Tempat Wisata

Air Terjun Sangka Pane: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Aceh Tamiang mempunyai jutaan tempat wisata mempesona yang masih belum terjamah dan belum terjamah banyak wisatawan. Di balik lebatnya hutan, di kaki gunung dan perbukitan, masih banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan pemerintah untuk menarik wisatawan berkunjung ke kawasan ini. Salah satunya adalah Air Terjun Sangka Pane yang menjadi tempat wisata populer di kalangan penduduk setempat.

Air Terjun Sangka Pane merupakan air terjun eksotik di balik perbukitan. Berbeda dengan air terjun lainnya, tempat wisata ini dikelilingi kontur tebing yang melengkung sehingga terlihat asri dan asri. Konon air terjun ini merupakan air terjun terpanjang yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang.

Air Terjun Sangka Pane

Secara geografis Air Terjun Sangka Pane terletak di Desa Pengidam, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, wisatawan setidaknya harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer atau sekitar satu jam dari Karang Baru, ibu kota Aceh Tamiang.

Pengunjung disarankan menggunakan kendaraan seperti sepeda motor untuk mencapai air terjun ini. Sebab jika membawa mobil, bisa dipastikan wisatawan akan kesulitan melewati jalan yang sempit, menanjak, berkelok-kelok, dan banyak tikungan tajam. Hal ini tidak mengherankan karena air terjun Sangka Pane tersembunyi di balik bukit.

Ada dua jalur yang bisa ditempuh wisatawan untuk menuju air terjun. Pilihan pertama adalah menaiki tangga darurat di tebing berbatu yang terbuat dari tongkat kayu sederhana. Sayangnya, kondisi tangga tersebut sangat memprihatinkan karena banyak anak tangga yang rusak sehingga mengancam keselamatan wisatawan.

Jika pengunjung memilih jalur kedua, wisatawan harus memutar sungai untuk menempuh rute yang lebih panjang. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang lebih memilih jalur pertama dibandingkan jalur ini. Perjalanan menuju Air Terjun Sangka Pane memang melelahkan, namun perjuangan tersebut segera terbayar dengan panorama air terjun yang sungguh mempesona.

Pesona Air Terjun Sangka Pane

Saat wisatawan sampai di lokasi air terjun, mereka disuguhi panorama air terjun alami dengan air yang mengalir deras ke bebatuan. Gemericik airnya seolah mengajak wisatawan untuk segera terjun ke segarnya air mata air pegunungan ini dan mandi.

Air Terjun Sangka Pane memiliki beberapa tingkat air terjun, itulah sebabnya banyak penduduk setempat menyebut air terjun ini dengan Air Terjun Tujuh Tingkat. Namun beberapa pengunjung mengatakan bahwa air terjun ini sebenarnya memiliki 17 tingkatan air terjun atau lebih. Hal ini pun membuat wisatawan semakin penasaran untuk mengunjungi tempat wisata di Aceh Tamiang ini.

Air Terjun Sangka Pane

Di lokasi air terjun, wisatawan bisa merasakan suasana alam yang masih lestari dan dikelilingi pepohonan hijau yang rimbun. Udara di air terjun ini juga sangat sejuk sehingga wisatawan bisa betah berlama-lama menikmati mahakarya Sang Maha Kuasa ini.

Air Terjun Sangka Pane juga dihiasi banyak batu yang bisa ditemukan wisatawan. Bebatuan yang berbeda-beda dengan bentuk dan ukuran yang berbeda-beda seakan melengkapi keindahan air terjun ini. Tak jarang wisatawan memanfaatkan bebatuan tersebut untuk beristirahat atau sekadar menikmati derasnya air yang membasahi seluruh tubuhnya.

Pengunjung bisa leluasa bermain air atau mandi di air terjun ini. Terdapat rongga di bawah air terjun. Tempat ini sering dimanfaatkan wisatawan untuk merasakan dingin dan segarnya air yang berasal dari pegunungan. Namun wisatawan diimbau tetap waspada karena bebatuan di sekitar air terjun sangat licin dan terdapat kolam yang cukup dalam.

Kekhasan Air Terjun Sangka Pane adalah terdapat beberapa air terjun dengan ciri dan keindahan yang berbeda-beda. Bagi wisatawan yang berjiwa petualang, Anda dapat menelusuri air terjun secara bertahap dan menghitung sendiri jumlah anak tangga air terjun di tempat wisata ini.

