Tempat Wisata

Air Terjun Lubuk Hitam Padang – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket

Air Terjun Lubuk Hitam Padang – Atraksi, Aktivitas, Tempat dan Harga Tiket
harga tiket: Rp 5.000 Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Teluk Kabung Utara, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat; Map: verifikasi lokasi

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan salah satu tempat wisata terindah di kota Padang provinsi Sumatera Barat. Air terjun ini menawarkan berbagai keunikan dan menarik yang mungkin tidak ditemukan di tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, wajar jika warga sekitar dan pemerintah menjadikannya sebagai destinasi wisata utama.

Berkunjung ke sana akan menjadi pengalaman perjalanan yang tak terlupakan bagi Anda. Nama lain dari tempat wisata ini adalah Air Terjun Lubuak Hitam yang hanya berbeda pada pengucapannya saja. Tempatnya sangat terkenal di Indonesia bahkan mancanegara.

Maka tak heran jika wisatawan yang datang ke sana tidak hanya wisatawan lokal saja namun juga wisatawan dari luar negeri. Biar liburanmu makin seru, kamu bisa ajak teman, pasangan atau saudara untuk berwisata ke air terjun ini. Agar Anda tidak semakin penasaran, berikut beberapa informasi menarik mengenai Air Terjun Lubuk Hitam.

Daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Lubuk Hitam

Objek Wisata Air Terjun Lubuk HitamFoto: Google Maps/Tomy Nakiwa

✦ Air terjun ini memiliki tiga tingkat

Banyak orang juga yang menyebutnya sebagai air terjun tiga tingkat. Hal itu dikarenakan Lubuk Hitam memiliki tiga air terjun sekaligus. Masing-masing air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 m.

Anda dapat mencapai tingkat pertama setelah perjalanan sekitar 10 menit. Manjakan diri Anda dengan panorama alam yang lebih menakjubkan. Perjalanan dari level pertama ke level kedua masih harus dilakukan seperti biasa melalui pendakian.

Sebelum anda memutuskan untuk melanjutkan perjalanan ke tingkat ketiga, disarankan untuk beristirahat terlebih dahulu. Lepaskan saja rasa lelah atau nikmatilah makanan yang dibawa. Pasalnya, jalan menuju tingkat ketiga cukup terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat.

Karena kondisi jalan yang licin, wisatawan perlu berhati-hati agar tidak terpeleset. Setelah pendakian yang berat, wisatawan harus menuruni tebing sebelum mencapai tingkat ketiga.

✦ Udara pegunungan yang sejuk

Udara yang disuguhkan di Air Terjun Lubuk Hitam sangat sejuk khas pegunungan. Tentunya ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi Anda yang penat dengan polusi udara di kota besar. Udara sejuk ini dijamin membuat hati lebih tenang dan tenteram.

Ditambah lagi dengan suara gemericik air yang terdengar begitu indah di telinga. Hal ini dapat membuat pikiran lebih segar dan tubuh lebih rileks sehingga membuat Anda bisa melupakan sejenak berbagai masalah yang Anda hadapi setiap hari.

✦ Pepohonan hijau subur

Sebagai tempat wisata alam, terdapat pepohonan hijau dan rimbun di sekitar Air Terjun Lubuk Hitam. Pepohonan juga dihuni oleh beberapa burung yang selalu mengeluarkan kicauan indah.

Kehadiran pepohonan yang hijau dan rimbun tersebut juga membuat kawasan wisata di sana cukup rindang. Jadi Anda tidak akan merasakan panasnya sinar matahari yang terlalu terik di siang hari. Waktu liburan Anda akan lebih menyenangkan.

Alamat dan rute menuju air terjun

Biaya masuk Air Terjun Lubuk HitamFoto: Google Maps/Abu Salma

Alamat Air Terjun Lubuk Hitam terletak di Teluk Kabung Utara, Bungus Teluk Kabung, Padang, Sumatera Barat. Waktu tempuh dari kota Padang menuju desa Teluk Kabung Utara sekitar 1 jam melalui jalur darat dan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Dalam perjalanan Anda akan melewati jalan setapak yang berkelok-kelok dengan panorama perbukitan di sebelah kiri dan Laut Lepan di sebelah kanan. Pintu masuk kawasan ini berupa jalan kecil di sebelah kiri yaitu Jalan Raya Padang – Painan. Letaknya tidak jauh dari Kantor Polisi Sektor Bungus Teluk Kabung.

Karena tidak ada tanda atau gerbang khusus di sana, wisatawan harus sangat berhati-hati agar tidak melewatkannya. Begitu masuk, Anda akan menjumpai jalan beton selebar sekitar 2 m dengan hamparan sawah milik masyarakat sekitar di kanan dan kirinya.

