Tempat Wisata

Air Terjun Lepo, air terjun cantik dengan keindahan 4 kolam alami di Bantul

Apakah Anda pernah ke Air Terjun Lepo? Salah satu tempat wisata paling populer di Bantul, Yogyakarta.

harga tiket: Rp5.000 Waktu aktif: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Baum, JL, Dlingo, Kec. Dlingo, Cab.Bantul, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Yogyakarta sepertinya tidak pernah kehabisan tempat menarik. Ada objek wisata atau tempat menarik yang sebenarnya cukup tersembunyi. Masyarakat setempat menyebutnya Ledok Pokoh atau air terjun Lepo di kawasan Mangunan, Dlingo Bantul.

Keberadaan air terjun ini seakan menambah pesona Bantul yang memang sudah terkenal dengan tempat wisatanya. Sebut saja Kebun Buah Mangunan dan Hutan Pinus.

Anda tertarik dan ingin mencoba ke sana? Simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Daya tarik air terjun Lepo

Objek Wisata Air Terjun LepoKredit foto: Google Maps Dionisius Eka Pramudita

Yang membuat Air Terjun Lepo semakin populer adalah ia memiliki beberapa kurma yang menarik. Bikin penasaran orang yang belum pernah ke sana. Bahkan, mereka yang pernah berkunjung juga tertarik untuk datang kembali. Pemandangan meliputi:

1. Mirip dengan Taman Nasional Erawan Thailand

Belum pernah ke Thailand? Air Terjun Lepo dikenal sangat mirip dengan Air Terjun Erawan di Thailand. Biaya mahal tidak harus membuat Anda jauh. Yogyakarta memiliki wisata yang tidak kalah indahnya dengan negeri gajah putih.

Begitu sampai di tempat tersebut, Anda akan dihadapkan pada pemandangan air terjun dengan sungai berwarna hijau jernih. Lingkungan sungai dihiasi dengan bebatuan yang tersusun secara alami. Semakin menambah pesona wisata air terjun.

2. Air terjun dengan 3 tingkat dan 4 kolam alami

Sebagai daya tarik selanjutnya, air terjun ini sebenarnya memiliki 3 tingkat dengan 4 kolam alami. Setiap kolam memiliki kedalaman yang berbeda. Ini adalah bagaimana itu digunakan untuk pengunjung. Keempat tambak yang dimaksud adalah:

  • Kolam pertama berada di tingkat paling atas dengan kedalaman 2 meter. Ada tempat lompat khusus yang terbuat dari jembatan bambu yang dilengkapi dengan tiang semen. Bagi pengunjung yang jago berenang atau suka melompat, bisa memilih kolam mini.
  • Kolam kedua memiliki kedalaman hingga pinggang orang dewasa. Di sini terdapat air terjun yang paling tinggi dari yang lainnya. Selain itu, kolam kedua terlihat paling luas dan dikelilingi bebatuan persegi panjang. Bagi Anda yang tidak gemar berenang atau mengunjungi anak-anak, disarankan untuk memilih kolam ini.
  • Kolam ketiga adalah kolam yang paling dangkal. Hingga dasar kolam tampak dipermukaan air, meski diselimuti kerak kapur. Keunikan dari ketiga kolam ini adalah adanya dinding bebatuan berupa balok-balok yang tersusun secara alami.
  • Kolam keempat terletak di area terendah dengan kedalaman hampir 2 meter. Kira-kira kedalamannya sama dengan kolam pertama, tetapi sedikit lebih sempit. Air terjunnya juga paling rendah, meski paling eksotis. Pengunjung bahkan bisa duduk di air terjun yang mengalir.

3. Hadirkan prospek yang indah

Air terjun Lepo menawarkan pemandangan yang indah. Perpaduan warna batuan karst, warna kolam yang indah dan hutan yang sangat alami membuatnya begitu eksotik dan menakjubkan. Tepatnya diabadikan dalam bentuk gambar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun LepoSumber gambar: Google Maps Rahmat Hidayat

Tentunya untuk menuju ke Air Terjun Lepo anda harus mengetahui lokasinya terlebih dahulu bukan? Air terjun cantik ini terletak di Dusun Pokoh, Desa Dlingo, Kecamatan Clongo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Anda harus melalui perjalanan yang membutuhkan usaha untuk sampai ke sana. Karena lokasinya sendiri berada di tengah hutan. Bisa dibilang akses jalan yang harus dilintasi tidak terlalu bagus, meski hal ini dapat memberikan kesan menyenangkan dari unsur alam.

