Tempat Wisata

Air Terjun Ponot Toba – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Sigura – Gura, Halado, Kec. Pohan Merant Door, Cab.Toba, Sumatera Utara; Map: verifikasi lokasi

Air Terjun Ponot merupakan kawasan wisata alam di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Kawasan wisata alam ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah dengan adanya air terjun, hutan yang dipenuhi pepohonan rindang serta perbukitan berbatu yang tinggi membuat tempat wisata ini banyak diminati wisatawan.

Air terjun cantik ini memiliki ketinggian hingga 250 meter dan jatuh dari bukit berbatu. Dengan ketinggian tersebut wisatawan bisa mengagumi keindahannya dari jauh, bahkan ada beberapa wisatawan yang menyempatkan diri untuk berfoto sambil berkendara menuju lokasi air terjun indah ini.

Satu-satunya tempat wisata alam yang bisa dikunjungi oleh tua dan muda. Bahkan, banyak orang dewasa yang datang ke spot indah di Air Terjun Ponot ini untuk menenangkan diri atau menghilangkan stres. Di bawah ini adalah gambaran singkat tentang air terjun populer dari Sumatera Utara ini.

Atraksi yang ditawarkan Air Terjun Ponot

Objek Wisata Air Terjun PonotFoto: Google Maps/大仁偉

✦ Keindahan air terjun

Jika berbicara mengenai daya tarik Air Terjun Ponot, maka yang menjadi daya tarik tersendiri adalah keindahan air terjun itu sendiri. Dengan ketinggian 250 meter, semua orang akan terkesima dengan keindahannya. Oleh karena itu, tidak heran jika masyarakat Sumut sangat bangga dengan wisata alam ini.

✦ Tebing berbatu

Selain air terjun, tebing batu yang menjadi bagian dari objek wisata alam ini juga membuatnya semakin menarik perhatian para wisatawan. Pasalnya, tidak banyak tempat wisata alam yang menampilkan tebing bebatuan tinggi dan mengesankan seperti yang terdapat di sekitar objek wisata alam populer tersebut.

✦ Hutan yang indah

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki air terjun Ponot adalah hutan disekitarnya. Terdapat hutan dengan banyak pepohonan hijau yang tumbuh begitu subur berkat aliran air sungai air terjun indah ini. Alhasil, udara sekitar sangat sejuk dan segar.

Tak hanya udaranya yang sejuk dan segar, berkat banyaknya pepohonan, tempat wisata menakjubkan ini juga menjadi rumah bagi banyak satwa liar. Bahkan sambil bersantai Anda bisa mendengarkan kicauan burung yang hinggap di dahan pepohonan.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat air terjun Ponot TobaFoto: Google Maps/Hanafi Ingah Jauhari

Air Terjun Ponot terletak di Jl. Persimpangan Sigura-Gura, Kabupaten Toba, Desa Halado, Pintu Pohan Merant, Provinsi Sumatera Utara, sekitar 247 km dari kota Medan. Dengan jarak yang begitu jauh, berkendara dari Kota Medan dengan kendaraan pribadi bisa memakan waktu hingga 5 jam 53 menit.

Untuk itinerary anda bisa mengambil rute apa saja menuju Jl. Letda Sujono, lalu belok kanan ke Jl. Ambil Tol Belmera dan keluar di Jl. Jalan Tol Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi. Ikuti jalan tol hingga keluar pintu tol Tebing Tinggi dan belok kanan menuju Jl. jauh. Trans Sumatera Medan – Pematang Siantar.

Ikuti terus Jl. Trans Sumatera Medan – Pematang Siantar untuk masuk Jl. Parampat dan belok kiri setelah Pizza Matahari. Dari jalan ini terus lurus hingga mencapai Jl. Lintas Sumatera Siborong-Borong – Parapat dan sampai di pertigaan Gereja HKBP Sirait Uruk. Kemudian belok kiri menuju Jl. Persimpangan Sigura-Gura.

Dari Jl Persimpangan Sigura-Gura terus lurus hingga Anda menemukan pintu masuk air terjun tujuan wisata Anda. Silakan belok kanan dan terus menyusuri jalan utama sampai Anda menemukan tempat parkir. Dari tempat parkir kendaraan Anda bisa melihat keindahan air terjun super cantik ini dari jauh.

Biaya masuk wisata alam

Untuk memasuki Air Terjun Ponot, setiap wisatawan harus membayar tiket masuk ketika melewati gerbang utama. Harga tiketnya bervariasi tergantung jenis kendaraan yang digunakan, mulai dari Rp 10.000 per kendaraan untuk kendaraan roda 2 dan Rp 20.000 per kendaraan untuk kendaraan roda 4.

