Tempat Wisata

Air Terjun Sampuren Putih: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kita bersyukur hidup di negeri yang sangat kaya akan sumber daya alam di berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Maka dari itu, tidak heran jika banyak destinasi wisata menarik di Indonesia, baik yang buatan maupun yang alami. Di Sumatera Utara terdapat sebuah kabupaten yang terkenal dengan budayanya yaitu Deli Serdang. Deli Serdang merupakan salah satu tujuan liburan favorit masyarakat dan memiliki banyak tempat wisata dan pesonanya tak terbantahkan. Lokasinya yang berada di dataran tinggi juga menciptakan suasana sejuk dan sejuk di kota ini, membuat banyak orang betah menghabiskan waktu di Deli Serdang. Salah satu destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah Air Terjun Sampuren Putih.

Objek wisata Air Terjun Sampuren Putih tepatnya berada di Desa Cinta Rakyat/Bas Ukum, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Dengan konsep wisata alam, banyak menarik wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia kesana. Oleh karena itu, banyak pengunjung menghabiskan rekreasi dengan teman-teman di setiap hari libur dan akhir pekan. Kondisi jalan yang terjal membuat Anda penasaran dengan keindahan air terjun ini. Rasa penasaran itu akan berganti dengan rasa lega saat melihat Air Terjun Sampuren Putih.

Sampuren sendiri berarti air terjun dalam bahasa Karo. Air terjun disana memiliki ketinggian sekitar 3 meter sehingga tidak terlalu tinggi sehingga suara air yang tercipta merdu dan menenangkan pikiran. Menurut warga sekitar, Sampuren Putih merupakan air terjun tujuh tingkat, namun kita hanya bisa melihat satu secara langsung. Ini adalah level terakhir atau level ketujuh. Tidak diragukan lagi keindahan pemandangan alam yang ditawarkan wisata air terjun ini karena banyak pohon tinggi yang tumbuh subur dan rapat melengkapi keindahan pemandangan air terjun.

Air Terjun Sampuren Putih mengandung belerang yang telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit kulit. Oleh karena itu, pengunjung yang datang harus menyempatkan diri untuk mandi atau sekadar bermain air di air terjun. Sebelum air ini jatuh ke muara, tampak mengalir dari mulut gua berdiameter sekitar 10 meter. Saat air terjun ini jatuh akan membentuk buih putih, oleh karena itu objek wisata ini disebut juga “air terjun putih”. Sedangkan sisa 6 tingkat air terjun kembali tertutup oleh singkapan bebatuan. Tinggi total air terjun ini diperkirakan mencapai 150 meter. Bagi wisatawan yang ingin mendaki ke sana, disarankan untuk mempersiapkan kondisi fisik dan perbekalan yang cukup.

Fasilitas di Air Terjun Sampuren Putih

Karena objek wisata alam ini masih sangat alami dan berada agak jauh di dalam hutan yang cukup lebat, maka fasilitas yang bisa dijumpai wisatawan berada di luar kawasan wisata Air Terjun Sampuren Putih.

– Tempat makan atau warung

Setelah puas bermain air dan berfoto di objek wisata ini, Anda bisa mendatangi warung penduduk setempat untuk membeli makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Akomodasi

Jika Anda sedang mencari tempat menginap di dekat objek wisata Air Terjun Sampuren Putih, terdapat penginapan dengan harga yang cukup berbeda.

– Masjid atau musala

Tempat ibadah dapat ditemukan di perkampungan penduduk sekitar.

Berburu foto di air terjun Sampuren Putih

Jika Anda menyukai seni fotografi, objek wisata Air Terjun Sampuren Putih akan memanjakan Anda dengan berbagai pemandangan dan spot foto yang menarik, seperti di sekitar hutan dengan banyak pepohonan yang rimbun dan rindang serta air terjun yang mengalir di muara sebagai backgroundnya. Di sana Anda bisa memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai tempat berfoto saat bersama keluarga atau teman. Anda juga bisa mengabadikan berbagai panorama di sekitar air terjun, seperti hewan liar yang terkadang muncul atau burung yang biasa terbang. Dan karena di sini banyak bebatuan sungai, view ini bisa kamu jadikan sebagai target kamera, dijamin fotonya bagus. Kemudian pengunjung bisa mengabadikan momen sambil mandi atau bermain di muara. Ketika Anda telah menerima foto yang cukup, jangan lupa untuk mengunggahnya di media sosial. Dengan ini anda membantu memperkenalkan objek wisata Air Terjun Sampuren Putih kepada masyarakat luas.

Cara Menuju Air Terjun Sampuren Putih

• Melalui Udara : Sesampainya di Bandara Kuala Namu, Anda dapat langsung memulai perjalanan dengan kendaraan bermotor dengan rute Jl. melanjutkan. Jalan Tol Medan-Kuala Namu – Jl. Bilah Kuis – Jl. Lintas Sumatera – Jl. Dahlan Tj – J L. Tirta Deli – Jl. Bandar Labuhan – Jl. eh Morawa – Air Terjun Sampuren Putih

• Melalui jalur laut : Sesampainya di pelabuhan Belawan, anda dapat langsung melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui jalur : Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera – Patumbak – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Pertahanan – Jl. Besar Sibiru Biru – Air Terjun Sampuren Putih

• Melalui Darat: Dari pusat kota Medan Anda hanya perlu mengikuti rute berikut: Jl. Guru Patimpus – Jl. Gatot Subroto – Jl. Iskandar Muda – Jl. Jamin Ginting – Jl. Deleng Tinjau – Air Terjun Sampuren Putih

Biaya masuk ke Air Terjun Sampuren Putih

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Air Terjun Sampuren Putih

  • Buka setiap hari dari pukul 08.00 – 20.00

Peta lokasi Air Terjun Sampuren Putih

Tips mengunjungi Air Terjun Sampuren Putih

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Sampuren Putih semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Sampuren Putih adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Sampuren Putih bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Sampuren Putih.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Sampuren Putih.

Galeri foto Air Terjun Sampuren Putih

Air Terjun Sampuren PutihSpot foto di samping air terjunBerenangMenikmati keindahan air terjunAir terjun di pagi berkabut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button