Tempat Wisata

Air Terjun Pengmpu, Wisata Air Terjun Eksotis di Tabanan Bali

harga tiket: Rp30.000, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: J L. Seribupati, Cau Belayu, Kec. Marga, Cab.Tabanan, Bali; map: pemeriksaan situs

Memang Air Terjun Pengmpu tidak terlalu terkenal dibandingkan objek wisata lain di Tabanan Bali. Namun bukan berarti tidak ada keindahan alam yang bisa dilihat di sini. Seperti halnya air terjun pada umumnya, daya tarik utamanya adalah pesona alam yang dihadirkan, baik dari air terjun itu sendiri maupun panorama di sekitarnya.

Seperti yang kita tahu, Bali adalah pulau dengan banyak pantai. Ada ratusan pantai yang bisa Anda pilih berdasarkan karakteristiknya. Meski pada dasarnya kecantikannya tetap sama, namun semuanya memiliki karakteristik kas yang juga menjadi daya tarik utama mereka.

Bukan berarti tidak ada objek wisata lain di pulau dewata ini. Misalnya dari kategori selain wisata bahari juga ada goa, wahana, budaya, sejarah bahkan pendidikan. Dengan kontur alam yang berbukit-bukit, Bali juga memiliki banyak air terjun dengan segala keindahan dan pesonanya.

Daya Tarik Air Terjun Pengmpu

Daya Tarik Air Terjun Pemmpu TabananFoto dari Twitter Ridwan Prasetya

Tentunya alasan tempat wisata tersebut banyak dikunjungi wisatawan adalah karena daya tarik yang dimiliki, seperti halnya Air Terjun Pengmpu. Jika Anda pernah ke sini sebelumnya, mungkin ada keinginan untuk kembali lagi karena terpesona dengan keindahan alam yang disajikan.

1. Keindahan Air Terjun Pengmpu

Keindahan air terjun di Tabanan ini tidak boleh dianggap remeh. Meski sudah mengunjungi banyak objek wisata, Anda pasti tidak akan bosan berkunjung ke sini. Ketinggian air terjun ini sekitar 20 meter, cukup membuat cipratan air yang dapat membasahi para wisatawan di sekitarnya.

Aliran airnya tidak terlalu deras, di musim kemarau malah berkurang. Inilah salah satu kelebihan dimana tebing batu terlihat begitu eksotis sebagai tempat aliran air. Alamnya masih begitu asri, pepohonan rindang menutupi hampir semua tempat utama. Hal ini nampaknya karena belum banyak pengunjung yang datang.

Keindahan Air Terjun Pengmpu sudah bisa dirasakan saat berkendara menuju tempat tersebut. Kerapatan pohon hutan memberikan keteduhan alami sehingga Anda tidak kepanasan saat berkendara. Meski pepohonan lebat menghalangi pandangan, masih ada jalan setapak yang aman untuk dilalui.

2. Eksotisme tebing

Atraksi selanjutnya adalah tebing batu besar yang mengapitnya. Terlihat begitu eksotis, itulah kesan pertama. Bebatuan ini seakan mengelilingi dan melindungi keindahan air terjun. Semburan air terlihat samar-samar dari jarak yang mirip dengan ceruk yang cukup besar.

Lokasinya dekat dengan dasar tebing, agak serem malah. Namun siapa sangka ternyata banyak wisatawan yang justru merasa tertantang untuk mengunjunginya. Permukaan tebing dipenuhi dengan tumbuhan hijau yang sebagian besar berupa tanaman anggur. Akar pepohonan di atas sesekali menembus tebing bebatuan yang eksotis.

3. Akses jalan yang nyaman

Daya tarik lainnya adalah Air Terjun Pemmpu TabananFoto oleh Google Maps Thotsapaul Lumpamoke

Meski Air Terjun Pengmpu berada di dasar ngarai, namun akses jalannya sudah sangat baik. Obyek wisata ini dikelola secara swadaya oleh warga setempat yang cukup baik dalam pengelolaannya. Hal ini terlihat dari tangga betonnya, jadi jangan takut jatuh saat turun ke jurang.

Penghuni juga menyediakan pegangan di sepanjang tangga yang terbuat dari besi. Dalam perjalanan menuju lokasi, semua jalan yang mendekati wisata juga sudah bagus, lebar dan sebagian besar beraspal. Namun, ada beberapa titik yang belum tercakup oleh manajemen karena keterbatasan dana.

4. Baskom kosong

Air Terjun Pengmpu memiliki kolam yang menjadi daya tarik selanjutnya. Hampir semua air terjun di Indonesia memiliki cekungan yang fungsinya untuk menyimpan air sementara. Kolam di sini tidak terlalu besar, namun airnya cukup bersih sehingga tidak sedikit pengunjung yang ingin merasakan kesegarannya.

