Tempat Wisata

Air Terjun Putri Kencana, air terjun mistis dengan pemandangan alam yang mempesona di Bogor

Apakah Anda ingin berlibur di dekat air terjun yang memiliki sesuatu untuk ditawarkan kepada Anda? Loncat tebing? Air Terjun Putri Kencana di Bogor adalah rekomendasinya karena menawarkan berbagai jenis atraksi.

harga tiket: 25.000 Rp Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Kab.Bogor, Jawa Barat; Bahan pengikat: verifikasi lokasi

Destinasi bertema air terjun kerap menarik perhatian wisatawan. Bahkan beberapa orang atau wisatawan memiliki hobi berlibur dan melakukan wisata air terjun karena sangat menikmatinya dan dapat menenangkan pikiran. Di Bogor Jawa Tengah ada wisata dengan tema air terjun yang sangat indah yaitu Curug Putri Kencana.

Udara yang sejuk dan pemandangan yang mempesona menjadi alasan utama mengapa seseorang melakukan wisata air terjun. Panorama alam air terjun di Desa Karang Tengah ini begitu memukau sehingga mampu menarik banyak wisatawan. Lokasinya jauh dari pemukiman dan perkotaan, sehingga suasananya masih sangat bagus.

Ketinggian air terjun mencapai sekitar 7 meter dengan latar belakang pepohonan rindang membuat kombinasi yang sempurna. Air di air terjun cantik ini berasal dari Sungai Sadon yang juga mengaliri beberapa air terjun lainnya. Oleh karena itu, wisatawan dapat menikmati beberapa air terjun sekaligus.

Lihat penawaran hotel di Bogor

Daya tariknya adalah air terjun Putri Kencana

Daya tarik Air Terjun Putri KencanaFoto: Google Maps/Haryoadji Abdurrahman

Secara umum, setiap objek wisata pasti memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Air terjun di Karang Tengah ini juga memiliki daya tarik yang mampu menarik banyak wisatawan. Berikut beberapa alasan mengapa banyak wisatawan datang ke Air Terjun Putri Kencana:

✦ Cerita mitos

Salah satu daya tarik wisata air terjun ini adalah mengandung cerita mistis. Bahkan penamaan air terjun ini karena cerita sejarah yang dikandungnya. Nama “Putri Kencana” berasal dari fakta bahwa beberapa penduduk setempat mengaku melihat seorang putri di air terjun dan lewat dengan kereta emas.

Dimana sang putri memakai pakaian seperti kerajaan. Diduga sang putri baru melintasi kawasan air terjun pada Kamis atau Jumat malam. Kisah mitos tersebut telah diwariskan secara turun-temurun dan dikenal banyak orang sehingga banyak yang heran dan tertarik untuk berkunjung.

✦ Curug berbentuk rangkaian

Bahkan kota Bogor terkenal karena terdapat beberapa wisata air terjun yang membentuk satu rangkaian, diantaranya air terjun Putri Kencana. Selama perjalanan menuju air terjun ini, wisatawan akan menjumpai empat jenis air terjun yang berbeda. Ini menjadi daya tarik tersendiri karena wisatawan bisa mencapai banyak air terjun dengan mendayung.

Wisata Trekking Air Terjun Cikawah Bogor

✦ Pemandangan alam yang mempesona

Daya tarik utama Air Terjun Putri Kencana adalah pesona alamnya yang mempesona. Air terjun ini dikelilingi oleh permukaan batu karang dan memiliki latar belakang pepohonan rindang yang sangat bagus. Terdapat sebuah batu besar dengan bentuk yang sangat khas membuat pemandangan air terjun ini semakin indah.

Batu bulat tak sempurna itu berada di pinggir sebelum air mengalir ke baskom. Airnya mengalir ke kolam alami yang didominasi warna pirus. Kejernihan airnya masih sangat tinggi sehingga wisatawan yang ingin bermain air merasa nyaman.

Ada banyak pohon rindang dan asri di atas tebing di sebelah kiri air terjun. Dimana pemandangan alam yang menghijau ini dapat menyejukkan mata dan menyegarkan pikiran. Pesona alam Air Terjun Putri Kencana dapat dilihat dari dua arah, yaitu dari atas dan bawah.

