Air Terjun Kuta Malaka

Secara administratif, objek wisata air terjun ini terletak di Desa Samahani, Kecamatan. Kuta Malaka, Kab.Aceh Besar,Provinsi Aceh. Untuk mencapai Air Terjun Kuta Malaka, wisatawan harus menempuh perjalanan setidaknya sekitar 40 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari Banda Aceh.

Sebenarnya jarak Banda Aceh ke lokasi air terjun tidak terlalu jauh. Namun medannya cukup sulit dan ekstrim sehingga perjalanan wisatawan yang ingin mengunjungi objek wisata tersebut bisa memakan waktu beberapa jam. Oleh karena itu, diperlukan upaya tambahan dan persyaratan fisik yang memadai untuk sampai ke lokasi air terjun.

Dalam perjalanan dari Kota Banda Aceh menuju Desa Samahani, kondisi jalan dinilai sangat baik. Petualangan dimulai saat Anda berkendara dari Desa Samahani menuju Air Terjun Kuta Malaka. Wisatawan harus melewati jalan di perbukitan yang kondisinya masih tanah. Belum lagi tikungan tajam, tanjakan dan turunan, serta kondisi jalan yang tidak rata menjadi tantangan tersendiri.

Tak jarang wisatawan harus rela berjalan kaki dan mendorong sepeda motornya melewati sungai. Sesampainya di puncak bukit, Anda akan menemukan tempat parkir berbentuk tembok yang menandakan bahwa air terjun tersebut berada tidak jauh. Namun wisatawan harus menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu untuk mencapai tempat tersebut.

Pesona Air Terjun Kuta Malaka

Perjalanan menuju Air Terjun Kuta Malaka sangat melelahkan dan menguras tenaga. Menyusuri jalan di perbukitan, pengunjung di sepanjang perjalanan dapat menikmati keindahan perbukitan yang tampak indah dari kejauhan. Bukit tersebut penuh dengan pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

Setelah melewati ratusan anak tangga beton, Anda akan merasakan fenomena air terjun alami, dimana terdengar suara gemericik air yang jatuh dari satu tingkat ke tingkat lainnya. Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Kuta Malaka memiliki ciri arus yang tidak begitu deras. Kepenatan perjalanan seakan sirna seketika begitu melihat keindahan air terjun yang tersembunyi ini.

Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta Malaka terletak di ketinggian sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Ini memiliki beberapa tingkat yang dilengkapi dengan danau di setiap tingkat. Danau-danau ini memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 3 meter dan lebar hingga 3 meter. Ketinggian air terjun ini berkisar antara 3 hingga 6 meter dengan tingkat yang berbeda-beda.

Air yang mengalir dari air terjun ini berasal dari pegunungan sehingga masih terasa segar, sejuk dan sangat alami. Karakteristik airnya sangat jernih sehingga wisatawan dapat melihat dasar danau air terjun dari permukaan air. Kejernihan dan kondisi airnya yang masih alami akan memikat siapa pun untuk berendam di Air Terjun Kuta Malaka.

Di sekitar air terjun dipenuhi bebatuan dengan ukuran berbeda-beda yang cukup besar. Bebatuannya cukup licin sehingga wisatawan harus berhati-hati saat berjalan di atas bebatuan tersebut. Pepohonan yang tumbuh di sekitar air terjun juga menambah suasana alami tempat wisata ini. Kadang-kadang anak-anak setempat memanfaatkan dahan yang panjang untuk digantung dan kemudian menceburkan diri ke dalam kolam.

Alam sekitar dipercantik dengan suara merdu kicauan burung. Air Terjun Kuta Malaka memang menjadi sebuah fenomena tersendiri yang patut untuk dilestarikan keindahannya. Nyatanya, kondisi jalan yang ekstrem tidak menghalangi wisatawan untuk menikmati air terjun tersembunyi ini.

Fasilitas air terjun Kuta Malaka

Fasilitas di Air Terjun Kuta Malaka sangat minim. Kondisi jalan yang masih berupa tanah merah cukup menyulitkan wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata ini. Hanya terdapat satu tempat parkir sekitar 200 meter dari lokasi air terjun.