Pada saat-saat tertentu terasa sangat dingin, sebaiknya memakai baju atau jaket yang tebal. Bentuk kolam di air terjun ini hampir melingkar karena menyesuaikan dengan bebatuan yang mengelilinginya. Bagian dasarnya sebagian besar terdiri dari pasir dan batu-batu kecil, sehingga tetap jernih meski bermain di air.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Pengmpu TabananFoto oleh Google Maps Chris Bali

Jika Anda tertarik mengunjungi Air Terjun Pengmpu, silakan datang ke Jalan Seribupati, Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Sebenarnya secara administratif berada di Tabanan, namun Anda bisa menjangkaunya dari Badung karena jaraknya yang sangat dekat.

Jaraknya sekitar 16 kilometer dari Tabanan Square sendiri, atau 30 menit melalui Jalan Celagi. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Point lalu ke Jalan Wisnu. Gunakan standar utama Pasar Tradisional Marga agar lebih mudah.

Setelah sampai di Balai Banjar Beng Marga, silakan belok kiri lalu kanan lagi sejauh 200 meter. Lanjutkan perjalanan melewati Jalan Kekeran Manikgunung, Jalan Pandu dan Jalan Raya Denpasar. Air Terjun Pengmpu tidak jauh dari Desa Wisata Cau Belayu, hanya berjarak sekitar 300 meter.

Begitu sampai di titik ini, silahkan ikuti petunjuk yang sengaja dibuat oleh penduduk setempat. Di lokasi, cari tempat parkir di jalan yang nyaman yang disediakan oleh penduduk setempat. Memang tidak terlalu luas, namun cukup untuk menampung beberapa kendaraan sekaligus.

Mengunjungi objek wisata ini tidak memerlukan tiket masuk. Tetapi jika Anda ingin berdonasi, harap taruh sejumlah uang di tempat yang disediakan. Begitu pula untuk biaya parkir, ada kotak khusus yang disediakan warga setempat bagi yang ingin menyisihkan kelebihan hartanya.

Aktivitas menarik di Air Terjun Pengmpu

Aktivitas Air Terjun Pengmpu TabananFoto oleh Google Maps Budi Mustapa Husin Sagala

Air Terjun Pengmpu tidak mematok harga khusus bagi yang ingin menikmati segala pesonanya. Itu tidak berarti tidak ada hal menarik untuk dilakukan secara lokal. Seperti air terjun pada umumnya, aktivitas yang bisa dilakukan di sini tidak jauh berbeda.

1. Mandi di Kolam Air Terjun Pengmpu

Lupakan sejenak berkendara ke lokasi, harap fokus pada aktivitas yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah mandi di kolam yang airnya jernih, siapapun pasti tergiur untuk langsung basah. Jika mandi dan bermain di air tidak cukup, silakan berenang. Kolam di sini sangat tenang, sesuai dengan drainase air yang mengalir.

Namun kedalamannya belum diketahui secara pasti. Jadi cobalah untuk berhati-hati saat berenang. Bagi yang tidak bisa berenang, bermain air di tepi kolam sepertinya sudah cukup untuk merasakan kesegaran airnya. Ada kalanya air di kolam surut atau menjadi keruh, silahkan menuju ke anak sungai Tukat Yet Peneh yang berada di bawah air terjun.

2. Nikmati keajaiban alam yang indah

Aktivitas menarik selanjutnya di Air Terjun Pengmpu adalah menikmati pesonanya. Tentu saja karena sayang jika melewatkan pemandangan alam yang indah di lokasi. Baik air terjun yang indah ini, tebing bebatuan yang eksotik, vegetasi yang hijau, semuanya dijamin cocok untuk kegiatan penyembuhan.

3. Mencari objek foto yang indah

Jika menikmati pesonanya saja tidak cukup, silakan mengabadikan momen tersebut dengan foto atau video. Kegiatan ini tentu menarik, terutama bagi mereka yang menyukai fotografi. Hampir semua titik lokasi cocok dijadikan latar foto. Hasilnya akan lebih baik jika Anda membuat air terjun dan bebatuan yang mengelilinginya sebagai latar belakang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Air Terjun Pemmpu, TabananFoto dari Google Maps istri Gung

Sebelumnya disebutkan Air Terjun Pengmpu dikelola secara swadaya oleh warga setempat. Hal ini berdampak pada keberadaan fasilitas yang ada di lokasi, yakni tidak terlalu banyak. Namun fasilitas penunjang seperti toilet dan tempat parkir sudah tersedia untuk keperluan tersebut. Ada juga toko kecil yang menawarkan makanan dan minuman.

Tidak pernah ada waktu yang membosankan bagi para pelancong untuk mengunjungi Bali. Banyak objek wisata yang bisa ditemukan dengan segala kelebihannya. Salah satu contoh yang sudah kita bahas kali ini adalah Air Terjun Pengmpu. Meski singkat, sepertinya lebih dari cukup untuk melihat-lihat sebelum kunjungan Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button