Tempat Wisata

Air Terjun Putri Palutungan, Air Terjun Eksotis Penuh Mitos di Kuningan

harga tiket: Rp 20.000 Waktu aktif: 08.00-17.30 WIB, Alamat: Cisantana, Kec. Cigugur, Cab.Kuningan, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Memang sangat menarik mengisi liburan dengan mengunjungi objek-objek wisata, terutama yang menawarkan keindahan curug atau air terjun. Di Kabupaten Kuningan Jawa Barat ada sebuah destinasi wisata yang dimaksud, namanya Curug Putri Palutungan. Panorama alam yang indah dan mempesona tidak pernah membuat sepi pengunjung. Tidak hanya di akhir pekan tetapi setiap hari dipadati pengunjung. Sungai yang airnya jernih ini berasal dari Pegunungan Ciremai, jadi bisa dipastikan kesegarannya. Air terjun cantik ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan aliran air yang cukup deras. Namun, air yang ditampung di kolam tidak terlalu terasa arusnya. Hal ini disebabkan ukuran kolam sehingga mampu menahan derasnya aliran air. Air kolam kemudian mengalir kembali ke kolam berikutnya sebelum melewati undakan batu terlebih dahulu. Nama Air Terjun Putri Palutungan diambil karena dulunya pernah dijadikan sebagai habitat monyet atau kera besar. Lutung, ini adalah kata dasar yang digunakan dalam kata Palutungan yang berarti monyet. Sekarang ada kata Putri karena air terjun ini dulunya digunakan sebagai tempat pemandian seorang anak bangsawan dari Belanda bernama Noni. Orang-orang Belanda yang tinggal di daerah Kuningan pada waktu itu percaya bahwa memandikan putri mereka di air terjun akan membuat mereka cantik di masa depan.

Daya tarik air terjun Putri Palutungan

Daya tarik air terjun Putri Palutungan KuningSumber Gambar: Google Maps Cep Hadedi Perlu diketahui bahwa Curug Putri Palutungan memiliki nama lain yang juga diketahui oleh sebagian orang. Nama-nama tersebut antara lain Curug Putri, Curug Siputri, dan Curug Ciputri. Semua nama lainnya memiliki kata Putri yang memiliki cerita di balik nama tersebut selain dari yang disebutkan di atas tentunya. Selain namanya yang terkenal, ada beberapa daya tarik yang membuatnya selalu dipadati pengunjung.

1. Keindahan Air Terjun Putri Palutungan

Alasan utama wisatawan datang ke tempat tersebut adalah keindahannya. Bahkan dari kejauhan terlihat gemericik air yang mengalir ke kolam menyerupai seorang putri bergaun. Inilah yang dimaksud dengan salah satu asal muasal namanya yang selalu menggunakan kata Putri. Bagi Anda yang kurang yakin, silakan berfoto dengan kamera tajam di sudut yang tepat. Aliran air yang berasal dari Gunung Ciremai sebelumnya mengalir melalui permukaan batu. Tumbuhan liar yang tumbuh di sekitarnya tidak mau menunjukkan keberadaan tebing di kanan kiri Air Terjun Putri Palutungan. Saat matahari menyinari air terjun, keindahannya semakin mempesona dengan pancaran jingga yang sempurna. Percikan air yang terkadang terbawa angin juga menambah keindahannya.

Jika Anda datang saat hujan atau setelahnya, terdapat panorama alam yang membuat orang tertawa saat melihatnya. Sesaat setelah hujan reda, keindahan pelangi tampak jelas di depan mata. Pelangi seakan menghiasi puncak air terjun dengan tujuh warna khasnya.

2. Mitos manfaat air curug

Daya tarik Air Terjun Putri Palutungan selanjutnya berasal dari mitos yang masih dipercaya warga setempat. Mitos ini juga tidak lepas dari keberadaan pelangi dan nama Putri yang disandangnya. Dikatakan bahwa pelangi yang muncul setelah hujan adalah jalan bidadari yang turun dari surga. Tujuan utama Anda adalah untuk menyucikan diri di kolam air terjun. Karena itu, banyak yang percaya bahwa mandi di air terjun bisa mendatangkan banyak manfaat. Khasiatnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, baik ringan maupun berat. Ada juga yang percaya bahwa mencari pasangan atau pekerjaan setelah mandi di kolam sangatlah mudah. Terlepas dari kepercayaan itu, air terjun yang terletak di desa Cisantana ini memang layak dikunjungi karena panorama alamnya.

3. Pemandangan alam yang luar biasa

Bukan hanya keindahan Air Terjun Putri Palutungan yang menjadi daya tarik utamanya, namun juga alam di sekitarnya. Tumbuhan lebat dari berbagai spesies tidak pernah lepas dari pandangan. Bebatuan besar dan kecil tidak hanya menghiasi air terjun, tetapi seluruh lokasi. Panorama alam ini bisa dijumpai dalam bentuk air terjun di tempat wisata lainnya, namun tentu saja tidak semuanya. Daya tarik utamanya adalah keberadaan satwa liar yang mudah ditemukan selama perjalanan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Putri Palutungan KuninganKredit foto: Google Maps N Rissa Hadikusumah Meski alamatnya tertulis sangat jelas, yakni Cisantana RT.07/RW.03, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat, namun akses menuju lokasi tidak semudah yang dibayangkan. Mungkin awalnya mudah karena Anda bisa menggunakan kendaraan untuk pergi ke tempat parkir. Namun, perjalanan lebih jauh diperlukan untuk sampai ke tempat itu. Jika Anda datang dari Cirebon, silakan melewati Jalan Raya Cirebon – Kuningan. Sebelum sampai di Terminal Kuningan ada belokan ke Cigugur, silahkan ambil jalan ini. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di desa Cisantana dengan jalan yang sedikit menanjak. Tak jauh dari titik ini Anda akan menemukan kawasan Bumi Perkemahan Palutungan, tepatnya setelah melewati Resor Taman Nasional Gunung Ceremai.