Alamat dan rute menuju Curug

Alamat Curug Putri KencanaFoto: Google Maps/Chamars 2000

Air Terjun Putri Kencana terletak di kawasan wisata Gunung Pancar. Alamatnya di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Dari pusat kota Bogor, wisata air terjun ini memiliki jarak sekitar 23 km, lebih tepatnya ke arah timur jika dilihat dari pusat kota Bogor.

Jalan menuju objek wisata alam yang menakjubkan ini searah dengan Curug Barong dan Leuwi Hejo. Akses melalui jalan darat cukup mudah karena sudah diaspal dan jalan tidak menunjukkan adanya kerusakan. Selama perjalanan, wisatawan akan menemui banyak tikungan dan tanjakan yang cukup terjal khas jalan pegunungan.

Ada banyak penunjuk jalan menuju Air Terjun Putri Kencana di sepanjang jalan, jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat. Namun, lebar jalan tersebut cukup sempit, sehingga terkadang menyulitkan saat dua kendaraan roda empat saling berpapasan. Oleh karena itu disarankan untuk hanya menggunakan kendaraan roda dua.

Temukan Leuwi Hejo dan Leuwi Lieuk Bogor

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk wisata air terjun ini tidak terlalu mahal yaitu Rp 25.000 per orang. Adapun biaya lain yang perlu disiapkan yaitu biaya parkir kendaraan. Ada biaya Rp 5.000 untuk parkir sepeda motor, sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 10.000.

Wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas di air terjun mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB. Tidak ada hari libur khusus, sehingga wisata alam ini bisa dikunjungi kapan saja, termasuk hari libur nasional.

Kegiatan seru untuk dilakukan

Kegiatan di Air Terjun Putri KencanaFoto: Google Maps/Said Ardi

Di Air Terjun Putri Kencana, Anda tidak hanya bisa menikmati alam, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas seru lainnya. Berikut beberapa rekomendasi aktivitas menyenangkan:

1. Body Rafting

Air Terjun Putri Kencana tidak terlalu besar namun bisa digunakan untuk body rafting. Body rafting merupakan kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban karet. Arusnya yang cukup kuat membuat aktivitas body rafting menjadi menyenangkan. Manajemen setempat menyediakan persewaan ban untuk kegiatan body rafting.

Banyak wisatawan yang datang ke wisata air terjun ini secara sadar hanya ingin menikmati body rafting. Biasanya kegiatan arung jeram menggunakan perahu karet, namun wisata alam sangat berbeda. Selain dilengkapi ban karet, jaket pelampung dan helm menjamin keamanan.

2. Berkemah

Kegiatan seru selanjutnya adalah camping atau berkemah. Jam operasional air terjun ini tidak sampai malam hari dan mungkin sebagian orang kurang puas jika hanya sesaat. Oleh karena itu, ada area yang bisa digunakan untuk berkemah. Namun, untuk melakukan aktivitas ini, Anda harus mendapatkan izin terlebih dahulu dari atasan Anda.

3. Mainkan air

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan di air terjun yang indah tentunya adalah bermain air atau berenang. Sensasi sejuk dan dinginnya air membuat berenang atau bermain di air semakin betah dan nyaman untuk berlama-lama. Kolamnya cukup banyak sehingga yang tidak bisa berenang bisa bermain di kolam yang dangkal.

4. Lompat tebing

Tebing-tebing berbatu yang mengapit air terjun menjadi daya tarik bagi wisatawan yang gemar lompat tebing. Kegiatan ini hanya direkomendasikan untuk orang yang bisa berenang karena kolamnya cukup dalam. Sebelum melakukan lompat tebing, pengunjung dapat mengikuti jalur pendakian menuju puncak tebing.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Alasan untuk Air Terjun Putri KencanaFoto: Google Maps/Said Ardi

Wisata air terjun di Bogor ini sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat sehingga tersedia fasilitas yang memadai. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia:

  • ruang sholat
  • tempat peristirahatan umum
  • kamar mandi
  • area parkir
  • loker
  • tempat perkemahan
  • Wahana body rafting
  • Kursi untuk bersantai

Air Terjun Putri Kencana tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam yang memukau, tetapi juga dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Dimana berbagai aktivitas tersebut merupakan ide yang tepat untuk mengisi waktu liburan dan melepas penat. Trekking yang menuntut selama perjalanan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button