Tempat Wisata

Air Terjun Maribaya, Air Terjun Eksotis dan Pemandian Air Panas Alami di Bandung

Air Terjun Maribaya, Air Terjun Eksotis dan Pemandian Air Panas Alami di Bandung
harga tiket: Rp35.000 Waktu aktif: 08.00-22.00 WIB, Alamat: Cibodas, Kec. Lembang, Cab.Bandung Barat, Jawa Barat; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Curug Maribaya merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Bandung. Seperti yang kita tahu, wisata air terjun di Jawa Barat cukup banyak. Padahal, setiap air terjun yang ada menawarkan pemandangan keindahan yang luar biasa berbeda.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke suatu tempat yang sejuk dan indah, sepertinya air terjun ini bisa menjadi pilihan terbaik. Selain itu, suasana air terjunnya masih cukup bagus dan menenangkan. Bisa juga dikatakan air terjun cantik ini merupakan destinasi wisata alam di Jawa Barat yang wajib dikunjungi.

Daya tarik air terjun Maribaya

Objek Wisata Air Terjun MaribayaSumber gambar: Wisma backpacker Google Maps Radio

Ketika mengunjungi suatu tempat untuk berhenti sejenak, Anda secara alami mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya kelebihan atau daya tarik tempat tersebut.

Nah, air terjun yang mempesona ini juga memiliki banyak keistimewaan. Toh objek wisata ini mengundang banyak orang untuk pergi ke air terjun.

1. Air terjun yang indah

Curug Maribaya tentu saja bintang utamanya adalah air terjun. Tempat munculnya air terjun ini memang sangat indah. Bentuknya yang lebar dengan banyak lubang air cukup unik. Dan hati-hati untuk tidak berenang sembarangan.

2. Pemandangan yang menakjubkan

Hal lain yang membuat air terjun cantik ini menarik adalah setting alamnya yang menenangkan. Anda bisa melihat kawasan sekitar yang masih begitu asri. Untuk menciptakan suasana sejuk yang menyenangkan. Bagi Anda yang menyukai tempat wisata alam, air terjun ini sepertinya menjadi spot favorit.

3. Pemandian air panas yang menenangkan

Perlu diperhatikan bahwa thermal pool di Curug ini memang sangat baik untuk kesehatan. Hal ini disebabkan kandungan belerang di dalamnya. Dengan adanya pemandian air panas ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Bagaimana kita tahu tidak banyak air terjun yang menawarkan paket pemandian air panas yang lengkap.

4. Taman bermain Curug Maribaya

Hal menarik lainnya dari Curug Maribaya adalah kawasannya yang ramah anak. Ya, bagi Anda yang membawa anak-anak, tak perlu khawatir. Karena air terjun ini memiliki taman bermain berlayar dengan pohon pinus. Anak-anak pasti akan betah berada di taman ini karena banyak tempat bermain yang seru.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun MaribayaKredit foto: Google Maps Chin Sen Phang

Wisata hits ini berlangsung di Jalan Raya Maribaya, Langensari, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Ya, tempat ini masih dalam kawasan Taman Hutan Raya Juanda.

Bagi Anda yang ingin menuju ke tempat ini, ada dua rute yang bisa dipilih. Di bawah:

  • Dago Atas. Start dari Terminal Dago menuju pertigaan lalu belok kiri menuju Dago Giri. Terus lurus ke Lembang dan Maribaya.
  • Budi Setia. Jika Anda datang dari Jalan Setia Budi, Anda bisa melanjutkan ke arah Lembang dan Maribaya

Tempat ini buka setiap hari, bahkan pada hari libur nasional. Jam buka mulai pukul 08:00 hingga 22:00. Pastinya berwisata ke tempat ini tidak akan rugi. Mengingat jam buka hingga malam hari.

Biaya masuk wisata alam

Tarif masuk ke Curug Maribaya adalah Rp 35.000 per orang pada hari kerja. Untuk akhir pekan, harga tiketnya Rp 45.000 per orang. Perlu diingat bahwa biaya yang dikenakan adalah harga akses Air Terjun Maribaya.

