Tempat Wisata

Air Terjun Naga Bogor – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Rp 85.000 Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Citamiang, Kec. Megamending, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: pemeriksaan lokasi

Curug Naga merupakan tempat wisata alam di Kabupaten Bogor yang terdiri dari empat air terjun eksotis. Air terjun ini terletak di hilir Curug Panjang di Sungai Ciesek Cirangrang di tebing barat Gunung Pasemban yang berada di kawasan wisata Curug Panjang. Tempat wisata ini cocok bagi anda yang suka berpetualang.

Selain itu, air terjun ini juga diperuntukkan bagi wisatawan yang mempunyai minat atau kecenderungan minat khusus, serta motivasi dan tujuan khusus ketika berwisata. Berwisata ke tempat wisata alam eksotik ini semakin asyik jika ditemani oleh sanak saudara atau sahabat tersayang.

Jika berwisata ke tempat-tempat tersebut pasti bisa mendapatkan berbagai pengalaman menarik. Oleh karena itu, air terjun ini sangat cocok untuk Anda segera masukkan ke dalam daftar tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan tiba. Nah di bawah ini kamu akan menemukan berbagai informasi mengenai Air Terjun Naga biar gak tambah penasaran.

Daya tarik yang ditawarkan air terjun naga

Objek Wisata Air Terjun NagaFoto: Google Maps/Iyo Marvel

✦ Air Curug jernih

Air di Curug Naga terlihat sangat jernih dan segar. Oleh karena itu dapat menenangkan hati wisatawan ketika mengalaminya. Selain itu, air terjun yang tidak terlalu deras juga menambah keindahan tempat tersebut.

✦ Pepohonan yang rimbun

Sebagai tempat wisata alam, air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang sangat hijau dan rimbun. Hal ini tentu saja menambah kesan alami pada tempat tersebut. Berkat pepohonan di sana, area di sekitar air terjun tampak semakin rindang.

✦ Dekat dengan tempat wisata lainnya

Lokasi Curug Naga Indah ini juga sangat dekat dengan tempat wisata lainnya yaitu Curug Panjang dan Curug Cibulao. Jadi Anda bisa mampir ke kedua wisata tersebut.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat DrachenwasserfallFoto: Google Maps/Erna Vitrawati

Alamat Curug Naga adalah Citamaning, Megamending, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tempat wisata alam ini relatif mudah ditemukan wisatawan. Perjalanan ke sana bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua.

Bahkan, kendaraan roda empat masih bisa melintas meski kondisi jalanan relatif sempit. Namun akan lebih baik jika menggunakan kendaraan roda dua karena terdapat jurang yang cukup dalam di sisi kanan jalan.

Sebelum mencapai lokasi air terjun cantik ini, Anda harus melintasi jalan aspal terlebih dahulu yang kemudian berubah menjadi jalanan berbatu. Setelah itu Anda akan menemukan sebuah gapura yang terbuat dari bambu.

Nah, gapura bambu inilah yang menjadi gerbang atau pintu masuk untuk menuju tempat wisata Curug Naga. Wisatawan disarankan untuk mencapai air terjun pada siang hari, karena sangat berbahaya pada malam hari saat hari sudah gelap.

Selain itu, Anda juga dapat melihat rute menuju tempat ini pada peta navigasi smartphone Anda. Jika Anda tersesat di tengah perjalanan, jangan ragu untuk menanyakan arah kepada warga sekitar yang Anda temui di sepanjang jalan.

Biaya masuk wisata air terjun

Untuk memasuki tempat wisata air terkenal di Bogor ini, setiap wisatawan harus melakukan reservasi terlebih dahulu. Pasalnya, tempat wisata tersebut cukup sulit dijangkau dan hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki atau trekking.

Nah, untuk daftar harga paketnya sendiri terdiri dari trekking ke Curug Barong seharga 85.000 rupee, trekking ke Curug Naga seharga 85.000 rupee, explore dua air terjun (free choice) seharga 110.000 rupee, dan explore (tiga air terjun) seharga 135.000 rupee Rs 180.000 Rs 180.000. kesenangan eksplorasi (tiga air terjun, air terjun, makan, makanan ringan) dan berkemah 2 hari 1 malam seharga Rs 375.000.

Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan uang yang cukup terlebih dahulu sebelum memutuskan perjalanan ke air terjun. Air terjun yang sangat eksotis ini bisa Anda kunjungi setiap hari karena buka dari hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Namun perlu diingat bahwa harga paket dan jam operasional tempat wisata di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Untuk itu Anda dapat memastikannya melalui telepon dengan pemandu wisata.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di DrachenwasserfallFoto: Google Maps/Wisata Air Terjun Naga

1. Jelajahi air terjun

Menjelajahi Air Terjun Curug Naga merupakan kegiatan petualangan yang sering dilakukan wisatawan disana. Wisatawan berusia antara 17 hingga 50 tahun atau di atas 14 tahun dapat mengikuti kegiatan ini.