Selain itu, belum ada fasilitas seperti toilet umum, ruang ganti, atau warung makan di tempat wisata. Wisatawan perlu menyiapkan perbekalan sendiri untuk menghilangkan rasa lapar dan haus.

Baca juga: Air Terjun Suhom, air terjun eksotik di Aceh Besar

Wisatawan muslim yang ingin salat dapat menggunakan masjid-masjid yang ada di Desa Samahani. Selain itu, demi keselamatan wisatawan, tidak ada pagar pembatas di tepi danau. Meski fasilitasnya minim, namun masih terdapat undakan beton yang memudahkan wisatawan untuk mencapai air terjun.

Keterbatasan fasilitas yang dapat dimanfaatkan wisatawan menjadi kendala tersendiri untuk berkunjung, namun potensi wisata Air Terjun Kuta Malaka cukup besar. Tentu ke depan ada harapan untuk memperbaiki penyelenggaraan negara agar tidak hanya wisatawan dalam negeri saja yang bisa tertarik, tapi juga mancanegara.

Pesona Air Terjun Kuta Malaka memang mempesona, terlepas dari kerumitan yang harus dilalui wisatawan untuk mencapai lokasinya. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di air terjun di Aceh Besar.

Berenang dan bermain air

Tampaknya menjadi hal wajib bagi setiap wisatawan untuk berenang di danau air terjun tersebut. Jika Anda jago berenang, Anda bisa berenang sepuasnya di telaga air terjun ini. Airnya yang sangat jernih, alami dan dingin pastinya akan terasa segar jika berenang di cuaca panas.

Di Air Terjun Kuta Malaka Anda juga bisa bermain perosotan dan terjun ke danau yang berada di bawah air terjun dari tingkat atas. Karena memiliki beberapa level, Anda dapat bermain dan berenang dengan bebas di perosotan tersebut. Selain itu, tingkatan air terjun juga memiliki keindahan tersendiri yang patut Anda nikmati.

Nikmati keindahan alam

Jika tidak ingin berbasah-basah di danau, Anda bisa menikmati keindahan alam Air Terjun Kuta Malaka dengan bersantai di tepian danau. Dengan memasukkan sebagian kaki, Anda akan merasakan sensasi segarnya air yang berasal dari mata air pegunungan.

Anda juga bisa menikmati pesona alam sekitar yang masih asri, alami dan rindang serta penuh dengan tanaman hijau. Juga kicauan burung yang menjadi teman setia menghiasi keindahan air terjun. Tempat ini sangat cocok untuk refreshing setelah aktivitas sehari-hari yang membosankan.

Perburuan Foto

Berpose di depan kamera sepertinya juga menjadi aktivitas yang wajib dilakukan saat berada di Air Terjun Kuta Malaka. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun atau danau alami seolah-olah sedang berada di kolam renang outdoor pribadi. Berhati-hatilah saat membawa ponsel atau kamera karena perangkat Anda bisa terjatuh ke dalam air.

Biaya masuk ke Air Terjun Kuta Malaka

Untuk memasuki objek wisata Air Terjun Kuta Malaka wisatawan harus membayar biaya sebesar Rp. 10.000 per orang, biaya ini sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Baca Juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik dan Wajib Dilihat

Peta lokasi Air Terjun Kuta Malaka

Tips Berwisata ke Air Terjun Kuta Malaka

  • Persiapkan kondisi fisik Anda jika ingin mengunjungi air terjun.
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik karena medan yang dilalui cukup ekstrim.
  • Disarankan menggunakan kendaraan roda dua karena jalan tersebut tidak dapat dilalui mobil.
  • Selalu berhati-hati dan waspada dalam perjalanan menuju air terjun.
  • Hati-hati saat berada di air terjun karena bebatuannya sangat licin.
  • Jaga kelestarian dan kebersihan air terjun dengan tidak membuangnya begitu saja.

Galeri Foto Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta MalakaAkses jalan menuju air terjunMenikmati keindahan air terjunBerburu foto di pinggir air terjunMandi di air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button