Tempat Wisata

Air Terjun Rambut Moyo, air terjun bertingkat dengan panorama alam yang mempesona di Pasuruan

Air Terjun Rambut Moyo di Pasuruan merupakan air terjun bertingkat yang mempesona dengan dikelilingi vegetasi hijau yang menambah keindahan alamnya.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Palangsari, Kec. Puspo, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Pesona alam Indonesia memang tak henti-hentinya membuat kita takjub. Salah satu keindahan alam yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah Air Terjun Rambut Moyo di Pasuruan.

Air terjun ini terdiri dari dua lapisan dan di bawahnya terdapat telaga kecil dengan kedalaman air yang tidak terlalu besar. Selain itu, wisata air terjun yang mempesona ini juga menawarkan wisata religi. Tempat ini tidak hanya menawarkan panorama alam yang mempesona, namun juga memiliki cerita unik dibalik keindahannya.

Karena aliran airnya yang deras dari ketinggian, air terjun ini menciptakan suasana damai dan tenteram bagi setiap orang yang mengunjunginya. Penasaran? Baca selengkapnya mengenai pesona Air Terjun Rambut Moyo pada artikel berikut ini.

Cek hotel murah di Pasuruan

Sejarah Air Terjun Rambut Moyo

Sejarah Air Terjun Rambut MoyoFoto: Google Maps/Cak Har

Dibalik keindahan Air Terjun Rambut Moyo terdapat cerita unik. Sesuai dengan namanya, air terjun ini ditemukan oleh Mbah Moyo yang bertapa selama ratusan tahun hingga akhirnya meninggal dunia di air terjun tersebut.

Penduduk setempat meyakini Mbah Moyo masih memiliki hubungan erat dengan legenda babad Jawa, yakni legenda Pangeran Sawunggaling. Pangeran ini terkenal dengan kesaktiannya dan mempunyai hubungan dengan Dewi Sangkrah yang makamnya terletak di atas sumber air terjun ini.

Dipercaya bahwa nama rambut Mbah Moyo begitu sakti sehingga rambut Mbah Moyo tumbuh panjang dan berubah menjadi sungai di desa Palangsari. Mbah Moyo sendiri merupakan sesepuh Dewi Sangkrah.

Itu sebabnya makam mereka berdekatan, yakni di atas air terjun. Tak hanya dua makam saja, namun juga terdapat makam pengasuh terakhir Air Terjun Rambut Moyo.

Selanjutnya masyarakat mempercayai Rambut Moyo merupakan tempat naik turunnya dewa khayangan yaitu Bhatara Ismoyo yang diketahui dari cerita wayang. Ia menjelma menjadi Raden Semar Bodronoyo, seorang abdi dan penasehat Pandawa Lima.

4D3N Bromo Sunrise, Wisata Air Terjun Ijen & Tumpak Sewu

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Rambut Moyo

Objek wisata: Air Terjun Rambut MoyoFoto: Instagram/Satria

Air Terjun Rambut Moyo memukau pengunjung dengan keindahan alamnya yang sulit digambarkan. Dengan jatuhnya air dari tebing setinggi 40 meter, suasana damai dan menenangkan seakan tercipta di setiap sudutnya.

Aliran air yang deras membentuk kolam atau telaga alami di bawahnya sehingga menghasilkan pemandangan yang sungguh mempesona. Dengan suara gemericik air dan hijaunya badai hutan, terciptalah harmoni alam yang sulit digambarkan dengan kata-kata.

Namun keunikan sebenarnya dari air terjun mempesona ini terletak pada struktur bebatuan alami dengan dua tingkat dan sebuah danau kecil di bawahnya. Selain itu, di bawahnya terdapat banyak bebatuan besar yang bisa dijadikan tempat berfoto oleh pengunjung.

Karena letaknya yang tidak jauh dari kawasan Gunung Bromo, airnya terlihat sangat jernih dan menyuguhkan pemandangan sekitar yang hijau dan alami. Tebing yang ditumbuhi lumut membuat air terjun ini terlihat semakin memukau.

➥ Tur Sehari ke Bromo Sunrise, Air Terjun Coban dan Candi Iago https://invol.co/clim1mk

Vegetasi hijau yang mengelilingi air terjun dan pelangi terlihat di tengah gemericik suara air terjun membuat objek wisata ini layak untuk dikunjungi. Karena keindahannya, air terjun ini konon menjadi salah satu air terjun terindah di Jawa Timur pada tahun 1980an.