Selain itu, pemandu harus memiliki postur tubuh yang benar dan mampu mengatasi berbagai rintangan selama menjelajahi air terjun di sana. Penjelajahan ini memakan waktu antara 2 dan 4 jam.

Jam-jam tersebut tergantung pada pilihan paket. Ada dua jenis paket yang bisa Anda pilih jika ingin merasakan sensasi petualangan: Paket Eksplorasi Dua Air Terjun dan Paket Eksplorasi Tiga Air Terjun.

2. Arung Jeram

Body rafting merupakan kegiatan melintasi sungai dan jeram dengan badan atau badan dilengkapi dengan pelindung diri berupa helm, jaket pelampung, pelindung tubuh, dan lain-lain.

Di Curug Naga, dilakukan arung jeram di Sungai Ciesek Cirangrang. Terdapat kompleks air terjun di sepanjang sungai serta lingkungan alam yang luar biasa.

3. Lompat tebing

Cliff jumping merupakan salah satu kegiatan olah raga air dimana anda melompat dari ketinggian menuju kolam selam. Ada banyak spot di kompleks air terjun di mana Anda bisa melompat dari atas tebing dan menuju ke kolam rendam dengan ketinggian berbeda-beda mulai dari 7m hingga 15m di setiap spot.

4. Mendaki gunung

Mendaki gunung merupakan suatu kegiatan perjalanan untuk bersenang-senang, olah raga dan rekreasi dan sebagian besar dilakukan dalam jangka waktu yang singkat, bahkan beberapa jam atau kurang dari satu hari perjalanan.

Di kawasan wisata alam Curug Naga, jalur pendakian sudah dipersiapkan dengan baik, nyaman dan aman. Pasalnya, jalur yang menghubungkan satu venue dengan venue lainnya mudah untuk dijangkau.

5. Menyusuri sungai

River trekking merupakan kegiatan menyusuri sungai Cisek atau Cirangrang yang akan menambah keseruan liburan Anda. Berkendara menyusuri sungai ini memberi Anda kebebasan lebih untuk menikmati keindahan alam tempat wisata tersebut.

Selain itu, kolam air terjun disana masih sangat alami. Riak air sungai pun membuat wisatawan melupakan rasa lelah saat berkendara.

6. Berkemah di Air Terjun Drachenwasser

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan selama berlibur di air terjun cantik ini adalah berkemah. Jika ingin melakukan aktivitas tersebut, Anda perlu membawa tenda dan perlengkapan berkemah lainnya secara mandiri dari rumah.

Dalam kegiatan berkemah, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan malam air terjun. Keindahan alam air terjun ini dijamin tidak akan mengecewakan.

Kegiatan berkemah semakin menyenangkan ketika Anda menyalakan api unggun dan membakar jagung atau sosis. Jangan lupa ajak teman dan keluarga untuk camping agar tidak merasa kesepian.

7. Berburu foto

Pemandangan alam yang menakjubkan di air terjun ini membuat tak seorang pun ingin melewatkan foto berburu. Berfoto selfie di depan air terjun menjadi salah satu tempat yang paling digemari wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

sistem air terjun nagaFoto: Google Maps/Wisata Air Terjun Naga

Pihak pengelola wisata air terjun ini telah menyediakan fasilitas wisata yang cukup lengkap dan memadai. Hal ini tentunya untuk menunjang segala aktivitas para wisatawan yang berkunjung ke air terjun tersebut. Tak heran jika tempat ini terkenal dengan kenyamanannya saat berwisata.

Untuk kegiatan body rafting murni, fasilitas keselamatan yang lengkap seperti jaket pelampung, helm pelindung, dan lain-lain disediakan untuk wisatawan. Tentu saja hal ini tidak lagi membuat wisatawan khawatir. Toilet juga tersedia bagi wisatawan yang ingin membersihkan diri atau buang air besar.

Faktanya, toilet di sana cukup bersih karena dirawat dengan baik oleh pemandu wisata. Wisatawan muslim tetap bisa menunaikan salat wajib karena terdapat musala dengan kamar kecil. Sedangkan untuk perlengkapan ibadah sebaiknya membawa sendiri dari rumah.

Sekian informasi menarik tentang Air Terjun Naga sebagai tempat wisata alam di Bogor Jawa Barat. Segala keunikan dan keindahan yang ditawarkan air terjun ini menjadikannya salah satu tempat wisata alam terpopuler yang sayang jika dilewatkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button