Fasilitas Air Terjun Sangka Pane

Sayangnya keindahan Air Terjun Sangka Pane tidak bisa dibandingkan dengan fasilitas yang ada di sekitar tempat wisata ini. Masih belum tersedianya fasilitas umum seperti toilet, toilet atau musala untuk ibadah gereja. Untungnya wisatawan masih bisa menemukan tempat parkir 2 kilometer sebelum objek wisata. Tempat parkir ini dijaga oleh warga sekitar, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir kehilangan kendaraannya.

Kondisi jalan menuju tempat wisata juga kondisinya cukup buruk sehingga membuat kendaraan bermotor tidak bisa melewatinya. Jalan yang sempit, berkelok-kelok, dan ekstrim memaksa wisatawan harus berjalan kaki minimal 2 kilometer dari tempat parkir. Mengingat potensi wisata Air Terjun Sangka Pane cukup besar, maka diperlukan campur tangan pemerintah dalam mengembangkan infrastruktur tersebut.

Baca juga: Kuala Paret, sungai unik dan indah di Aceh Tamiang

Di sekitar air terjun, wisatawan juga akan kesulitan menemukan kios-kios yang menjual makanan atau minuman. Oleh karena itu, wisatawan disarankan membawa perbekalan sebelum menuju ke air terjun. Jika wisatawan ingin bermalam, bisa menyewa beberapa hotel dan penginapan di Kota Babo yang hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari lokasi air terjun.

Air Terjun Sangka Pane mempunyai pesona yang luar biasa sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Meski fasilitas yang ada masih minim, namun air terjun ini masih layak untuk dijadikan wisata. Berikut berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di air terjun.

Nikmati keindahan alam

Jika Anda sedang berada di Aceh Tamiang, berkunjung ke Air Terjun Sangka Pane tidak ada salahnya. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam berupa air terjun dengan ketinggian berbeda-beda. Saat anda berkunjung ke air terjun ini, mata anda akan disuguhkan dengan keindahan air terjun dengan bebatuannya serta alam sekitar yang masih alami dan lestari.

Anda bisa leluasa bermain air, berenang atau menikmati keindahan alam dengan pepohonan rindangnya yang memanjakan mata. Letak air terjun yang tersembunyi membuat tempat ini sangat cocok untuk menyegarkan diri dan menghilangkan stres akibat aktivitas sehari-hari yang membosankan.

berkemah

Tempat ini tidak hanya menawarkan panorama alam yang mempesona, namun juga memiliki lahan yang cukup luas sehingga sering dijadikan sebagai tempat perkemahan. Tak jarang wisatawan menghabiskan akhir pekan dengan mendirikan tenda dan bermalam di dekat air terjun eksotis ini.

Di sekitar air terjun terdapat tebing batu berlubang yang sering digunakan wisatawan untuk berkemah dan membuat api unggun. Tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri jika menghabiskan malam bersama sahabat dan orang tercinta di dekat air terjun yang mempesona.

Perburuan Foto

Ibarat sebuah kewajiban, saat berada di tempat yang indah, Anda harus berpose di depan kamera untuk mengambil foto selfie. Anda bisa berburu foto di air terjun cantik ini, ada beberapa objek menarik yang bisa Anda jadikan background untuk selfie seperti bebatuan atau derasnya air terjun. Tak jarang banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan berat hanya demi berfoto di Air Terjun Sangka Pane.

Jam buka Air Terjun Sangka Pane dan tarif masuknya

Anda yang ingin mengunjungi objek wisata Air Terjun Sangka Pane bisa datang kapan saja karena buka 24 jam. Wisatawan yang memasuki kawasan air terjun ini tidak dipungut biaya masuk atau gratis. Anda cukup membayar biaya parkir sebesar Rp. Hanya 5.000.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Tips Menuju Air Terjun Sangka Pane

  • Persiapkan terlebih dahulu kondisi fisik Anda sebelum menuju air terjun ini karena perjalanannya cukup menguras tenaga.
  • Sebaiknya datang ke air terjun bersama teman atau orang yang mengetahui lokasi objek wisata ini.
  • Bawalah makanan dan minuman karena sangat sulit menemukan warung di tempat wisata.
  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana bermain air atau berenang di air terjun.
  • Hati-hati di air terjun karena bebatuannya licin.
  • Jangan sembarangan mengunjungi air terjun saat hujan karena jalanannya becek dan licin.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak sembarangan membuang sampah ke air terjun.
  • Selalu lindungi air terjun dan jangan sampai merusak alam sekitar.
  • Berdoalah sebelum berangkat ke Air Terjun Sangka Pane agar perjalanan anda aman.

Galeri Foto Air Terjun Sangka Pane

Potret Air Terjun Sangka Pane
Spot foto di bebatuan
Berburu foto di pinggir air terjun
Potret pengunjung air terjun
Potret keindahan air terjun Sangka Pane

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button