Tempat Wisata

Air Terjun Pulosari Bantul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Air Terjun Pulosari Bantul – Objek Wisata, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket
Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sendangsari, Kec. Bantul, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Liburan merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Menghabiskan waktu jalan-jalan ke berbagai destinasi indah yang memikat hati merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Berikut beberapa destinasi wisata indah di Yogyakarta. Jogja memang merupakan kota yang memiliki banyak destinasi wisata termasuk Curug Pulosari.

Tempat wisata di Bantul ini menampilkan keindahan air terjun dengan air terjun yang indah. Kawasan air terjun yang airnya berasal langsung dari perbukitan. Air terjun ini memungkinkan air mengalir ke sungai-sungai yang mengelilingi air terjun. Pemandangan eksotik ini sungguh menarik.

Air Terjun Pulosari cukup curam karena terletak di dasar jurang. Destinasi ini sangat cocok bagi Anda yang mencari keindahan ditambah dengan kesegaran dan ketenangan dari stres pekerjaan. Destinasi ini juga bisa dikunjungi bersama keluarga. Yuk, simak beberapa ulasan penting mengenai air terjun ini!

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Pulosari

Daya tarik air terjun PulosariFoto: Shutterstock/Muhana Syafiquddary

✦ Pesona Curug Curug

Air Terjun Pulosari merupakan salah satu air terjun terindah di kawasan Bantul dengan ketinggian sekitar 6 hingga 7 meter. Air terjun ini terletak di perbukitan yang masih sejuk dan terdapat tanaman hijau di atasnya. Air ini jatuh dengan deras dan dengan cepat membentuk sumpah di kolam.

Di bawah tepi air terjun terdapat sungai yang bentuknya seperti kolam, tidak terlalu lebar namun sangat indah. Sungai ini akan mengikuti arus sungai yang sempit. Air terjun ini akan mengalir semakin deras ketika musim hujan dimulai dengan cekungan sungai yang dalam.

Saat musim hujan, air terjunnya jatuh deras dan deras hingga menyentuh bibir bagian bawah. Pengunjung bisa menikmati keindahan ini. Namun selain di musim hujan, air terjun ini juga sangat menarik untuk disaksikan di musim kemarau, meski tidak deras namun tetap mengalir melalui sungai yang ada di bawahnya.

✦ Keindahan alam lingkungan

Pesona Air Terjun Pulosari memang tak main-main. Air terjun ini terletak di perbukitan sehingga pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar yang menarik saat memasuki lokasi air terjun. Terdapat perbukitan dengan tanaman hijau yang mewarnainya.

Tanaman ini tumbuh subur. Selain tumbuhan hijau, pengunjung juga akan melihat beberapa hewan pegunungan. Tak heran jika bukit ini membentuk pepohonan lebat dengan hutan belantara. Masih banyak terdapat satwa seperti berbagai jenis serangga hutan, musang besar, monyet gantung atau ular.

Namun tak perlu khawatir, saat memasuki lokasi, pengunjung akan ditemani oleh pemandu dari warga sekitar. Dia akan menjelaskan kehidupan di pegunungan kepada Anda dan juga menjaga para pengunjung.

✦ Berkendara menuju Air Terjun Pulosari

Menariknya, air terjun ini menawarkan wisata alam yang indah seperti panjat tebing. Pengelola membuat dinding panjat yang terbuat dari berbagai tebing di sekitar air terjun. Kegiatan ini dapat menyegarkan dan menjadi hiburan bagi sebagian pengunjung.

Selain panjat tebing, air terjun ini juga menawarkan wahana tamasya dengan keindahan alam yang indah. Beberapa aktivitas outbond dapat dilakukan di air terjun. Khususnya bagi pengunjung yang datang secara rombongan. Bermain bersama dan menghabiskan hari yang panjang di air terjun yang indah ini.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Air Terjun PulosariFoto: Shutterstock/Ifstwelv

Objek wisata alam menarik ini terletak di Desa Krebet Sendangsari, Kecamatan Bantu, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Tempat wisata Curug Pulosari terletak sangat dekat dengan pusat kota Yogyakarta.

Waktu tempuh dari pusat kota Yogyakarta menuju air terjun ini sekitar 50 menit dengan jarak tempuh sekitar 16 kilometer. Itinerary dapat dilakukan dari pusat kota Yogyakarta sebelah barat Jalan KH. Ahmad Dahlan. Setelahnya Anda akan melewati Jalan Wates.

Setelah melewati perempatan Jalan Wates, pengunjung dapat menuju ke arah selatan dari perempatan tersebut dan terus menuju Jembatan Gamping hingga mencapai Jalan Ringroad Barat. Setelah melewati jalan ini Anda akan sampai pada sebuah pertigaan. Di pertigaan, pilih Jalan Nasional III dan berkendara hingga perempatan tersebut.

Sesampainya di perempatan, lanjutkan ke selatan menuju Jalan Rindang. Kemudian kami berkendara ke Jalan Bangunjiwo. Setelah lurus, Anda akan sampai pada persimpangan lainnya. Silakan terus ke selatan menuju Jalan Gua Selarong. Lanjutkan sampai perempatan menuju Jalan Pandu Dewinto.

