Tempat Wisata

Air Terjun Samparona: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sulawesi Tenggara memiliki banyak tempat wisata yang indah dan menarik yang bersaing dengan wisata luar negeri. Kalaupun wisatawan lokal tidak tahu dengan objek wisata ini, padahal disana terdapat keindahan alam yang tidak kalah dengan negara lain. Ada banyak jenis wisata di provinsi Sulawesi Tenggara: wisata bahari, wisata pendidikan, wisata alam, dll. Salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi disana adalah Air Terjun Samparona.

Air Terjun Samparona

Objek Wisata Air Terjun Samparona

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak keunggulan dalam sumber daya alam dan sumber daya pariwisata, dimana banyak objek wisata yang sangat bagus yang belum dibuka untuk umum, seperti Air Terjun Samparona. Air terjun ini berada di kawasan hutan lindung Samparona. Desa Lipumangau, Kecamatan Sampolawa, Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam perjalanan menuju Air Terjun Samparona memiliki ketinggian 45 meter dan membutuhkan tenaga dan tenaga ekstra karena jalan yang kita tempuh hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki, namun disinilah letak keindahannya. salah satu bukti keindahan tanah air indonesia yang bisa kita lihat dengan gamblang di hadapan kita.

Wisata air terjun Samparona masih belum banyak diketahui masyarakat akan keindahannya. Publik negara Indonesia perlu mengetahui bahwa ada secuil surga di negara Sulawesi Tenggara, lebih tepatnya di Kabupaten Buton.

Kegiatan hunting foto ini wajib dilakukan setelah melalui perjalanan yang berat. Saran saya bawalah kamera anti air atau smartphone karena udara di sekitar Air Terjun Samparona lembab. Kita bisa hunting foto di atas air terjun, di bawah air terjun dan di atas bebatuan.Hati-hati di sekitar air terjun dan ada satu lagi spot foto populer di kawasan hutan pinus Samparona. Pohon pinus sering kita jumpai di sepanjang jalan menuju air terjun Samparona.

Fasilitas di Air Terjun Samparona

Fasilitas yang tersedia di Air Terjun Samparona sangat terstandarisasi namun cenderung kurang karena objek wisata tersebut belum terurus secara maksimal oleh pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak membawa bekal sendiri terlalu banyak karena dapat menjadi beban selama perjalanan, cukup bekal dan barang untuk meminimalisir kecelakaan akibat beban yang berat.

Lokasi, Rute dan Akses Menuju Curug Samparona

Satu-satunya rute yang bisa kita gunakan adalah jalur darat. Dari Kota Bau Bau kami menempuh jarak sekitar 16 km dan menghabiskan waktu berkendara sekitar 30 menit. Setelah itu, jika pembangunan negara tidak mempengaruhi jalan yang memacu adrenalin, kita akan menuju tempat parkir yang berjarak 500 meter dan selanjutnya kita harus berjalan kaki menuju pusat wisata air terjun Samparona.

Jarak yang kami tempuh adalah 4 km. Tips Tambahan: Gunakan sepatu yang nyaman karena rutenya panjang. Beberapa tips sebelum berwisata ke Air Terjun Samparona. Pastikan tubuh Anda dalam keadaan sehat sebelum mengunjungi objek wisata, bagi yang tidak menyukai jalur pendakian, pertimbangkan kembali aktivitas karena sebagian besar rute ditempuh dengan berjalan kaki.

Saat kita mengunjungi air terjun, saat debitnya kurang, kita harus turun lebih jauh lagi karena air terjunnya ada di samping. Untuk menghadapi turunan ini kita harus melewati tepian tebing air terjun dengan rotan yang sudah disiapkan.

Harga tiket Air Terjun Samparona

Jam dan tiket ke Air Terjun Samparona dikenakan biaya 10.000 per orang untuk dewasa dan anak-anak. Biaya parkir untuk kendaraan roda dua adalah 20.000 dan untuk kendaraan roda empat 40.000.

Jam operasional air terjun Samparona

Peta lokasi Air Terjun Samparona

Tips mengunjungi air terjun Samparona

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Samparona semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut adalah beberapa tips dari kami untuk digunakan sebagai referensi liburan:

  • Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Samparona adalah saat liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Samparona bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Samparona.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh Anda tetap prima selama berlibur di Air Terjun Samparona.

Galeri Air Terjun Samparona

Air Terjun SamparonaAir Terjun Samparona Sumber: instagram.com/odeibonk/Air Terjun SamparonaAir Terjun Samparona Sumber: instagram.com/odeibonk/Air Terjun SamparonaMenikmati keindahan air terjunBersantai di Air Terjun SamparonaPohon pinus di dekat air terjunAkses menuju air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button