Tempat Wisata

Air Terjun Lepo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Jogja mempunyai jutaan potensi wisata mempesona yang masih alami dan layak untuk ditelusuri lebih dalam. Terdapat berbagai tempat wisata yang menawarkan panorama alam yang mempesona dan bebas dari sentuhan tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Air Terjun Lepo merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta. Memadukan keindahan alam dengan suara gemericik air yang menenangkan jiwa.

Air Terjun Lepo mempunyai daya tarik yang menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi tempat ini. Tempat wisata yang diresmikan pada tahun 2013 ini semakin banyak dikunjungi wisatawan. Pesona air terjun ini seakan menjadikannya alternatif destinasi wisata baru di Jogja. Tak heran bila akhir pekan selalu banyak pengunjung yang mengunjungi air terjun ini.

Air Terjun Lepo

Objek wisata ini tepatnya terletak di Dusun Pokoh 1, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju Air Terjun Lepo, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 30 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Jogja. Lokasi air terjun ini juga tidak jauh dari hutan pinus Mangunan.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh wisatawan untuk mencapai lokasi air terjun ini. Dari kawasan Timur atau Wonosari, wisatawan bisa mengambil jalur menuju Dlingo dari Pathuk, Gunung Kidul. Jika datang dari arah utara atau barat, wisatawan lebih mudah menuju air terjun jika menuju Dlingo melalui Jalan Imogiri Timur.

Dikenal dengan nama Grojogan Lepo, air terjun ini menawarkan pesona alam yang sungguh mempesona. Keindahan alam yang ada di tempat ini seakan membuat terpesona setiap orang yang mengunjunginya. Sesampainya di lokasi, wisatawan disambut dengan suara gemericik air yang samar-samar terdengar di telinga. Seolah mengajak wisatawan untuk terjun ke segarnya air Terjun Sungai Lepo.

Pesona Air Terjun Lepo

Sesampainya di tempat wisata anda akan melihat sebuah sungai dengan air yang sangat jernih berwarna kehijauan. Sungai ini dihiasi bebatuan yang tersusun alami menambah keindahan tempat wisata di Kabupaten Bantul ini. Mungkin wisatawan bingung saat pertama kali mengunjungi tempat wisata ini karena tidak terlihat air terjun sama sekali.

Berbeda dengan air terjun lainnya, air terjun ini mempunyai keunikan tersendiri. Untuk melihat fenomena air terjun, wisatawan harus menyusuri sungai terlebih dahulu. Ada jalan setapak dan tangga batu yang dapat diakses wisatawan. Air Terjun Lepo terdiri dari 3 tingkat dan memiliki kolam alami di setiap tingkatnya. Pengunjung menggunakan kolam-kolam ini untuk bersantai dan menikmati segarnya air sungai alami.

Air Terjun Lepo

Ketiga kolam air terjun ini memiliki ciri khasnya masing-masing. Kolam di tingkat pertama adalah kolam terindah. Kolam pada tingkat ini memiliki kedalaman hingga 2 meter sehingga lebih sering digunakan oleh wisatawan remaja dan dewasa untuk sekedar bermain atau berenang di air. Tak jarang anak kecil berenang di sejuknya air kolam ini.

Pada kolam tingkat kedua ciri-ciri kolamnya lebih dangkal dan cukup lebar. Kondisi ini membuat kolam ini lebih aman untuk berenang oleh anak-anak. Di cekungan ini wisatawan bisa melihat tebing-tebing bebatuan yang mengelilingi cekungan. Tebing-tebing ini seolah menghiasi dan memperindah panorama kolam ini.

Kolam ketiga ini tak kalah indahnya dengan kolam-kolam lain yang ada di Air Terjun Lepo. Cekungan ini merupakan cekungan paling dangkal dan juga dikelilingi oleh tebing batuan berbentuk balok. Karena jernihnya air di air terjun ini, wisatawan bisa melihat dengan jelas dasar kolam. Berenang atau bermain air merupakan aktivitas yang sangat seru di air terjun ini. Menikmati sejuknya air alami sambil menikmati indahnya pemandangan di sekitar akan langsung menghilangkan rasa penat dari aktivitas sehari-hari.