Setelah berkendara menuju Jalan Pandu Dewonto, Anda tinggal mengikuti perjalanan hingga mencapai tempat wisata Curug Pulosari. Perjalanan ini memang terlihat rumit namun Anda tidak perlu khawatir karena jarak menuju tempat tersebut cukup dekat.

Bagi pengunjung yang baru datang, disarankan untuk tetap menggunakan aplikasi Google Maps agar tidak tersesat dan membuat perjalanan lebih terpandu. Jika tidak, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor selama perjalanan.

Akses saat berkendara pun tidak merepotkan, jadi jangan khawatir. Selain itu, teruslah membawa perlengkapan pribadi yang penting dan, mengingat kualitas virus corona yang semakin meningkat, selalu kenakan masker dan jaga jarak. Selain itu, Anda juga wajib membawa hand sanitizer.

Biaya masuk wisata bahari

Untuk menikmati pesona Curug Pulosari dan keindahan Bantul, Anda hanya perlu membayar biaya tiket sebesar Rp 2.000 per orang. Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata termurah di Bantul yang menawarkan keindahan alam segar dan memanjakan mata.

Pantai ini memiliki area parkir kendaraan yang sangat luas dan disertai dengan pemeriksaan keamanan yang ketat. Jadi Anda tidak perlu khawatir karena tarif parkir mobil hanya Rp 5.000 per mobil sedangkan tarif parkir sepeda motor hanya Rp 2.000 per sepeda motor.

Adapun jam operasionalnya, air terjun ini buka pada hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 17.00 WIB. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada musim hujan karena air terjun yang jatuh sangat cepat dan besar pada saat ini.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun PulosariFoto: Shutterstock/Asep Dwi Kurniawan

1. Berenang di Air Terjun Pulosari

Air terjunnya mengalir turun hingga mencapai dasar. Di bagian bawahnya terdapat genangan air sehingga membentuk sungai. Anda bisa berenang di sungai yang mengalir. Merasakan dinginnya air yang datang langsung dari perbukitan merupakan sesuatu yang sangat menarik.

2. Swafoto

Air terjun Pulosari menawarkan pemandangan yang sangat menarik. Sayang sekali jika Anda lupa menangkapnya. Terdapat perbukitan yang menonjol dan menjulang tinggi dengan tanaman hijau di sekitar air terjun. Anda bisa berfoto di bawah air terjun dengan pemandangan air yang mengalir dari atas tebing.

Selain berfoto di bawah air terjun, pengunjung juga bisa berfoto di tebing bukit yang hijau dan di beberapa wahana air terjun menarik yang menjadi pemandangan alam.

3. Mendaki

Kawasan air terjun Pulosari juga menawarkan kesempatan pendakian bagi pengunjung pemberani. Perjalanan yang memacu adrenalin ini dimungkinkan dengan langkah keamanan yang baik sehingga Anda tidak perlu khawatir. Panjat tebing dilakukan di sekitar tebing air terjun dengan ketinggian hingga 4 meter di atas permukaan tanah.

4. Jelajahi area air terjun

Kegiatan lainnya adalah menjelajahi kawasan air terjun Pulosari. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar air terjun sambil menikmati pemandangan. Air terjun ini memiliki area memanjang yang cocok untuk didaki. Pengunjung juga didampingi oleh petugas profesional yang menjaga air terjun.

5. Aktivitas berkendara

Selain wisata pendakian, air terjun ini juga menawarkan wisata lainnya. Seperti berjalan di atas tali yang sangat tinggi atau merangkak di atas jerami. Pengunjung dapat melakukan aktivitas outbond bersama rombongan di lokasi.

6. Santai

Menariknya untuk sekedar bersantai di tepi air terjun sambil menikmati keindahan alam. Anda bisa bersantai di gubuk-gubuk sepanjang kota atau langsung di tepi sungai. Celupkan kaki Anda ke dalam air sungai yang dingin dan saksikan air terjun jatuh dari tebing.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas Menuju Air Terjun PulosariFoto: Shutterstock/Zeedane Ferdian

Air Terjun Pulosari memiliki lahan parkir yang luas. Kawasan ini dijaga oleh petugas dengan pengamanan ketat. Selain itu, tersedia juga toilet bersih dan kamar mandi khusus bagi yang ingin berganti pakaian. Ada juga tempat sampah yang disediakan oleh petugas kebersihan.

Terdapat beberapa saung di sekitar air terjun yang dapat digunakan pengunjung untuk beristirahat. Di samping kabin juga tersedia beberapa kursi santai untuk duduk bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun. Kursi ini terbuat dari bambu sehingga aman untuk diduduki.

Di air terjun ini juga terdapat beberapa warung yang menjadi tempat pengunjung bisa mendapatkan makanan dan minuman. Anda bisa makan siang di stand yang telah disediakan. Selain warung makan, terdapat juga warung-warung yang menjual oleh-oleh khas Yogyakarta yang bisa dibeli pengunjung.

Itulah sedikit penjelasan tentang Air Terjun Pulosari. Air terjun ini merupakan destinasi wisata alam yang banyak pengunjungnya terutama di akhir pekan. Anda bisa berkunjung di hari kerja jika tidak suka keramaian. Menampilkan keindahan air terjun, destinasi ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button