Jika ingin ke sana, Air Terjun Lepo berjarak sekitar 31 km dari pusat kota Yogyakarta. Waktu tempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 60 menit.

Dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa mengambil rute Jalan Imogiri Timur dari Terminal Giwangan. Bagaimanapun, begitu Anda tiba di Pasar Imogiri Selatan, Anda bisa melihat pertigaan dan kemudian belok kiri.

Setelah itu arahkan kendaraan ke kanan menuju Kebun Buah Mangunan. Jika sudah silahkan cari perempatan lalu ambil jalan menuju Kecamatan Dlingo. Sesampainya di Pasar Dlingo terdapat jalan di sebelah kanan Anda kemudian ikuti saja rambu yang disediakan.

Bagi yang baru pertama kali ke Jogjakarta, mungkin sedikit bingung. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa menemukan rute menuju Air Terjun Lepo langsung dari Google Maps sehingga lebih mudah lagi.

Biaya masuk wisata alam

Air Terjun Lepo tergolong baru di Jogjakarta. Sehingga belum jelas berapa harga tiket masuknya. Sebagai pencegahan, Anda bisa menyediakan Rp 5.000 per orang sebagai pencegahan.

Ada juga biaya tambahan yang dikeluarkan terutama saat bepergian dengan kendaraan pribadi. Biaya ini berlaku untuk parkir, harga untuk motor Rp 3.000 dan untuk mobil Rp 5.000.

Bagi yang ingin menyewa perlengkapan, ada yang disiapkan di sana. Misalnya pelampung yang bisa disewa dengan harga Rp 10.000. Sedangkan sewa tikar sebagai perlengkapan saat ingin istirahat hanya Rp 10.000 per unit.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Lepo

Aktivitas seru di Air Terjun LepoKredit Foto: Google Maps Nadya Haira

Apa yang bisa dilakukan pengunjung setelah mencapai wisata air terjun? Tentu saja cukup banyak, dan pastikan semua orang menikmatinya.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan adalah:

1. Berenang dan bermain air

Air Terjun Lepo menawarkan tempat berenang yang direkomendasikan. Air terjunnya begitu indah dengan warna kehijauan yang unik. Sumber airnya juga dari pegunungan sehingga terasa segar dan segar. Silahkan pilih kolam dengan kedalaman yang sesuai agar lebih seru.

2. Berkemah

Anda juga bisa berkemah di sekitar air terjun. Jangan salah, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkemah, terutama anak muda. Jangan lupa siapkan perlengkapan dan perlengkapan camping dari rumah terlebih dahulu.

3. Berburu foto

Yang penting dan tidak boleh dilupakan adalah berburu foto-foto menarik sebanyak-banyaknya. Pemandangan air terjun yang indah tentu menjadi surga bagi para penggemar foto. Bawalah kamera terbaik Anda untuk mengabadikan setiap momen berharga di sana.

4. Nikmati keindahan air terjunnya

Menikmati panorama Air Terjun Lepo merupakan kegiatan yang hampir semua pengunjung lakukan. Lokasinya yang masih asri dan pemandangan alam yang asri pasti akan memanjakan mata. Anda juga bisa duduk santai di pinggir tebing kapur dan mencelupkan kaki ke dalam air.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Sistem air terjun LepoKredit Foto: Google Maps Alind menyenangkan dan membuat ketagihan

Meski tergolong baru, pengelola sebenarnya sudah menyiapkan fasilitas yang cukup lengkap untuk pengunjung. Ada beberapa warung makan yang menjual berbagai macam masakan desa yang menggugah selera.

Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat berkunjung. Selain itu, masih banyak fasilitas lain yang menunjang kenyamanan Anda. Mulai dari aula yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengadakan pertemuan.

Masih ada kamar mandi bersih, parkir luas, spot foto instagenik, destinasi wisata tertata rapi, dan lainnya. Bahkan, tempat persewaan pelampung dan tikar sudah disiapkan dengan harga yang sudah disinggung sebelumnya.

Itu tadi ulasan singkat mengenai Air Terjun Lepo. Satu lagi jika Anda berniat untuk datang, tempat ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Lebih baik jika Anda datang pada hari yang cerah karena pemandangannya lebih indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button