Tempat Wisata

Air Terjun Sendang Gile: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Air Terjun Sendang Gile merupakan salah satu dari sekian banyak objek wisata air terjun yang ada di Lombok. Pulau Lombok sendiri terkenal dengan destinasi wisata pulau dan pantainya yang memukau. Meskipun ada beberapa tempat wisata dengan air terjun, namun tidak bisa dibandingkan dengan tempat lain di Indonesia yang menawarkan destinasi air terjun yang menakjubkan. Namun khusus di Air Terjun Sendang Gile dijamin puas dengan kunjungan anda karena air terjun ini merupakan salah satu yang terbaik di Lombok.

Selain Kepulauan Gili, Anda juga bisa mengunjungi pantai-pantai dari beberapa lokasi di Lombok. Untuk air terjunnya sendiri, Lombok sudah terbukti memiliki 20 wisata air terjun yang bisa Anda kunjungi. Salah satu hal yang menarik dari air terjun ini adalah luapan air keras yang jatuh dari ketinggian 600 mdpl. Sedangkan kedalaman dari dasar sungai mencapai 36 meter.

Daya Tarik Air Terjun Sendang Gile :

1. Memiliki sejarah yang menarik

Cerita lama tentang sejarah atau mitos seputar Air Terjun Sendang Gile beredar di masyarakat sekitar. Penduduk setempat memiliki dua versi cerita: yang pertama mengatakan bahwa kolam di air terjun ini dikenal sebagai tempat berlindung para malaikat purba ketika mereka datang ke bumi. Mereka percaya bahwa pada suatu saat bidadari akan mengunjungi bumi dan turun ke air terjun untuk mandi.

Kemudian versi kedua namanya yaitu Sendang Gile. Pada dasarnya, nama tersebut berasal dari “Sengang Gile” atau “Singa Gila” karena konon pernah ada singa yang berkeliaran di desa tersebut. Saat warga setempat mencarinya di hutan, warga setempat menemukan air terjun tersebut. Air terjun ini tidak hanya disebut itu, ada juga orang yang menyebutnya Batu Ko’ atau Batu Kerbau.

2. Nikmati lokasi pelacakan

Jika ingin menuju air terjun, terlebih dahulu harus melewati beberapa lapangan selama 15 menit. Dimulai dari saluran irigasi, melewati sawah dan hutan. Hal yang menarik dari pengalaman ini adalah dapat merasakan keindahan alam di sekitar Sendang Gile. Pemandangan yang disajikan sangat indah selama 15 menit. Namun jika Anda suka berjalan kaki, jika tidak berniat tracking dan ingin langsung menuju lokasi, Anda bisa menggunakan tangga dengan ketinggian hingga 40 meter. Saat sampai di ujung, Air Terjun Sendang Gile bisa dilihat dari sudut pandang yang bagus.

3. Sediakan udara sejuk

Wisata air memang sangat menyenangkan, apalagi saat cuaca panas. Memang kesejukan ini sudah tidak asing lagi jika berbicara tentang air terjun yang berada di tengah hutan, namun udara sejuk yang ada di Air Terjun Sendang Gile bisa dibilang paling mantap di kawasan Lombok. Karena rimbunnya pepohonan hijau di sana menghasilkan oksigen yang menyegarkan paru-paru. Selain itu, rimbunnya pepohonan di kawasan ini menawarkan banyak tempat berteduh untuk beristirahat.

4. Memiliki pemandangan yang indah

Tentu tidak lengkap dengan udara segarnya, namun pemandangannya tidak memanjakan mata. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda mengunjungi Air Terjun Sendang Gile karena pemandangan di sana sangat indah. Bahkan ketika Anda berdiri di gerbang utama pendakian Anda sudah bisa melihat pemandangan yang menakjubkan di sekitar Anda. Memang Air Terjun Sendang Gile bisa dikatakan sebagai salah satu destinasi wisata di kawasan Gunung Rinjani dan tempat ini bukanlah satu-satunya destinasi air terjun yang bisa ditemukan disana. Tapi sangat worth untuk masuk ke Air Terjun Sendang Gile.

Keistimewaan Air Terjun Sendang Gile :

Fasilitas yang disediakan tidak terlalu banyak. Anda akan sia-sia mencari kios, restoran, atau tempat membeli minuman di sekitarnya. Anda bisa menemukan warung-warung kecil di dekat pintu masuk kawasan Gunung Rinjani. Di sana Anda bisa membeli semua yang Anda butuhkan, seperti minuman dan makanan ringan, lalu mengkonsumsinya di tempat.

Pilihan akomodasi masih minim. Jika Anda berencana untuk menginap, Anda bisa menengok beberapa hotel atau penginapan terdekat di pintu masuk kawasan Gunung Rinjani. Menginap di Sendang Gile tidak menyediakan fasilitas yang diperlukan, namun jarak dari pemukiman atau pintu masuk utama tidak terlalu jauh, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya. Akhirnya, Anda bisa merasakan perasaan alami saat berada di air terjun.

Tiket masuk Air Terjun Sendang Gile

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Air Terjun Sendang Gile:

Lokasi dan Rute Air Terjun Sendang Gile:

Air terjun ini terletak di Desa Senaru, Kec. Bayan, Cab.Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Untuk menuju tempat tersebut, Anda bisa langsung menuju Desa Senaru karena jalurnya cukup mulus dan aman. Sesampainya di sana, minta penghuni untuk diarahkan ke pintu masuk. Untuk menuju ke air terjun ini ada dua cara, pertama melalui jalur penjelajahan dimana Anda berjalan melewati beberapa lapangan, atau melalui anak tangga yang tingginya mencapai 40 meter. Jika Anda datang dari jauh, sebaiknya Anda menuju kota Lombok terlebih dahulu kemudian ke desa Senaru atau melihat jalur lain yang memungkinkan.

Jika Anda penikmat air terjun dengan pesona alam dan udara sejuk yang segar, sayang sekali untuk tidak datang ke sini.

Peta lokasi Air Terjun Sendang Gile

Tips mengunjungi Air Terjun Sendang Gile

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Sendang Gile semakin menyenangkan dan berkelas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Sendang Gile adalah hari libur panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Sendang Gile bersama orang tersayang dan rasakan sensasi liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Sendang Gile.

Galeri foto Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang GileAir Terjun Sendang Gile Sumber: instagram.com/yani_bussinnes/Air Terjun Sendang GileAir Terjun Sendang Gile Sumber: instagram.com/meyfinda/Selamat datang di Air Terjun Sendang GileAir Terjun Sendang GilePesona Air TerjunTuris asing di air terjunAkses menuju air terjunKeindahan air terjun yang luar biasaberburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button