Tempat Wisata

Air Terjun Mangku Sakti: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Air Terjun Mangku Sakti merupakan salah satu wisata air terjun yang ada di Lombok Timur. Lombok memang terkenal dengan destinasi wisatanya yang semuanya indah. Setiap kali Anda mendengar kata Lombok, Anda selalu memikirkan pantainya yang indah, tetapi Lombok bukan hanya pantai, ada banyak tempat wisata lainnya seperti wisata gunung, sejarah, pura, desa tradisional dan air terjun. Lombok memiliki banyak air terjun yang mempesona, termasuk Air Terjun Mangku Sakti yang mampu menarik pengunjung dengan keindahannya sendiri.

Ada banyak hal menarik tentang air terjun ini. Ada juga banyak tempat wisata lain untuk dikunjungi di daerah terdekat. Namun daya tarik Mangku Shakti cukup kuat untuk menarik perhatian wisatawan yang datang terlebih dahulu ke tempat tersebut. Selain air terjun, di kawasan ini juga terdapat sungai yang banyak bebatuan licin. Lalu ada pepohonan hijau yang tumbuh subur di tepian sungai. Anda bisa melakukan banyak aktivitas di sekitar air terjun, tentunya Anda juga bisa bermain air, menyelam atau mandi di sungai.

Daya Tarik Air Terjun Mangku Sakti :

1. Memiliki sejarah yang menarik

Bukan Lombok namanya kalau tempat wisatanya tidak punya sejarah untuk membesarkan namanya. Lokasi air terjun ini sebenarnya berada di kaki Gunung Rinjani yang terkenal dengan sejarah dan mitosnya. Dahulu kala ada seorang mangku bernama Titi Kastura yang memiliki pekerjaan sebagai juru kunci di kaki Gunung Rinjani. Mangku Gunung sendiri berarti “penjaga gunung”. Dia memiliki kuda Sembrani menemani Mangku Gunung. Saat meninggal, warga setempat menemukan air terjun di kaki Gunung Rinjani, lebih tepatnya di kawasan desa Sajang. Air terjun ini di kiri dan kanannya diapit bebatuan. Di sebelah kiri, batu disusun menyerupai wajah, yang diyakini warga sebagai wajah Mangku. Sejak saat itulah tempat tersebut dinamakan Air Terjun Mangku Sakti.

2. Air terjun yang cocok untuk bersantai

Lokasi air terjun ini cukup cocok untuk relaksasi, karena udara disini segar dan sejuk. Selain itu, pemandangan di sekeliling memastikan pikiran menjadi lebih rileks. Ada banyak spot teduh yang bisa digunakan untuk bersantai dengan view air terjun yang tidak terlalu tinggi. Tidak hanya untuk relaksasi, namun bagi Anda yang menginginkan pengalaman hiburan yang lebih canggih bisa mencoba aktivitas trekking atau petualangan di lingkungan alam karena lokasinya yang berada di perbukitan.

3. Air berwarna unik

Banyak orang yang tertarik mengunjungi air terjun ini karena memiliki warna air yang unik yaitu berwarna kebiruan. Airnya bercampur material belerang dan mencapai ketinggian air terjun sekitar 40 meter. Di air terjun lainnya anda bisa bermain-main dengan air terjunnya, namun tidak disarankan disana karena air terjun tersebut membentuk kolam besar berukuran 15 meter dengan kedalaman mencapai 2-4 meter. Bagi Anda yang ingin berenang atau menyelam di sana, terdapat beberapa lokasi lompat bagi Anda yang ingin merasakan terjun dari ketinggian. Kalau sekedar berendam, ada air terjun kecil juga. Karena terkenal dengan program hiburan yang menantang, tempat ini juga masuk dalam acara televisi wisata alam “MyTrip My Adventure”.

Fasilitas Air Terjun Mangku Sakti:

Karena ini adalah wisata yang benar-benar alami, fasilitas yang ditawarkan di sini umumnya tidak tersedia. Itu muncul di sana secara alami, kolam muncul dengan cara yang sangat alami, seolah-olah diciptakan oleh Tuhan khusus untuk manusia. Lokasinya juga berada di perbukitan dan jauh dari pemukiman penduduk, jadi wajar jika fasilitas yang disediakan minim. Bagi Anda yang sedang mencari akomodasi, sebaiknya ikuti jalur utama untuk mencari hotel atau sejenisnya.

Tiket masuk Air Terjun Mangku Sakti

  • Biaya masuk: Rp 10.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Air Terjun Mangku Sakti

Lokasi dan Rute Air Terjun Mangku Sakti:

Situsnya sendiri terletak di Lombok Timur, lebih tepatnya di Sejang, Sembalun, Kab.Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Meski begitu, jarak tempuh dari Mataram cukup jauh, yakni 175 km dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Rutenya hampir sama jika ingin ke Air Terjun Mayung Putek karena tempatnya berdekatan. Dari Mataram, belok ke Taman Marmada, lalu berkendara ke Menyang, lanjut ke Kopang dan sampai di Terara. Dari sana melanjutkan perjalanan ke Sikur lagi, lalu ke Aikmel, Swela, Sapit, Lemor, Sembalun Bumbung, terakhir sampai di Sembalun Lawang. Dari sana sudah dekat Sejang, Anda tinggal mengarahkan kendaraan Anda ke sana.

Kemudian jika Anda datang dari Lombok Utara atau sekitarnya, ambil jalur ke Senggigi, lalu ke Dusun, Tanjung, Gondang, Selengan, Batu Gembung, Bayan, Senaru, Dasan Grisak, Desa Sambiq Elen, Sajang. Atau dari Kota Mataram – Pusuk. Dari sini Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat. Pintu masuknya sendiri ada di Sembalun – Bayan. Anda masuk ke sana untuk menempuh jarak sekitar 4 kilometer ke tempat parkir, lalu langsung ke air terjun.

Keindahan alam Air Terjun Mangku Sakti tidak hanya mampu memukau mata, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran dan tubuh. Birunya air menjadi buruan utama para wisatawan yang datang berkunjung. Untuk alasan ini Anda tidak boleh melewatkannya.

Peta lokasi Air Terjun Mangku Sakti

Tips mengunjungi Air Terjun Mangku Sakti

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Mangku Sakti semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Mangku Sakti adalah pada hari libur panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Mangku Sakti bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Mangku Sakti.

Galeri Foto Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku SaktiAir Terjun Mangku Sakti Sumber : instagram.com/lulukwidy/Air Terjun Mangku SaktiAir Terjun Mangku Sakti Sumber instagram.com/lombokexperience/Berburu foto di Air Terjun Mangku SaktiPotret air terjun dari udaraAkses menuju air terjunBerenang di bawah air terjunTempat foto terbaik

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button