Jadi jika ingin mengunjungi pemandian air panas, Anda perlu membayar biaya tambahan. Ada tiga tingkat layanan untuk mata air panas. Diantaranya adalah:

1. Kolam mewah

Anda bisa berenang di luar ruangan yang dikelilingi pepohonan. Harga paket ini adalah Rp 35.000 per orang.

2. Ruang Turta Raga Pribadi

Jika ingin masuk ke Ruang Perendaman Turta Raga akan dikenakan biaya sebesar Rp 90.000 per orang.

3. Kolam VIP

Terakhir, jika ingin mandi tanpa diganggu orang lain, Anda harus membayar biaya Rp 90.000 per orang.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Curug Maribaya

Aktivitas seru di Curug MaribayaSumber gambar: Google Maps Arifah Hanif

Seperti halnya mengunjungi berbagai tempat wisata, tentunya ada aktivitas tertentu yang bisa dilakukan. Termasuk jika Anda memutuskan untuk pergi ke tempat ini. Di sini Anda bisa melakukan aktivitas seru bersama keluarga.

1. Main di Curug Maribaya

Tentunya bagi anda yang ke tempat ini tidak boleh melewatkan agenda bermain di air terjun. Ingat, Anda juga bisa turun ke air terjun dan berenang di sekitar Curug Cikawarinya. Intinya, Anda bisa merasakan pengalaman bermain di kolam yang terbentuk secara alami dengan sangat nyaman.

Perlu diketahui juga bahwa dilarang mandi di dua kawasan air terjun lainnya. Ini adalah aturan yang ada. Itu bagus dan jika Anda tidak merusaknya.

2. Mandi di sumber air panas

Hal lain yang harus dilakukan ketika Anda pergi ke Curug Maribaya adalah mandi di sumber air panas. Ya, kandungan belerang pada bak mandi air panas sangat baik untuk kesehatan Anda. Sayang sekali jika dilewatkan.

Apalagi bagi Anda yang memiliki tubuh yang terasa pegal agar lebih rileks, mencoba berendam di kolam air panas mungkin bisa menjadi solusi. Anda juga dapat memilih jenis kolam yang Anda butuhkan. Tentunya harga untuk setiap pool yang tersedia juga tidak sama. Anda bisa berendam sambil menikmati suasana yang sejuk dan tenang.

3. Menuju Taman Hutan Raya Djuanda

Selain berkesempatan berendam di kolam air panas, Anda juga bisa jalan-jalan ke hutan Raya Djuanda. Anda bisa mengambil banyak foto menarik sambil menikmati udara yang masih sangat sejuk.

4. Manjakan diri Anda dengan mandi kaki

Bagi Anda yang enggan berjalan-jalan di hutan, ada aktivitas menarik lainnya. Manjakan diri Anda dengan foto-foto spa, misalnya. Perlu diketahui bahwa kegiatan ini banyak dilakukan oleh para wanita jika Anda datang ke sini lho. Selain itu, rasanya sangat nyaman dan serasa dimanja sekali.

5. Pergi ke taman bermain anak-anak

Jika Anda memiliki anak, Anda tidak perlu khawatir. Mengingat Air Terjun Maribaya juga memiliki tempat bermain anak. Dimana terdapat banyak fasilitas atau wahana bermain yang asyik. Dimulai dengan ayunan dan perosotan jungkat-jungkit. Semua ini gratis untuk diakses atau digunakan.

6. Ambil foto

Terakhir, hal menarik yang bisa Anda lakukan adalah berfoto. Ya, kamu bisa berburu foto menarik sambil menikmati pemandangan indah dari Jembatan Langit Tapak Halimun. Kalau tidak, ada banyak tempat foto menarik seperti rumah hobbit di taman anak-anak.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas air terjun MaribayaKredit foto: Google Maps Ega Rinaldo D

Pengelolaan Air Terjun Maribaya menawarkan fasilitas yang tidak kalah lengkap dengan tempat wisata di Bandung lainnya. Tentu saja, ini harus berfungsi untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman di sini.

Beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan seperti tempat parkir, toilet bersih, mushola untuk pelayanan, kafe dan restoran hingga penginapan yang nyaman.

Jika Anda menghabiskan akhir pekan atau liburan di Curug Maribaya, Anda pasti tidak akan menyesal. Karena udaranya yang masih sangat sejuk, suasananya nyaman dan ada berbagai aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan bersama keluarga di tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button