Tempat Wisata

Air Terjun Putuk Truno, Air Terjun Tersembunyi di Pasuruan yang Sarat Legenda

Temukan nodahan tersembunyi Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan, Air terjun yang mempesona yang tidak hanya menawarkan pemandangan memukau tapi juga kaya akan cerita legenda.

Harga tiket: Rp 15.000, Operasional Selai: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Putuk Truno, Prigen, Kec. Prigen, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Peta: Cek Lokasi

Pasuruan termasuk salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai wisata alam menakjubkan, dan salah satunya adalah Air Terjun Putuk Truno.

Banyak wisatawan dari luar kota yang tertarik untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman di sini, karena wisata alam ini memiliki berbagai daya tarik yang unik.

Wisata air terjun ini sendiri memiliki ketinggian 45 meter di lokasi di kaki Gunung Welirang serta Gunung Arjuno. Oleh karena itu, udara yang ada di sekitar sini masih terasa segar dan jauh dari berbagai jenis polusi seperti yang ada di daerah perkotaan.

Dengan kesegaran udara dan kejernihan udara yang ada di tempat wisata ini, membuat orang-orang semakin tertarik untuk menenangkan pikiran sejenak di sini. Sebelum berkunjung kemari, Anda harus mengetahui informasi lengkap terkait tempat wisata Pasuruan ini terlebih dahulu!

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Putuk Truno

Daya Tarik Air Terjun Putuk TrunoFoto oleh Sheila Tiara di Google Maps

Sebelum berkunjung ke suatu destinasi wisata tertentu para wisatawan harus mengetahui tentang pesonanya terlebih dahulu. Benar sekali, Anda bisa melihat udara di seberang sungai di pagi hari, dalam beberapa hari, tetapi secara terpisah:

Iklan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Suasana yang Asri dengan Udara yang Sejuk

Salah satu alasan mengapa Air Terjun Putuk Truno Pasuruan ini selalu ramai pengunjung adalah karena suasana di sekitar air terjun ini masih sangat asri dan didukung dengan udara yang sangat sejuk.

Maka dari itu, ada banyak orang yang berkunjung kemari untuk rehat sejenak dan menghilangkan kepenatan dari rutinitas keseharian.

2. Legenda Air Terjun Putuk Truno

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa wisata air terjun ini menyimpan kisah cinta yang begitu kuat antara Joko Taruno dan Sri Gading Lestari.

Pada saat itu, perasaan cinta Joko Taruno kepada Sri Gading Lestari sangatlah besar, namun kisah cinta di antara keduanya tidak disetujui oleh ayahanda Sri Gading Lestari.

Oleh karena itu, Sri Gading Lestari akhirnya disembunyikan di Coban Baung oleh ayahnya. Namun, tidak lama setelah itu takdir kembali mempertemukan Joko Taruno dan Sri Gading Lestari di Air Terjun Putuk Truno.

3. Tersedia Banyak Spot Foto Menarik

Tempat wisata yang memiliki banyak spot foto menarik lebih memikat perhatian para wisatawan dibandingkan tempat wisata yang sepi dan tidak ada tempat fotonya.

Maka dari itu, berbagai spot foto menarik seperti area air terjun, pepohonan rindang, lalu bebatuan cantik di dalam tempat wisata ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Air Terjun Putuk TrunoFoto oleh Joesoef Soestyono di Google Maps

Wisata Air Terjun Putuk Truno ini terletak di Jl. Putuk Truno, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur dan memiliki rute perjalanan yang tidak terlalu rumit untuk dilalui.

Bagi para wisatawan yang datang dari arah Surabaya, mereka bisa mengambil jalur menuju Masjid Cheng Ho melalui daerah Tretes.

Sesampainya di persimpangan jalan Tretes, ambil jalan ke arah kiri dan lanjutkan perjalanan hingga menuju ke Taman Candra Wilwatikta.

Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti jalan yang ada di sana dan belok ke arah kiri saat di persimpangan jalan selanjutnya. Tidak lama kemudian, pintu masuk wisata air terjun ini akan terlihat.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk bisa menikmati nodahan alam yang indah di Air Terjun Putuk Truno ini, Anda harus membayar tiket masuk yang seharga Rp15,000,- (hari kerja) lalu Rp20.000,- (akhir pekan).

Jadi, para wisatawan yang datang pada hari Senin-Jum'at dan hari Sabtu-Minggu harus membayar tiket masuk dengan harga yang berbeda.

Selain itu, bagi para wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi juga harus membayar biaya parkir yang sebesar Rp5,000,- (untuk motor) dan Rp10,000,- (untuk mobil).

Dan selanjutnya anda dapat melihatnya kembali, karena wisata air terjun ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 – 16:00 WIB.

Aktivitas yang menarik Dilakukan

Aktivitas Air Terjun Putuk TrunoFoto oleh Aziz Shidqul di Google Maps

Semakin beragam aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan wisata, maka semakin tinggi pula minat para wisatawan untuk berkunjung ke wisata tersebut. Berikut ini beberapa kegiatan menarik yang dapat dinikmati pengunjung di wisata air terjun ini:

Berlin Udara

Bermain air adalah kegiatan yang wajib dilakukan saat berkunjung ke tempat-tempat wisata alam seperti pantai, air terjun, di sungai.

Oleh karena itu, para pengunjung Air Terjun Putuk Truno Pasuruan ini dapat bermain air di area bawah air terjun bersama dengan keluarga dan teman-temannya.

Berfoto Ria di Air Terjun Putuk Truno

Tidak hanya bisa bermain air saja saat berkunjung di Air Terjun Putuk Truno, para wisatawan juga bisa berburu spot foto menarik untuk membuat momen liburannya lebih menyenangkan.

Nantinya, hasil foto ini dapat diunggah di media sosial dan mendapat perhatian yang cukup banyak, karena beberapa spot foto di sini cukup estetis.

Bersantai Sambil Menikmati Keindahan Alam yang Menakjubkan

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan di sini adalah bersantai sambil menikmati meinedahan alam yang menakjubkan.

Biasanya, orang-orang dari luar kota akan rela datang kemari untuk menenangkan pikiran sejenak dengan berbaring di atas bebatuan Sungai sambil melihat pepohonan rindang yang ada di sekitarnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Putuk TrunoFoto oleh Oka Shakatto di Google Maps

Tidak jauh berbeda dengan destinasi wisata alam yang ada di Indonesia lainnya, tempat wisata ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas memadai seperti toilet, area parkir yang luas, mushola, hingga warung makan.

Ya, bagi para wisatawan yang lupa membawa bekal, mereka bisa membeli makanan dan minuman lezat di kawasan tempat wisata ini.

Dengan banyaknya daya tarik yang dimiliki oleh Wisata Air Terjun Putuk Truno, hal ini menjadikannya selalu dikunjungi oleh para wisatawan saat masa liburan maupun di hari-hari biasa.

Selama berkunjung kemari, Anda harus selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar, agar meinedahan alam di sini bisa selalu terjaga dengan baik.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button