Biaya masuk ke objek wisata

Tiket Air Terjun Putri Palutungan KuninganPhoto Credit: Google Maps Danang Sutowijoyo Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati keindahan Air Terjun Putri Palutungan. Orang dewasa akan dikenakan biaya 20.000 rupiah dan anak-anak akan dikenakan biaya 10.000 rupiah. Harga tersebut hanya berlaku untuk tiket masuk lokasi, ada biaya tambahan. Biaya yang dimaksud adalah penggunaan fasilitas parkir dimana sepeda motor dikenakan biaya sebesar 3.000 rupiah dan mobil sebesar 5.000 rupiah. Situs ini buka setiap hari dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 17.30 waktu setempat.

Aktivitas menarik di Curug Putri

Aktivitas Air Terjun Putri Palutungan KuninganSumber gambar: Twitter suka mobil tua Tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas seru saat traveling. Tentunya, apalagi jika tempat yang Anda kunjungi adalah air terjun, banyak hal yang harus dilakukan. Hampir semua kegiatan masih berhubungan dengan air, itu sudah pasti. Biar lebih jelas, berikut aktivitas menarik yang biasa dilakukan wisatawan saat berkunjung ke Air Terjun Putri Palutungan!

1. Berenang dan bermain air

Kesegaran air dan kejernihannya membuat tak ada yang menolak ingin merasakan kesejukan. Bagi wisatawan yang datang ke tempat ini aman untuk melakukan aktivitas ini tidak peduli berenang atau hanya bermain air di kolam renang. Pengunjung yang ahli perenang bisa menguji kemampuan mereka di kolam utama karena kedalamannya lumayan. Namun, tidak disarankan untuk berada langsung di bawah air terjun karena arusnya cukup kuat untuk memaksa orang dewasa masuk ke dalam bak mandi air panas.

2. Berkemah seru bersama keluarga

Lokasinya yang berada di Bumi Perkemahan Palutungan membuat kegiatan berkemah sangat memungkinkan. Menikmati keindahan alam di bawah tenda merupakan hal yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Kegiatan ini secara tidak langsung mengenalkan anak pada alam. Anda yang datang dengan rombongan juga bisa melakukan kegiatan ini, yang bisa menguji kerjasama tim untuk meningkatkannya. Jika Anda datang ke Air Terjun Putri Palutungan tanpa menyiapkan tenda, pihak pengelola akan menyediakan persewaan lapangan untuk keperluan tersebut. Tentu tidak gratis, namun tetap murah dibandingkan dengan sensasi seru dan pengalaman yang Anda dapatkan bersama alam. Ada biaya sewa tenda pramuka sebesar 100.000 rupiah sedangkan tenda Doom dikenakan biaya 150.000 rupiah. Semua harga sewa adalah untuk satu malam.

3. Mengendarai ATV

Aktivitas seru Air Terjun Putri Palutungan KuninganSumber gambar: Twitter Qu Susanto Masih di kawasan yang sama, ada aktivitas seru yang bisa memacu adrenalin dan keseimbangan. Aktivitas yang dimaksud adalah berkeliling dengan ATV. Perlu Anda ketahui bahwa mengendalikan kendaraan bukanlah hal yang mudah, apalagi medannya tidak datar atau dikenal juga dengan kontur khas pegunungan. Kendaraan yang juga fasilitas tersebut disewakan dengan harga yang berbeda-beda tergantung jangka waktu pemakaiannya.

4. Berburu spot foto dengan Pesona Alam

Jangan lupakan kegiatan yang juga digunakan untuk mengabadikan momen yaitu fotografi. Kali ini bukan sekedar foto seadanya, melainkan dengan panorama alam yang memukau. Tidak banyak spot foto yang disediakan, kebanyakan adalah spot liar. Namun, hampir setiap pemandangan sangat cocok sebagai backdrop. Misalnya jika mengambil background air terjun Palutungan Putri. Cobalah untuk mendapatkan sudut yang tepat agar air terjun terlihat seperti seorang putri dengan gaun putih.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun Putri PalutunganPhoto Credit: Google Maps Sin Helina Ayu Tamela Setiap tempat wisata pasti menawarkan fasilitas pendukung untuk kenyamanan para pengunjungnya. Fasilitas tersebut juga bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi air terjun cantik di Kuningan ini. Beberapa fasilitas wajib yang bisa Anda gunakan adalah toilet dalam kondisi cukup dan air mengalir. Selain itu, tersedia juga tempat parkir mobil yang luas dan aman, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan kendaraan yang Anda gunakan. Ada juga mushola dan letaknya tidak jauh dari tempat wisata utama. Kios yang menawarkan berbagai makanan juga mudah ditemukan di dekat lokasi. Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk mengisi kembali energi yang hilang setelah aktivitas yang melelahkan. Bisa juga dijadikan tempat bersantai menikmati udara segar dengan segelas kopi atau teh panas. Banyak hal yang menarik untuk dibicarakan dari Air Terjun Putri Palutungan di Kuningan. Alangkah baiknya jika Anda berkunjung ke tempat tersebut untuk memuaskan rasa penasaran dan merasakan liburan yang nyaman. Jangan lupa ajak rombongan baik keluarga maupun teman atau kerabat agar tidak membosankan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button