Air Terjun Rambut Moyo tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga pengalaman unik yang tak terlupakan. Sensasi segar dan sejuknya air bisa Anda rasakan saat mandi di kolam atau danau alami di bawah air terjun.

Kegiatan ini tak hanya menyegarkan tubuh setelah menempuh perjalanan yang berat dan terjal, namun juga memberikan momen kebersamaan yang tak terlupakan. Selain indah dan unik, air terjun ini juga bisa dijadikan sebagai objek wisata religi. Sebab di sekitar objek wisata alam eksotik ini terdapat makam Mbah Moyo, Dewi Sangkrah dan makam juru kunci terakhir.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Haar MoyoFoto: Google Maps/Yehezkiel Kristian

Air Terjun Rambut Moyo terletak di Desa Njeglong, Raya, Kecamatan. Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya juga tidak sulit, Anda bisa datang ke Desa Palangsari dan mencapainya dari kantor desa dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat dengan jarak sekitar 2 km.

Sesampainya di pos masuk air terjun, pengunjung yang datang dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau mendaki. Perjalanan menuju air terjun memakan waktu sekitar 20 menit.

Meski harus mendaki/trek menuruni bukit untuk mencapai air terjun, Anda akan disuguhi indahnya pemandangan kawasan pegunungan hijau di sepanjang perjalanan.

Dalam perjalanan menuju air terjun, Anda bisa menyaksikan perkebunan, persawahan bahkan suara panggilan satwa atau hewan. Hal ini menjadi bukti bahwa tempat wisata ini masih asri dan alami. Saat mendekati tempat tersebut, suara air terjun akan terdengar jelas.

Fasilitas dan akomodasi tersedia

Air Terjun Rambut Moyo, destinasi alam menakjubkan di Pasuruan ini, tidak hanya menawarkan keindahan alam yang luar biasa, tetapi juga fasilitas yang memudahkan pengunjungnya menginap. Meski sempat terbengkalai, namun pengelolaan destinasi wisata alam ini terus berkembang.

Saat itu belum ada tempat parkir dan tidak ada petugas keamanan di air terjun. Meski demikian, masih ada warga sekitar yang menjaga kawasan air terjun saat wisatawan berkunjung.

Fasilitas yang ada saat ini sudah berkembang seperti tempat parkir, musholla, toilet dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan biaya masuk kawasan air terjun sekitar Rp 5.000 per orang.

Meski fasilitas dan akomodasi yang tersedia belum mencukupi, namun sesampainya di kawasan Air Terjun Rambut Moyo, Anda akan dibuat terkesima dengan keindahan dan kemegahan air terjun di Pegunungan Bromo ini.

Tips mengunjungi wisata alam

Fasilitas Air Terjun Haar MoyoFoto: Facebook/يزيد الجبلي

1. Pakaian dan perlengkapan

Kenakan pakaian yang sesuai dengan cuaca dan aktivitas. Pastikan Anda membawa perlengkapan seperti topi dan kacamata hitam serta mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman. Hindari mengunjungi Air Terjun Rambut Moyo, apalagi saat musim hujan. Waktu terbaik untuk berkunjung biasanya pada musim kemarau/panas, sekitar bulan April hingga Oktober.

2. Persediaan air dan makanan di Air Terjun Rambut Moyo

Jika Anda sedang berkunjung ke tempat wisata alam yang belum ada pedagang yang menjajakan makanan atau minuman, ada baiknya Anda membawa perbekalan sendiri dari rumah atau bisa juga membelinya di kios-kios yang ada di luar tempat wisata tersebut. Bawalah air minum yang banyak dan makanan ringan yang cukup agar Anda tetap berenergi selama perjalanan

3. Periksa kondisi saluran

Sebelum Anda berangkat, periksa kondisi jalur atau rute yang akan Anda ambil. Pertama, lakukan riset lokasi, Anda bisa melihatnya di ulasan di Google. Pastikan Anda memiliki informasi yang cukup sebelum kunjungan Anda.

4. Pastikan tubuh Anda bugar

Bepergian ke alam terbuka memerlukan kebugaran jasmani yang baik. Pastikan tubuh Anda sehat dan siap beraktivitas fisik. Jika kondisi tubuh sedang buruk, sebaiknya jangan memaksakan diri, meskipun medan yang Anda lalui terlihat mudah.

Demikianlah ulasan informatif mengenai Wisata Air Terjun Rambut Moyo di Pasuruan Jawa Timur. Pastikan untuk menjaga alam dengan tidak sembarangan membuang sampah atau merusak apapun di tempat wisata. Liburan yang menyenangkan!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button