Fasilitas Air Terjun Lepo

Fasilitas pendukung objek wisata ini cukup memadai. Terdapat tempat parkir mobil, toilet umum, dan warung sederhana yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman. Selain itu, akses jalan menuju lokasi juga sudah beraspal baik, meski jalan dari Dusun Pokoh masih beton.

Keberadaan fasilitas di Air Terjun Lepo tidak lepas dari campur tangan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola sepenuhnya objek wisata ini. Meski belum rampung, namun fasilitas pendukung terus dibangun demi kenyamanan wisatawan. Seharusnya pemerintah melakukan intervensi terhadap pengelolaan pariwisata di Kabupaten Bantul mengingat potensi wisata yang ada di dalamnya.

Baca juga: Gua Pindul, gua dengan pengalaman cave tubing yang menantang

Air Terjun Lepo merupakan destinasi wisata yang sangat cocok untuk keluarga dan wisatawan yang ingin bermain air namun tetap menikmati objek wisata yang masih terawat baik. Berikut berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke tempat wisata tersebut.

Menikmati keindahan air terjun

Air Terjun Lepo menawarkan keindahan panorama yang mempesona untuk dinikmati. Di tempat ini Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang masih alami dan terjaga dengan baik. Di sekitar air terjun dipenuhi tanaman yang tampak hijau seolah mempercantik tempat wisata ini.

Anda juga bisa bersantai dengan duduk di atas bebatuan sambil mendengarkan suara gemericik air yang menenangkan. Air jernih berwarna kehijauan tidak akan pernah luput dari pandangan Anda. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk ibu kota.

Berenang dan bermain di kolam renang

Di Air Terjun Lepo, Anda juga bisa sekedar bermain air sambil menikmati pemandangan alam sekitar yang terlihat asri dan alami. Jika Anda takut berenang, Anda bisa memilih kolam yang relatif dangkal. Bermain air yang jernih dan sejuk tentu menjadi kegiatan yang mengasyikkan.

Berenang sepertinya menjadi hal wajib bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke air terjun ini. Air sungai yang jernih dan segar seolah mengajak Anda untuk segera terjun ke dalam kolam. Berenang disini akan sangat menyenangkan, tempatnya yang masih alami dan tidak terlalu ramai membuat air terjun ini menjadi air terjun pribadi.

Perburuan Foto

Tempat wisata ini juga cocok bagi anda yang sedang mencari tempat untuk berfoto. Tak sedikit pengunjung yang datang ke air terjun ini hanya untuk mengabadikan keindahan alam dan fenomena air terjun yang masih alami. Ada berbagai objek yang bisa Anda abadikan dengan kamera.

Anda juga bisa berpose di depan kamera di air terjun ini bersama teman dan orang terdekat Anda. Karena pesonanya yang menawan, tempat ini kini sedang populer di berbagai media sosial. Berfoto selfie dengan latar belakang air terjun dan air kolam yang jernih tentu akan membuat foto selfie Anda semakin berkesan.

Jam buka Air Terjun Lepo dan biaya masuk

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata air terjun ini dapat berkunjung pada pukul 06.00 hingga pukul 17.00. Tidak ada biaya tetap untuk memasuki kawasan wisata Air Terjun Lepo, yang ditetapkan oleh pengelola setempat. Wisatawan hanya diminta memberikan kontribusi yang tulus terhadap pengembangan potensi dan fasilitas wisata di air terjun tersebut. Namun wisatawan tetap harus membayar biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Baca juga: 58 Tempat Wisata di Jogja Paling Menarik yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi Air Terjun Lepo

Tips menuju Air Terjun Lepo

  • Berhati-hatilah saat berkendara menuju tempat wisata karena jalan dari Dusun Pokoh masih terbuat dari beton.
  • Sebaiknya bawa baju ganti jika ingin berenang di kolam alami.
  • Hati-hati saat mengakses air terjun melalui jalan licin dan berbatu.
  • Menjaga kebersihan dan kelestarian tempat wisata dengan tidak membuang sampah.

Galeri foto air terjun lepo

Potret Air Terjun Lepo

Menikmati keindahan air terjun
Berburu foto di tepi sungai
Potret saat saluran air terjun surut
Berburu foto romantis

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button