Air terjun cantik ini bisa dikunjungi kapan saja. Namun demi keamanan, sebaiknya Anda berkunjung pada waktu yang biasa ditentukan untuk tempat wisata tersebut, yaitu pada pukul 07.00 hingga 17.00.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di air terjun PonotFoto: Google Maps/Felix Sitinjak

1. Berenang dan bermain air

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di tempat wisata alam ini adalah berenang dan bermain air. Kebanyakan wisatawan yang datang ke air terjun cantik ini tentu merasakan keinginan untuk berenang atau bermain air.

Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan puas karena tersedia tempat yang cocok untuk berenang atau bermain air. Letaknya tidak jauh dari Air Terjun Ponot, sehingga wisatawan mana pun yang berenang atau bermain air di tempat ini bisa merasakan indahnya air yang jatuh dari ketinggian dari dekat.

Namun wisatawan juga harus berhati-hati karena banyak terdapat batu yang dapat menyebabkan cedera pada kaki dan tangan. Jika Anda sedang berlibur bersama anak kecil, sebaiknya jangan diganggu.

2. Merasakan keindahan alam

Alam merupakan keindahan yang tiada duanya. Pulau Sumatera sendiri terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, sehingga tidak heran jika tempat wisata alam di Desa Halado Sumatera Utara ini berhasil menarik wisatawan berkat keindahan alamnya.

Selain air terjun, masih banyak keindahan alam lain yang bisa dikunjungi wisatawan, seperti hutan hijau dengan ribuan pohon atau tebing batu tinggi yang menjadi pembatas objek wisata alam indah ini. Semua keindahan ini membuat semua orang merasa lebih tenang.

3. Santai dan lepaskan segala beban

Aktivitas menarik berikutnya yang bisa dilakukan di Air Terjun Ponot adalah bersantai dan melepas segala beban kesusahan. Karena lokasi wisata air terjun cantik ini berada di dekat hutan, maka udara dan sensasinya sangat nyaman dan segar.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak wisatawan yang berlibur ke tempat wisata alam tersebut untuk bersantai dan melepaskan segala beban pikiran. Suara air yang jatuh dari ketinggian, suara angin yang bertiup di sela-sela dedaunan, serta kicauan burung yang hinggap di dahan akan membuat setiap orang merasa lebih tenang.

4. Berfoto di Air Terjun Ponot

Berfoto merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan saat berlibur. Saat berlibur ke tempat wisata alam di Sumatera Utara, jiwa narsis seseorang akan langsung keluar karena banyak sekali tempat yang bagus.

Spot foto bagus ini seperti air terjun yang tadi kita bahas, lalu ada hutan dengan warna hijau yang memukau, serta tebing batu yang super cantik yang bisa dijadikan tempat foto instagramable. Oleh karena itu persiapkan lebih banyak kenangan saat berlibur di objek wisata alam ini.

5. Berkemah

Tidur di alam terbuka atau lebih dikenal dengan camping menjadi aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di air terjun populer ini. Namun, sebelum Anda mengambil tindakan ini, Anda harus memberi tahu manajer Anda sehingga mereka dapat membantu Anda jika terjadi sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana.

6. Mendaki

Aktivitas menarik yang terakhir adalah panjat tebing. Aktivitas ini banyak digemari para pecinta olah raga ekstrim, dan tebing di sekitar Air Terjun Ponot cukup menantang. Hal ini dikarenakan ukurannya yang cukup tinggi sehingga medan yang dilalui cukup sulit karena bebatuan yang keras.

Oleh karena itu, jika Anda seorang pemula sebaiknya jangan mencoba mendaki di sekitar air terjun asal Sumatera Utara ini. Hanya yang ahli melakukan aktivitas pendakian di sini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun PonotFoto: Google Maps/大仁偉

1. Tempat parkir kendaraan bermotor

Air Terjun Ponot memiliki lahan yang cukup luas sehingga dapat dimanfaatkan wisatawan untuk memarkir kendaraannya. Lokasi tersebut diperuntukkan sebagai tempat parkir kendaraan dan letaknya tidak jauh dari lokasi air terjun indah tersebut. Akan ada petugas yang menjaga seluruh kendaraan wisata hingga pulang ke rumah.

2 Kursi

Fasilitas selanjutnya dari tempat wisata alam ini adalah tempat duduk. Kursi ini dapat digunakan wisatawan untuk bersantai atau menitipkan barang bawaannya dari rumah. Jika Anda ingin bermain air, sebaiknya ajaklah satu atau dua orang bersama Anda agar barang-barang Anda tidak hilang.

3. Warung makan

Kita lanjutkan dengan fasilitas berikutnya yaitu warung makan. Beberapa stand makanan berjejer di sekitar area parkir kendaraan dan di sekitar area air terjun. Semua warung makan ini menjual berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari yang berat hingga yang ringan, sehingga bagi Anda yang tidak membawa bekal tidak perlu khawatir dengan masalah perut.

Demikian ulasan singkat tentang Air Terjun Ponot yang terletak di Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara. Bagi anda yang ingin berlibur ke objek wisata alam ini, silahkan datang kapan saja dan kapan saja karena air terjun menakjubkan ini buka 24 jam sehari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button