Tempat Wisata

Air Terjun Sedudo: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Masih banyak dari kita yang melupakan manfaat dan keistimewaan dari sebuah wisata atau liburan yang bisa kita lakukan di waktu luang kita. Tentunya dalam keseharian kita banyak melakukan aktivitas yang sering membuat kita stress atau bosan, belum lagi kemacetan lalu lintas dan polusi di perkotaan yang menambah rasa lelah kita, setelah selesai semua aktivitas kita bisa kembali lagi. rumah. Perasaan lelah, stres, dan bosan ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita jika kita membiarkannya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, termasuk traveling ke berbagai tempat. Anda bahkan tidak perlu membuang uang, karena sudah banyak tempat wisata di daerah Anda yang bahkan tidak memungut biaya masuk.

Air Terjun Sedudo merupakan salah satu destinasi wisata yang bisa Anda temui di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk. Kehidupan di kota besar memang tidak selalu menyenangkan, terkadang kita merindukan kehijauan dan pemandangan alam yang indah dan bukan hanya pemandangan gedung-gedung yang semakin menghuni kota. Meski Nganjuk sebagai salah satu kabupaten di Jawa Timur terkadang dilupakan oleh pariwisata, banyak juga tempat wisata alam yang bisa Anda kunjungi saat merencanakan liburan.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 105 meter dan berada di ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut (dpl). Setibanya di Air Terjun Sedudo, Anda akan bertemu dengan keindahan alam yang eksotis. Air terjun yang jatuh dari ketinggian ini terlihat indah dan sangat memanjakan mata. Selain itu, airnya yang jernih mengalir dari bawah lereng Gunung Wilis. Yakinkan setiap pengunjung untuk menikmati kesegaran di bawah air terjun.

Mitos yang terdapat di Air Terjun Sedudo tidak terlepas dari sejarah Kerajaan Majapahit. Konon air terjun ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit dan dipercaya sebagai air suci atau air yang mengalir dari langit. Para raja, bangsawan, dan pendeta Majapahit sering menggunakan air terjun tersebut untuk upacara ritual, baik memandikan patung maupun membersihkan senjata pusaka. Upacara ini dikenal dengan upacara Parna Prahista. Kemudian, sisa air dipercikkan ke atas keluarga untuk berkat, keamanan, dan awet muda. Tradisi ini berlanjut hingga saat ini dan Torino diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Nganjuk dengan nama ritual Mandi Sedudo yang biasa dilaksanakan pada tanggal 1 Suro dalam penanggalan Jawa. Air Terjun Sedudo juga merupakan tempat pertapaan salah satu perwakilan Islam di Nganjuk, Ki Ageng Ngaliman.

Selain itu, Anda bisa menyaksikan upacara ritual di Air Terjun Sedudo pada hari kerja. Jika penasaran, Anda bisa mampir ke sana. Pemandangan yang bisa Anda alami di sana sungguh indah. Di antara pemandangan dan suasana yang sejuk, Anda juga bisa mendirikan kemah dan kemah bersama teman-teman Anda. Anda pasti tidak akan melupakan pengalaman menarik ini.

Fasilitas di Air Terjun Sedudo

Sedangkan fasilitas objek wisata Air Terjun Sedudo tidak terlalu banyak atau lengkap, namun ada beberapa yang bisa anda temukan seperti;

– Area parkir

Anda yang datang dengan kendaraan pribadi baik itu mobil atau motor tidak perlu khawatir dengan masalah parkir karena tersedia tempat parkir mobil yang cukup luas dan luas.

– Bilik atau tempat makan

Berjam-jam bermain di pantai dijamin bikin lapar. Tak perlu bingung jika tidak sempat atau lupa menyiapkan bekal. Di sekitar pantai Anda akan menemukan beberapa warung lokal yang menjual makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

– Paviliun

Berkat paviliun yang dibangun di sana, Anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan hutan yang mengelilingi air terjun.

– tempat perkemahan

Bagi Anda yang menyukai amunisi, ada juga tempat perkemahan di sana yang bisa Anda gunakan.

– Tempat peristirahatan umum

Salah satu fasilitas penting tersebut juga telah disediakan di sana, sehingga Anda tidak perlu repot mencari kamar kecil di luar area air terjun.

Berburu foto di air terjun Sedudo

Bagi Anda yang hobi fotografi, berburu foto di Air Terjun Sedudo pasti seru karena tempat wisata ini luas dan menawarkan pemandangan yang indah. Pepohonan dan tumbuhan lain yang mengelilingi air terjun menambah indah panorama alam yang tercipta. Dengan latar belakang air terjun yang jatuh dari ketinggian dan langit cerah, Anda akan mendapatkan foto-foto menakjubkan yang dapat langsung Anda unggah ke berbagai media sosial Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen bermain di sungai, karena banyak wisatawan yang datang ke sini hanya untuk menikmati sunset yang memberikan kesan romantis dan menenangkan. Di tempat ini juga dimungkinkan untuk berfoto selfie, sehingga Anda bisa mendapatkan foto-foto menarik yang bisa Anda unggah ke berbagai media sosial. Dengan cara ini Anda dapat berkontribusi untuk membuat objek wisata ini dikenal banyak orang.

Baca juga: Air Terjun Roro Kuning, Wisata dengan Pemandangan Patung Emas

Akses jalan menuju air terjun Sedudo

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor pada saat kedatangan. Ambil saja rute dari pusat kota Nganjuk menuju Air Terjun Sedudo yang berjarak sekitar 30 km ke arah selatan melewati kecamatan Berbek dan Sawahan.

Biaya masuk ke Air Terjun Sedudo

hari dalam seminggu

  • Harga tiket dewasa: Rp 10.000/orang
  • Harga tiket untuk anak-anak: Rp 8.000/orang
  • Biaya Sewa Wahana Flying Fox: Rp 10.000/orang

akhir pekan

  • Harga tiket dewasa: Rp 15.000/orang
  • Harga tiket untuk anak-anak: Rp 12.000/orang
  • Biaya Sewa Wahana Flying Fox: Rp 15.000/orang

Taman

  • Biaya parkir motor: Rp 2.000
  • Biaya Parkir: Rp 5.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka air terjun Sedudo

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Tips liburan ke air terjun Sedudo

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Sedudo semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Sedudo adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Sedudo bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Gunakan jasa biro perjalanan untuk liburan yang nyaman dan bebas stres di Air Terjun Sedudo.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Sedudo.

Galeri foto Air Terjun Sedudo

Selamat datang di Air Terjun Sedudo
Suasana pengunjung ramai
Keindahan air terjun Sedudo
Spot foto di air terjun
Akses menuju air terjun
Mandi di bawah air terjun
Spot foto terbaik di air terjun Sedudo

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button