Dari depan juga terdapat hamparan perbukitan hijau yang seolah menyambut baik wisatawan mana pun. Nah, di pinggir perbukitan tersebut Anda akan melihat Air Terjun Lubuk Hitam. Setelah mengemudikan kendaraan lebih rendah dan melewati desa, Anda akan memasuki kawasan hutan hujan tropis.

Saat turun dari kendaraan, wisatawan terlebih dahulu harus melalui jalur naik dan turun. Jalur tersebut tidak lagi berupa jalan beton, melainkan jalan setapak yang dibuat pemerintah kota untuk mencapai tempat wisata.

Oleh karena itu, ketika berwisata ke air terjun, disarankan agar Anda memiliki tubuh yang sehat dan kuat. Selain itu, akan lebih baik jika Anda tidak bepergian sendirian agar ada yang bisa membantu Anda jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.

Biaya masuk wisata alam

Untuk memasuki kawasan wisata alam yang indah ini, seluruh wisatawan dikenakan tiket masuk. Namun tenang, karena harga tiket masuk Air Terjun Lubuk Hitam tidak akan menguras dompet Anda. Setiap wisatawan cukup membayar tiket masuk sebesar 5.000 rupiah.

Tentu saja harga tiket masuknya sangat murah dan terjangkau. Sehingga Anda bisa lebih menghemat pengeluaran saat bepergian. Namun jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda harus membayar biaya parkir tambahan.

Sama seperti harga tiket dulu, biaya parkir kendaraan di Air Terjun Lubuk Hitam pun relatif murah yakni Rp 5.000 per sepeda motor dan Rp 10.000 per mobil. Selain informasi mengenai tarif masuk bagi wisatawan, Anda juga perlu memperhatikan jam buka wisata.

Anda tidak dapat mengunjungi air terjun ini setiap saat karena area ini tidak buka 24/7. Pada hari Senin hingga Kamis, kawasan wisata ini buka mulai pukul 14.00 hingga 18.00. Sementara itu buka pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09:00 hingga 18:00.

Pada hari jumat sebenarnya tempat wisata tersebut tutup, jadi jangan memilih hari ingin mengunjunginya. Perlu diketahui bahwa informasi harga tiket masuk dan jam buka tur tersebut di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Seru Menuju Air Terjun Lubuk HitamFoto: Instagram/Bria Triadi

1. Berenang

Berenang merupakan kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan setelah lelah mendaki atau panjat tebing yang melelahkan. Berenang menyegarkan tubuh dan rasa lelah pun langsung hilang.

Namun tidak semua tingkatan air terjun cocok untuk berenang. Air terjun di tingkat pertama tidak cocok untuk berenang karena air di sana mengalir hingga ke tingkat kedua.

Wisatawan dewasa bisa berenang di air terjun tingkat kedua. Sedangkan air terjun tingkat ketiga dapat digunakan anak-anak untuk berenang, namun tetap memerlukan pengawasan orang dewasa.

2. Lompat tebing

Selain berenang, wisatawan juga bisa menikmati lompat tebing di kolam utama Air Terjun Lubuk Hitam tingkat ketiga. Jernihnya air kolam membuat aktivitas ini semakin seru.

3. Piknik

Jika Anda membawa bekal dari rumah, Anda bisa piknik di sana. Pemandangan alam yang indah membuat piknik semakin luar biasa.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun Lubuk HitamFoto: Google Maps/Yofangga Rayson

Air Terjun Lubuk Hitam merupakan salah satu tempat wisata alam liar, sehingga tak heran jika fasilitas yang ada di sana belum bisa disebut lengkap dan memadai. Di sana belum tersedia fasilitas sanitasi sehingga harus mendatangi rumah warga untuk menggunakan toilet.

Karena tempat wisatanya cukup tersembunyi, mustahil juga ada warung atau toko yang menjual makanan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah sebelum menuju ke air terjun. Namun, jangan membawa perbekalan terlalu banyak agar tidak mengganggu kenyamanan Anda selama perjalanan.

Sebaliknya, jika ingin menghabiskan beberapa hari di tempat ini, Anda bisa menginap di penginapan setempat. Untuk salah satu penginapan yang paling dekat dengan tempat wisata tersebut yaitu Pantai Airy Bungus Padang Painan Raya 21. Harganya cukup terjangkau sekitar 280.000 rupiah untuk satu malamnya.

Sekian informasi menarik mengenai Air Terjun Lubuk Hitam sebagai salah satu tempat wisata terpopuler di kota Padang. Tentu sayang jika tidak mengunjungi air terjun yang ada di kota Padang ini. Jadi, segera tambahkan air terjun ini ke dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi saat musim liburan tiba.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button